3 Gelar Juara 1 Teknik Mesin FTUI


Asww. Dear Bapak dan Ibu Dosen FTUI yth. Sekilas melaporkan hasil dari ajang Kontes Mobil Hemat Energi yg diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional (BPTI-Puspresnas) Kemendikbudristek yg diselenggarakan di Sirkuit Ancol (Formula-E) pada tanggal 28 Oktober-2 November 2023.

Alhamdulillah tim Universitas Indonesia Supermileage Vehicle Team (UI-SMV) menyabet 3 gelar juara dalam ajang ini. Adapun juara yang diperoleh adalah sbb:

  1. Juara 1 Kategori Prototype Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasoline – Tim Nakoela Honda UI dengan capaian 1219,2 km/liter
  2. Juara 1 Kategori Urban Concept MPD Gasoline – Tim Sadewa Honda UI dengan capaian 539,18 km/liter
  3. Juara 1 Eco Fun Race – Tim Sadewa Honda UI.
    Eco Fun Race adalah kejuaraan mobil dengan kecepatan yg paling tinggi namun tetap mempertahankan keiritan bahan bakar. Pada Eco Fun Race ini dimulai dengan kualifikasi dari 16 tim terbaik Urban Concept (rangking 1-4 dari masing2 kelas bahan bakar yaitu: Gasoline, Diesel, Etanol dan Motor Listrik). Kemudian diambil 10 tim terbaik utk masuk babak Final. Dan Alhamdulillah tim Sadewa dapat memenangkan kejuaraan balapan ini.

Dalam ajang KMHE ini, seluruh tim pelaksana ditangani oleh tim mahasiswa UI dari berbagai Prodi sejumlah 160 org dan dibantu tim ahli mahasiswa dari UI, UNJ, UPI dan UNY. Selain itu, panitia KMHE juga didukung oleh Tim Juri perwakilan dari UI yaitu Prof. Ario Sunar Baskoro, Koordinator Lomba KMHE Dr. Dimas Angga FM (dosen muda DTM), Dr-Ing. M. Adhitya, Dr-Ing. Ridho Irwansyah, Laboran Workshop pak Feri Ferdiansyah dan pak Madyasin.

Kami mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari semua pihak, terkhusus kepada pimpinan UI, Rektor dan para Wakil Rektor, Direktur, wabil khusus Direktur Kemahasiswaan UI Dr. Badrul Munir dan seluruh staf Kemahasiswaan, Dekan FT Prof. Heri Hermansyah dan para Wakil Dekan, Manajer Kemahasiswaan FT, Kadep Teknik Mesin Dr. Agus Pamitran, para alumni FTUI, para pihak Sponsor dan seluruh pihak dari Dosen, Tendik, Mahasiswa dan alumni yg tidak bs kami sebutkan satu persatu.

Semoga capaian prestasi Tim UI-SMV dapat mengharumkan nama UI dan dapat selalu dipertahankan di masa depan. Amin ya robbal alamin. Wassalam.

Leave a Reply (boleh kasi komentar)