Seminar Green Energy


Issued 10 July 2011

Update jadwal acara Seminar Green Energy, bertempat di Hotel Bumi Wiyata Depok.-

HARI KE-1, Kamis 14 Juli 2011

WAKTU

KETERANGAN

12.30 – 13.30 Registrasi
13.30 – 14.00 Sambutan dan Pembukaan  (Pemukulan gong, bunyi sirene dan penyalaan lampu menggunakan remote oleh Walikota Depok)
14.00 – 15.00 Show Listrik utk Kesejahteraan 1
15.00 – 15.30 Coffee Break
15.30 – 17.00
  • Talk show “Energi Untuk Kesejahteraan”

dengan pembicara:

  1. Kementerian LH
  2. Kementerian ESDM
  3. Dunia Usaha

Moderator: Kemenko Perekonomian

  • Keliling stand (peserta talkshow/hadirin) dan beberapa pertunjukan (Anak sekolah sedang belajar, dll)
17.00 – 19.00 Break sholat dan dinner
Nano Wave Show
19.00 – 20.30
  • Expo Green Energy (Utilization of Automatic Generated Power Supply)
  • Green Building
  • Green IT

HARI KE-2, Jumat 15 Juli 2011

WAKTU

KETERANGAN

12:30 – 13:30 Registrasi
13.30 – 15.00 Show Listrik utk Kesejahteraan 2
15.00 – 15.30 Coffee Break
15.30 – 17.00
  • Talk show “Energi non fosil untuk sustainable development

dengan pembicara :

  1. Kem. Kelautan dan Perikanan.
  2. Kem. PDT
  3. World Trade Centre (Singapore)

Moderator : FTUI

  • Keliling stand (peserta talkshow/hadirin)
17.00 – 19.00 Break sholat dan dinner
19.00 – 20.30
  • Expo Green Energy (Utilization of Automatic Generated Power Supply)
  • Green Building
  • Green IT

——————————————————————————————-

Issued 06 July 2011

PINDAH TEMPAT

Seminar dan Talkshow Green Energy

pindah tempat ke

HOTEL BUMI WIYATA

Jl Margonda Raya Depok

Tanggal 14 dan 15 Juli 2011

Jam 14.00 – 22.00

Kontak: Anang Saifuddin 081310126463   anangsaifuddin@yahoo.com (EO)

————————————

Issued 17Jun11

TERM OF REFERENCE

GREEN ENERGY  FOR INDONESIAN’S FUTURE (14-16 Juli 2011)

  1. I.                    LATAR BELAKANG
    1. a.      Gambaran Umum

Menyusul pemanasan global dan perubahan iklim yang semakin menjadi, Indonesia harus segera menggeser penggunaan energi fosil menjadi energi terbarukan (renewable energy) yang jauh lebih bersih dan ramah lingkungan.

Saat ini Indonesia masih sepenuhnya bergantung pada bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batubara dan gas. Bahan bakar fosil di Indonesia digunakan oleh 95 persen penduduk maupun pelaku industri, dengan konsumsi energi meningkat tujuh persen setiap tahunnya.

Padahal bahan bakar fosil ini ikut ‘berkontribusi’ terhadap total emisi energi CO2, yang hingga 2008 tercatat mencapai 351 juta ton. Selain itu bahan bakar fosil jelas merupakan energi yang tidak terbarukan. Jika terus digunakan, tentu persediaan bahan bakar akan habis.

Sementara, sumber-sumber energi terbarukan, yang notabene jauh lebih banyak ketimbang bahan bakar fosil, belum dimanfaatkan secara optimal. Energi terbarukan seperti hydrogen, air, panas bumi dan sebagainya masih dianggap sebagai energi alternatif, dimana penggunaannya hanya mencapai lima persen.

Penggunaan dan pengembangan energi terbarukan serta pelaksanaan konservasi energi ini sejalan dengan komitmen Indonesia yang dikemukakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada konferensi G-20 di Pittsburgh (2009) dan Konferensi Para Pihak ke-15 CITES atau COP15 untuk mengurangi emisi gas rumah kaca pada 2020 mendatang.

Komitmen serupa juga dicanangkan oleh para pemimpin Negara dan pemerintah pada deklarasi B4E (Business for Environment) di Jakarta pada tanggal 27-29 April 2011.

Beberapa studi tentang energi terbarukan yang dilakukan oleh berbagai macam riset antara lain adalah pengembangan bahan bakar nabati, pembangkit listrik tenaga matahari, angin, air dan hidrogen. Beberapa diantaranya belum menghasilkan energi yang masuk pada skala ekonomi

Tim riset energi terbarukan dengan salah satu anggota dari Departemen Teknik Mesin Universitas Indonesia telah menemukan alternatif pembangkit energi listrik tanpa bahan bakar (Self Generated Power Supply) akan menjadi tonggak sejarah kebangkitan Indonesia untuk memimpin dalam penggunaan energi baru dan terbarukan.

Temuan teknologi yang merupakan green technology ini sudah siap untuk memasuki tahapan produksi massal dimana produk tersebut dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat.  Teknologi tersebut diharapkan dapat bermanfaat semaksimal mungkin untuk kepentingan seluruh masyarakat Indonesia, terutama di daerah yang belum terjangkau aliran listrik.

Namun, untuk menjadi produk penghasil energi yang akan mengguncang dunia, diperlukan dukungan dari pemerintah, akademisi dan bisnis, seperti pernah dikemukakan oleh Menteri Riset dan Teknologi dengan konsep ABG (Academician, Businessman and Government).

Keseluruhan Acara ini Menggunakan Energi Listrik dari Pembangkit Listrik Tanpa Bahan Bakar (Self Generated Power Supply)

  1. b.      Dasar Hukum

Pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Perguruan Tinggi berlandaskan hukum (1) Undang-undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 5 yang mengamanatkan bahwa pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia dan (2) Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 20 ayat 2 Perguruan Tinggi yang berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pasal 24 ayat 2 perguruan tinggi yang memiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan tinggi, penelitian ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat.

Sebagai tindak lanjut dari landasan hukum tersebut di atas dan sejalan dengan Kebijakan Pengembangan Pendidikan Tinggi yang tertuang dalam HELTS (Higher Education Long Term Strategy), Strategi Jangka Panjang Pendidikan Tinggi bahwa dalam meningkatkan daya saing bangsa, Departemen Teknik Mesin mengadakan paparan mengenai riset Energi Terbarukan dan penyelenggaraan Seminar ‘Green Energi’ di kampus Universitas Indonesia.

  1. MAKSUD DAN TUJUAN
    1. a.      Maksud Kegiatan

Acara paparan Riset Energi Terbarukan dan Penyelenggaraan Seminar ‘Green Energi’ adalah mempresentasikan temuan teknologi  Pembangkit Listrik Tanpa Bahan Bakar (self generated power supply) menggunakan Brain Power yang mengkombinasikan/menyatukan arus bolak balik (AC, Alternating Current) dengan arus searah (DC, Direct Current) menjadi sistem arus sinergi. Sistem pembangkit ini diberi nama ‘NANO WAVE’ yang merupakan terobosan penemuan teknologi penghasil energi terbarukan.

Penyelenggara kegiatan adalah Kemenko Perekonomian RI, bekerjasama dengan berbagai pihak..

  1. b.      Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan Seminar ‘Green Energy for Indonesian’s Future’ antara lain adalah :

(1)   Memfasilitasi Tim Penemu Teknologi Self Generated Power Supply –SGPS (NANO WAVE) mempresentasikan hasil temuannya untuk dipublikasikan secara nasional dan internasional sebagai tonggak dari kebangkitan Indonesia, yang akan bermanfaat terutama bagi rakyat Indonesia.

(2)    Melaksanakan salah satu atau lebih tema pengembangan melalui pengabdian berbasis riset yang meliputi penemuan energi baru dan terbarukan.

(3)   Memperkenalkan energi yang ramah lingkungan dan secara ekonomis dapat dipergunakan, praktis dan dampak negatif yang sangat kecil bagi lingkungan.

(4)   Meningkatkan jejaring kerjasama antara pemerintah, bisnis dan akademisi dalam pengembangan dan penggunaan energi baru dan terbarukan.

 

  1. III.                KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN

Kegiatan yang  dilakukan dalam rangkaian seminar ‘Green Energy for Indonesian’s Future’ antara lain adalah :

(1)   Presentasi Produk dan Riset Energi Terbarukan

Presentasi produk penghasil energi terbarukan dan riset riset universitas serta dari perusahaan yang melakukan riset-riset tentang penemuan energi terbarukan.

(2)   Peluncuran Produk Pembangkit Listrik Baru

Peluncuran produk pembangkit listrik tanpa bahan bakar (Self Generated Power Supply) yang dihasilkan dari riset kerjasama dengan tim riset dari Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

(3)   Rencana Aksi untuk ‘Terang Indonesia’

Penggunaan Pembangkit Listrik Tanpa Bahan Bakar oleh inventornya adalah diutamakan untuk masyarakat Indonesia yang belum  menikmati aliran listrik karena keterbatasan jaringan listrik, seperti yang terjadi di daerah terpencil. Oleh karena itu, perlu rencana aksi yang disusun secara bersama oleh pihak akademis, pemerintah dan perusahaan . Tujuannya adalah agar rakyat Indonesia dapat lebih sejahtera.

  1. IV.               TAHAPAN KEGIATAN

Rangkaian kegiatan dalam Seminar ‘Green Energy for Indonesian’s Future’ adalah berupa seminar, peluncuran produk pembangkit Listrik dan Pencanangan rencana aksi untuk ‘Terang Indonesia’.

Pembukaan seminar dan peluncuran produk pembangkit listrik tanpa bahan bakar (Self Generated Power Supply) akan dilakukan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

Paparan tentang Keterbatasan Energi Listrik di Indonesia yang tergolong Daerah Tertinggal akan dilakukan oleh Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT)

Paparan mengenai Regulasi Pemerintah tentang Energi Terbarukan dan Bio Fuel dan Pencanangan untuk rencana aksi untuk ‘Terang Indonesia’ akan dilakukan oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

 

  1. V.                 LUARAN

Keberhasilan ‘Seminar Green Energy for Indonesian’s Future’ ditunjukkan dengan luaran:

(1)   Model pemberdayaan masyarakat yang dikhususkan pada pengabdian berbasis riset untuk pengembangan berkelanjutan.

(2)   Komitmen berupa Rencana Aksi dari Pemerintah, Bisnis dan Akademisi untuk mewujudkan ‘Terangnya Indonesia’

(3)   Riset lanjutan untuk pengembangan energi terbarukan

  1. VI.               PARTISIPAN

Lembaga Lembaga Pemerintah (Departemen dan non-Dep)

Pemerintah Propinsi se Indonesia

Departemen  Teknis dan Litbang Pemerintah

BUMN

Swasta Nasional dan Internasional

LSM Lingkungan

Asosiasi Pemerintah  Kota dan Kabupaten se Indonesia

Asosiasi Pengembang,  Agri-business, Pertambangan, Mi-Gas, Industri dan Energi

PSL se-Indonesia

  1. VII.             JADWAL KEGIATAN
    1. a.      Tempat Kegiatan

Tempat Kegiatan adalah di Perpustakaan Sentral Universitas Indonesia di Depok Jawa Barat.

(Maaf pindah tempat ke Hotel Bumi Wiyata, Jl Maronda Raya Depok – ttd panitia 06/07/11)

  1. b.      Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan Seminar ‘Green Energy for Nation’s Future’  adalah Hari Kamis tanggal 14 Juli 2011 s/d  Sabtu tanggal 16 Juli 2011.

(tanggalnya menjadi  14 dan 15 Juli, 2 hari. Jam 14-22)

Tentative program:

HARI KE-1, Kamis 14 Juli 2011

WAKTU

KETERANGAN

09.00 – 09.30 Registrasi
09.30 – 09.40 Sambutan Rektor UI (Bp. Prof. Gumilar)
09.40 – 09.50 Sambutan Menko Perekonomian (Bp Hatta Rajasa) – TBA
09.50 – 10.00 Pembukaan  (Pemukulan gong, bunyi sirene dan penyalaan lampu menggunakan remote oleh Menteri/Rektor/Walikota)
10.00 – 11.00 Show Listrik utk Kesejahteraan (dibawakan olh  Bp. Prof. Ricky Stephenus Wee & Bp. Prof Raldi AK)
11.00 – 11.15 Coffee Break
11.15 – 12.30
  • Talk show “Energi Untuk Kesejahteraan”

dengan pembicara :

  1. Kemenko Perekonomian (RHK) merangkap sebagai moderator
  2. Dekan FTUI (Bp Prof. Bambang Sugiarto)
  3. Sosiolog : Bp. Dr.  Imam Prasojo
  4. MEDCO Energi : Direktur
  • Keliling stand (peserta talkshow/hadirin) dan beberapa pertunjukan (Anak sekolah sedang belajar, dll)
  • Diselingi dengan Organ Tunggal
12.30 – 14.00 Lunch Break dan sholatNano Wave Show
14.00 – 16.00
  • Expo Green Energy (Utilization of Automatic Generated Power Suppl
  • Green Building
  • Green IT
  • Tanya Jawab dengan Narasumber : Ricky Wee dan RAK, topic Brain Power
  • Penampilan Product Unggulan Peserta Pameran
19.00 – 21.00
  • Jazz Band UI
  • Introducing Penggunaan AGPS utk lampu jalan dan Listrik Pangung.
  • Peluncuran Kembang Api LAUNCHING OF NANO WAVE
  • Paduan suara UI

HARI KE-2, Jumat 15 Juli 2011

WAKTU

KETERANGAN

09:00 – 09:30 Registrasi
09.30 – 09.40 Sambutan Dekan FTUI (Bapak Prof Bambang Sugiarto)Sambutan Menteri ESDM (Bp. Darwin Saleh) – TBA
09.40 – 09.50 Penyerahan sumbangan ke Dubes Jepang (oleh Menteri ESDM), Beberapa AGPS diserahkan untuk menolong korban tsunami di Jepang
09.50 – 10.30 Show Listrik utk Kesejahteraan (sebutkaan nama penemu Prof Ricky Stephenus Wee kerjasama dengan Prof Raldi AK)
10.30 – 10.45 Coffee Break
10.45 – 11.45
  • Talk show “Energi non fosil untuk sustainable development

dengan pembicara :

  1. Kementerian ESDM (Maritje Hutapea)
  2. Prof Perumal M (WTC Singapore)
  3. Kementrian LH
  4. Kementrian DKP: Dirjen P2HP, Prof. Martani Huseini
  5. Asosiasi Energi
  • Moderator :  FTUI Prof. Raldi Artono Koestoer (RAK)
  • Keliling stand (peserta talkshow/hadirin)
11.45 – 13.30 Lunch Break dan sholat
13.30 – 16.00
  • Expo Green Energy (Utilization of Automatic Generated Power Supply)
  • Green Building
  • Green IT
  • Tanya Jawab Produk Riset Unggulan :  DTM dan dari Amedic (Budhi)
19.00 – 21.00
  • The Professor band v1
  • Other band or program (Alumni)
  • Nano Wave Show

HARI KE- 3, Sabtu 16 Juli 2011 (hari ke 3 batal, ditiadakan)

WAKTU

KETERANGAN

09.00 – 09.30 Registrasi
09.30 – 09.40 Sambutan Kadep T.Mesin UI (Bpk Dr. Ir. Harinaldi)
09.40 – 09.50 Sambutan Menteri PDT
09.50 – 10.00 Lelang Emergency Mobil Power Supply/Generator Supply Unit (Lelang diambil Second Lowest)Sumbangan untuk Satu Kabupaten (Jeneponto) oleh Prof. Ricky

Penandatanganan Kerjasama (MOU) antara Menteri PDT dan Wakil Rektor III10.00 – 11.00Show Listrik utk Kesejahteraan (provided by Bp.  Prof. Ricky Stephenus Wee & Bp. Prof. RAK)11.00 – 11.15Coffee Break11.15– 12.30

  • Talk show “Penerangan Sumber Kehidupan Pembangunan”

dengan pembicara :

  1. Kementerian PDT (Deputi Bid. Infrastruktur, Agus Salim Dasuki MSc.
  2. Dep Teknik Mesin dan DT Kimia
  3. PLN (Dirut/wakil)
  4. Ibus (Ekonomi)
  • Moderator :  Kemenko Perekonomian/ Raldi Hendro Koestoer (RHK)
  • Keliling stand (peserta talkshow/hadirin)

12.30 – 14.00Lunch Break dan sholat14.00 – 16.00Introduksi Inovasi Riset dan Produk NasionalRiset FTUI (DTM, DTK, dll)19.00 – 21.00

  • Jazz band Fak Ekonomi
  • Peluncuran Kembang Api diatas danau Merayakan Ulang Tahun FTUI
  • Other Band and program (Alumni)

 

Kontak:

Anang Saifuddin 081310126463   anangsaifuddin@yahoo.com (EO)
Ridho Irwansyah 08126845357   ridhoirwansyah@ymail.com (EO)

—————————————-

4 responses

  1. Ping-balik: GAPS Green Automobile Power Station « Raldi Artono Koestoer

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s