Etika Enji 2010


*** KULIAH ETIKA ENJINIRING 2010 ***

Posting 07 Juni 2010

NILAI ETIKA

Nama N. Komponen Nilai Nilai
1 2 Akhir Huruf
Feri Ardi 71 66 69 B-
Aan Prasetyo 71 72 71.4 B
Cakra R 71 75 72.6 B
Jetro Aditya W 0 0 0 E
Satriawan Wiguna 71 66 69 B-
I Gst Md Fredy Lay T 79 86 81.8 A-
Rizky Arif Hidayat 80 71 76.4 B+
Yusuf Priyambodo 80 81 80.4 A-
Adhi Prabowo 78 84 80.4 A-
Susanti Oktaria 71 75 72.6 B
Irawan Sentosa 79 80 79.4 B+
Kuat Riyanto 77 79 77.8 B+
Pilemon Wetapo 79 65 73.4 B
Ahmad F Ridwan 79 83 80.6 A-
Anton Royanto Ahmad 71 75 72.6 B
Arandityo N 80 78 79.2 B+
Arian Dwi Putra 80 84 81.6 A-
Asep Wahyu H 79 80 79.4 B+
Deni Desvianto 80 81 80.4 A-
Edward 80 81 80.4 A-
Eka Sutrisna 77 70 74.2 B
Farid Fadillah 80 81 80.4 A-
Frisman S 80 75 78 B+
Hanif Fajar 80 75 78 B+
Kapa Cossa J 77 82 79 B+
Kenfery 77 82 79 B+
Mardi Santoso 79 86 81.8 A-
Rano Andrey 80 81 80.4 A-
Rio Ricardi 77 79 77.8 B+
Tri Cahyo Wibowo 77 70 74.2 B
Zico Adysaputra 80 71 76.4 B+
Irwan Sukma Darmawan 71 66 69 B-
Koko Herputra 78 71 75.2 B+
Sri Astuti W 78 84 80.4 A-
Almer Ibnu Farhan 82 89 84.8 A-
Alvin Setiawan 82 85 83.2 A-
Alyusra 82 81 81.6 A-
Arif Nurrosyidi 82 85 83.2 A-
Ayat Maulana 82 81 81.6 A-
Elisabius M Waka 82 74 78.8 B+
Febrianhal 80 78 79.2 B+
Allam Putra R 78 81 79.2 B+
Aziz Priambodo 75 80 77 B+
Ira Trisnawati 79 79 79 B+
Kenny Lischer 79 77 78.2 B+
Khotib Sarbini 79 77 78.2 B+
Monika Wijaya 84 90 86.4 A
Muhammad Iqbal N 75 68 72.2 B
Nirwanto Honsono 84 91 86.8 A
Rainer Christian 84 90 86.4 A
Chandra Hadiwijaya 84 91 86.8 A
Fika Andriani 85 84 84.6 A-
Santoso 85 83 84.2 A-
Servatius B A 85 90 87 A
Yan Mulders Togar 84 90 86.4 A
David Adiprakoso 75 85 79 B+
Destya Nilawati 85 86 85.4 A
Dini Asyifa 85 90 87 A
Ester Kristin 75 80 77 B+
Hari Sutioso 79 77 78.2 B+
Ingrid C E Inthe 84 91 86.8 A
Khairul Hadi B 79 74 77 B+
Prima Anggraini 79 79 79 B+
Republik Daudi Parthu 85 90 87 A
Yongki Suharya D 75 68 72.2 B
Ardinata Supardi 78 71 75.2 B+
Muhammad Hary Mukti 78 84 80.4 A-
Vinda B T L Manurung 75 76 75.4 B+

————————————-

Posting 14 Mei2010

Take Home Exams

Engineering Ethics: issued 14 Mei 2010. Kumpul senin 17Mei jam 12 lewat Rano.-

Waktu yang diberikan untuk ujian ini 4 hari (jumat s/d senin) dan harus ditulis tangan di kertas folio bergaris lalu di scan. Harap menuliskan nama lengkap, no mhs, email, nomor kelompok (atau nama kelompok), dan KEYWORDS anda masing2.

Tujuan pembelajaran kita ini tidaklah untuk mendapatkan pengetahuan teoritis tentang etika. Kita tidak menuntun diskusi kita untuk mengetahui atau menghafal ‘apakah sebenarnya kebajikan itu’, melainkan agar KITA MENJADI BAIK. Jika tidak begitu maka tak ada gunanya mempelajari ini semua. Oleh sebab itu, tugas anda diarahkan menjadi sebuah tindakan nyata yang konkrit pada midsemester pertama untuk Etika umum, sedangkan untuk midsemester kedua Etika Enjiniring hanya sampai pada metodologi penanggulangan karena keterbatasan waktu. Mulai saat ini dan selanjutnya adalah saatnya anda merealisasikan tindakan untuk kebaikan tersebut dalam kehidupan nyata. Anda telah melakukan sesuatu yang nyata dan mempraktekkannya, peliharalah untuk seterusnya.-
Telah dibagikan kepada semua peserta MAGIC KEYWORDS (kata kunci), bisa satu kata saja, dua bahkan mungkin tiga kata. Ada juga keywords dalam bahasa Inggris (tentu tak masalah bila memahami artinya).
Buatlah essay (bisa diartikan dengan karangan bebas) yang berkaitan dengan perihal dibawah ini:
– Tentang tugas kelompok anda pada midsemester kedua yang berkaitan dengan Etika Enjiniring (based on engineering knowledge), tulis judul dan deskripsikan dengan kata-kata anda sendiri lihat pada diagram blok kelompok anda, mulai dari bagaimana gagasan itu terbentuk, bagaimana memulai perencanaan, apa yang terjadi dalam curah pendapat awal sampai dengan terbentuknya flowchart penanggulangan. Mohon perhatian essay yang anda buat bukan proposal, jadi usahakan murni keluar dari otak anda tanpa lihat referens lagi. Munculkan kreatifitas murni anda dalam bentuk essay berdasarkan flowchart penanggulangan.
– Apa saja manfaat dari tugas anda, apa kaitannya dengan masalah etika enjiniring yang menjadi topic bahasan. Mengapa anda dan kelompok anda memilih melaksanakan kegiatan tersebut. Ceritakanlah logikanya sampai keluar ide cara penanggulangan tsb.
– Apa partisipasi atau peran anda dalam kelompok dan dan ceritakan manfaatnya bagi kelompok.
– Carilah hubungannya antara keywords yang diberikan pada anda dengan kegiatan kelompok anda.
– Harapan apa yang muncul dari kaitan keywords dan tugas kelompok untuk kepentingan pribadi anda dimasa yang akan datang dan untuk kepentingan masyarakat banyak.
– Apa yang harus dilakukan agar generasi anda dan generasi kemudian, bangsa kita ini menjadi lebih baik daripada generasi masa sekarang

Waktu beberapa hari saya kira cukup untuk mengerjakan essay ini minimal 3 halaman (tak ada batas maks) tulisan tangan kertas folio bergaris. Tulisan tangan anda harap discan jadikan satu file dan beri nama nickname anda, kumpul pada ketua group serta di copy ke Rano, senin 17 Mei jam 12, CD nya disubmit.

—————————-

Bagi mereka yang bolos senin lalu, keywords untuk anda adalah:

– Kegagalan pangkal sukses –

Berarti ini keywords untuk beberapa orang sekaligus.

Soal ujian akan keluar sore nanti

—————————–

Posting 02 April 2010.

Ketika anakku tidak naik kelas

Anakku, sejak balita tidak pernah diam, bahkan saat tidur tidak pernah tenang, selalu bergerak, bahkan pernah hilang dari pengawasan ketika kami berjalan-jalan 3 kali, ketika sedang di kota malang, dua kali di supermarket. Bocah lelaki ini tidak sabaran dan ketika di SD, gurunya saat memberikan rapor selalu berkata bahwa jika dia serius dalam belajar akan menjadi yang terbaik, namun dia tida kpeduli, tetap bersikap dan melakukan sesuatu apa yg dia inginkan.

Anak itu putra sulungku, sekarang berusia 16 tahun dan beberapa bulan lagi dia 17 tahun. Saat di kelas 4 SD, matanya tertusuk gagang bendera kecil hingga menggencet saraf korenanya dan membuatnya buta sebelah, mata kirinya masih bisa melihat. Kami mengoperasi bekas tusukan itu di RS Mata terbaik di Indonesia habis habisan dan tetap tidak berfungsi. Matanya agak juling, namun dia kami perlakukan apa adanya dan tidak terasa menjadi minder, terbukti temannya sangat banyak, bahkan teman dekat wanitanya gak kehitung.

Anak ini, sesuai kebiasaan kami, terdidik di suasana yang sangat demokratis. Kami tidak pernah memaksakan sesuatu yg tidak prinsip, semisal memilih pakaian, memilih warna cat kamar tidur, jenis sepatu, kecuali yang prinsip seperti sikap kepada orangtua, jujur dan hal prinsip lain. Karena suasana seperti itu, kami sering berdebat dalam banyak hal, termasuk dalam cara belajar dan apa yg ingin dicapai serta diinginkan dalam keseharian. Disiplin tetap diterapkan, tetapi (mungkin salah) tidak dengan paksaan secara lugas, seperti ayahku yg akan menyiram air ketempat tidur hingga basah kuyup, ketika kami terlambat bangun pagi untuk sholat subuh. Nyaris semua keputusan diambil dengan cara dialogis, tidak pemaksaan.

Di kelas 2 SMPN, si sulung ini mulai berulah, tidak pulang hingga jam 02.00 larut malam dan kuancam di depan rumah di bawah pohon mangga di subuh hari, sambil kupegang lehernya dan kuancungi tinju di depan mukanya agar tak mengulangi kelakuannya. Mungkin dia jeri dengan ancaman itu, kelakuan sedikit berubah, meskipun kabur dari sekolah sudah menjadi kebiasaannya. Saat naik kelas 3 nilainya diatas rata2 kelas, meski tidak menjadi jawara di kelasnya dan ketika kelas 3 kelakuan agak berubah, meski tetap saja ada absensi membolos, sendirian. Dia lulus UN dengan nilai matematika hanya salah 1 dari semua soal. Aku lega dia bisa menyelesaikan SMPN-nya dengan nilai UN yg cukup baik dan akhirnya dengan berliku liku berhasil masuk sebuah SMAN yg cukup baik reputasinya di kotaku.

Kelas 1, mulai berulah. Sejak mulai masuk dia absen dan walikelasnya berang, tidak mampu lagi menangani si sulung dan menyarankan untuk pindah ke SMAN lain, kebetulan sistim di kotaku mungkin terjadi mutasi murid dari sebuah sekolah ke sekolah lain asal nilai mencukupi, masuklah dia ke SMAN yg memang dia inginkan dengan reputasi yg lebih baik dari SMAN saat dia masuk pertama kali, semester 2 kelas 1 dia lewati dengan sangat baik, tanpa absen dan nilai rapor yg memuaskan (masih tetap tidak jawara, karena sangat jarang belajar), kami berfikir dia sudah berubah, kelakuannya dalam berteman semakin menjadi.

Ketika di SMP dia sudah mulai menjadi anak band, satu2nya yg dia lakukan secara konsisten adalah berlatih band dengan teman2nya, yg lain, tidak janji.

Ketika kelas 2 SMA, dia memperoleh walikelas yg lugas, seperti polwan, sangat berbeda dengan walikelas saat dia kelas 1 semester 2 yg, mesti lugas dan jutek, namun bisa bersikap seperti teman, si sulung memfavoritkan guru ini dan disuruh apa saja mau, sementara dengan walikalas yg baru, nyaris berantem, gara gara dia merasa tidak bersalah, kepalanya dijedut dengan tangan di depan teman2nya. Aku maklum saja, guru seperti polwan itu umum di SMAN sedangkan seperti walas kelas 1 semester 2 tadi jarang diperoleh, lalu kubilang kepadanya ketika dia protes gurunya tidak enak ”Dimanapun kamu temui guru, tidak selalu enak. Jadi murid itu selalu sudah, itulah belajar,… jangan minta diperlakukan khusus dong, kan ada 40 temanmu yg lain yg juga punya masalah”. Dia diam saja.

Di kelas 2 itu, nilai rapor semester 1 kacau balau. Ada ulangan semesteran yg dia tidak ikut dan tidak upaya untuk memperbaiki nilai, absennye juga tak terhitung. Ketika kelas dua, walas ”sang polwan” yg sudah bete melihat si sulung sudah mengancam dia tidak akan naik kelas. Akhirnya, meski kelakuan si sulung di semester 2 mulai agak baik (absen sudah jauh membaik, ulangan juga mayoritas diikuti dan sudah mulai mau membantu SMA-nya ngeband, dulu dia tdk pernah ngeband dengan teman se sekeolah), namun sekolah punya putusan lain, si sulung tidak naik kelas-3 !! Bibinya yg mengambil rapornya bercerita, ternyata si sulung ini juga sudah di vonis seperti ”penyakit menular” oleh walikelasnya, karena teman2 sekolahnya berusaha menghindarinya, karena akan kena sangsi jika berdekatan dengan dia, semoga bibinya salah dengar.

Buatku yang memiliki tradisi jawara, tidak naik kelas itu tentu memalukan tetapi tidak segalagalanya, bahkan bisa menjadi pelajaran untuknya, bahwa kegagalan itu mahal dan berharga, karena siapa pula yg bisa menjamin saudara misannya yg wakil olimpiade tadi lebih sukses dan bahagia hidupnya dari si sulung yg ”kacau” itu. Dengan asumsi yg agak ”menyenang nyenangkan hati” tadi, aku menerima saja dia tidak naik kelas bahkan akan sangat aneh dan menjadi sesuatu yg ”menipu” jika dia ”dipaksa” naik kelas juga. Proses hidup dia, statistically masih panjang, semoga dia menjadi lempeng di ujung, karena kehidupan dia yg ”semau-maunya” seperti seniman dan selalu mengikuti proses kreatif itu memang mencemaskan.

Aku masygul dan ibunya sedih putra terbaiknya tidak naik kelas, sebuah sejarah baru untuk keluarga ibunya, karena keponakannya yg di SMP mewakili kota depok dalam olimpiade matematika, sementara si sulung, meski tidak bodoh, malah tidak naik kelas. Si ibu tidak melihat bahwa si sulung sudah berkali kali mewakili ”tidak resmi” sekolahnya bermain band hingga sampai Jakarta. Ketika mendengar dia tidak naik kelas, sms ku hanya ”Akhirnya benar kamu tidak naik kelas dan pesanku cuma 1, berubahlah dalam menjalani hidup, karena akhirnya semuanya ada ditanganmu dan untukmu, apakah ingin sukses atau gagal dalam kehidupan ….”, dia tidak menjawab sms itu.

Related posts:

1. Ketika Anakku Tidak Naik Kelas (2) Hari sabtu pekan lalu, saya diundang oleh SMA dimana maman,…

Tags: kenaikan, naik kelas, Pendidikan, Ujian Nasional, UN
5 Responses to “Ketika anakku tidak naik kelas”

1 | Yusty

July 13th, 2009 at 9:59 am

Avatar

Pak Ahmad Rizali,

Saya tersentuh dengan artikel Bapak. Apakah sebagai orang tua kita masih bisa “menyenang-nyenangkan” hati
kalau cap/ vonis “penyakit menular?” itu nantinya akan menghantui anak di siang bolong? Saya pernah membaca salah satu blog juga (kebetulan blog seorang guru), bahwa anak yang “pintar” kalau di sekolah cuek, kurang hai hai dengan bapak ibu guru, vonisnya adalah “sikap kurang baik”? (padahal anak tersebut temannya banyak) dan sikap kurang menyenangkan itu menjadi salah satu tiket tidak naik kelas. Mau kemanakah anak kita?

Salam,
Y

***

Penulis artikel diatas (Named Ahmad Rizali) akan bicara dikelas kita hari senin besok tgl 05 April 2010.

Don’t miss it !

Dan jangan lupa bikin mind-mapping nya kumpul jumat, Rano submit one file.-

—————————-
Posting 22Mar10

THMT Etika Enjiniring (22 Maret 2010)

Waktu yang diberikan untuk THMT ini satu minggu dan harus ditulis tangan. Harap menuliskan nama lengkap, no mhs, email, nomor kelompok (atau nama kelompok).

Tujuan pembelajaran kita ini tidaklah untuk mendapatkan pengetahuan teoritis tentang etika. Kita tidak menuntun diskusi kita untuk mengetahui apakah kebajikan itu, melainkan agar KITA MENJADI BAIK. Jika tidak begitu maka tak ada gunanya mempelajari ini semua. Oleh sebab itu, tugas kelompok anda diarahkan menjadi sebuah tindakan nyata yang konkrit.  Jadi minggu ini adalah saatnya anda merealisasikan tindakan tersebut. Bila telah anda lakukan saya ucapkan SELAMAT untuk anda karena anda telah berbuat sesuatu yang nyata.-

Telah dibagikan kepada semua peserta MAGIC KEYWORDS (kata kunci), bisa satu kata saja, dua bahkan mungkin tiga kata. Ada juga keywords dalam bahasa Inggris (tentu tak masalah bila memahami artinya).

Buatlah essay (bisa diartikan dengan karangan bebas) yang berkaitan dengan perihal dibawah ini:

–          Tentang tugas kelompok anda, boleh tulis judul dan deskripsikan, mulai dari bagaimana gagasan itu terbentuk, bagaimana memulai perencanaan, apa yang terjadi dalam curah pendapat awal sampai dengan terbentuknya proposal awal. Mohon perhatian essay yang anda buat bukan proposal, jadi usahakan murni keluar dari otak anda tanpa lihat referens lagi. Hal ini disengaja untuk memunculkan kreatifitas.

–          Apa saja manfaat dari tugas kelompok anda, apa kaitannya dengan masalah etika yang menjadi topic bahasan selama ini. Mengapa anda memilih melaksanakan kegiatan tersebut (jangan jawab ‘Disuruh ama dosennya’). Ceritakanlah tindakan nyata yang TELAH dilakukan oleh kelompok anda, sampaikan cita-rasa anda sebagai salah seorang pelakunya. Bila belum dilaksanakan, segera kerjakan (jangan lupa di video).

–          Apa partisipasi atau peran anda dalam kelompok dan dan ceritakan manfaatnya bagi kelompok.

–          Carilah hubungannya antara keywords yang diberikan pada anda dengan kegiatan kelompok anda.

–          Harapan apa yang muncul dari kaitan keywords dan tugas kelompok untuk kepentingan pribadi anda dimasa yang akan datang dan untuk kepentingan masyarakat banyak.

–          Apa yang harus dilakukan agar generasi anda dan generasi kemudian,  bangsa kita ini menjadi lebih baik daripada generasi masa sekarang yang sudah mencatat rekor sebagai Negara yang terkorup se Asia-Pasifik. Bagaimana bisa keluar dari kemelut ini (ingat Reformasi tahun 1998 itu dicetuskan di kampus ini oleh mahasiswa).

Waktu satu minggu saya kira cukup untuk mengerjakan essay ini minimal 4 halaman (tak ada batas maks) tulisan tangan kertas A4. Tulisan tangan anda harap discan jadikan satu file dan beri nama nickname anda, kumpul pada ketua group dan senin depan tgl 29Mar10 CD nya disubmit.

—————————————————-

Posting 09 Maret 2010.-

Kuliah 08 Maret 2010 Etika Enjiniring bukan diisi oleh Muchtar Buchori tapi oleh

Ir H Buchori Nasution.-

Sorry ada kesalahan nama sedikit.

Sila tengok videonya:

Daripada cape ngeliatnya putus2, itu karena koneksi internet anda kurang cepet. Mending diunduh aja di alamat berikut:

http://www.4shared.com/account/file/237425524/542434cf/PICT0002_Buchori_Nst.html

Jadi bisa langsung ngeliat video dari komputer sendiri.-

—000—

Posting 06Mar2010

Kuliah senin 08 Maret 2010 jam13.00 akan diisi oleh

Prof Dr Muchtar Buchori

bertempat di ruang 303 Engineering Center.

Tugasnya adalah membuat ringkasan satu slide ppoint dari isi ceramah dalam bentuk Mind Mapping (ingat waktu OOT Etika). Dikumpul kamis jam 12 an melaluiketua group dan Rano. Nama filenya dibuat nama anda.-

—————————

Posting 04Mar10

Udah ada 3 group yg ngasi proposal ke saya sekalian ama surat minta ijin.-
Sebenarnya gak pake td tgn sy juga gpp koq, asal orang uda percaya itu sdh cukup.

group yg mbersiin halte, ntar njagain spy orang gak nyoret2 lagi gmn tuh… blm kliatan plan yg nyata. Ntar umurnya bisa2 cuman sehari aja, bsk nya uda dicoret orang lagi. So how’s ? .-

-0-

posting 28feb10

Mungkin diantara group anda ada yg mau ikut PKM utk GT (Gagasan Tertulis)…

Lihat surat ibu Bondan:

-000-

Yth. Bapak/Ibu,

Ini bantuin Pak Anondho woro-woro tentang Program Kreativitas Mahasiswa
(PKM).

Mohon Bapak/Ibu ndorong mahasiswa-mahasiswa bimbingannya untuk ikutan PKM AI
(Artikel Ilmiah) maupun PKM GT (Gagasan Tertulis). Satu kelompok terdiri
dari 3-5 orang mahasiswa. Kemudian mereka membuat AI atau GT berupa tulisan.
Standard lah… latar belakang, studi literature, metode/gagasan, dst dst
sampai kesimpulan. Bapak/Ibu berperan sebagai pembimbingnya.

Besar hadiah adalah Rp. 3 juta. Yang menang AI berpeluang masuk ke Jurnal
Karya Mahasiswa. Dan yang menang GT berpeluang ikut Pimnas (Pekan Ilmiah
Nasional).

Dengan hebohnya karya proposal dosen kemarin.. Dalam catatan kami, lebih
dari 150 proposal masuk dari FTUI… Mestinya kecil lah kalau cuma ngedorong
mahasiswa bikin karya tulis..

Deadline di UI: 25 Maret 2010, so masih banyak waktu.

So.. Please encourage and supervise your students.. Sudah saatnya mahasiswa
FTUI berkibar hebat di level nasional!

Panduannya terlampir.

Salam hormat, Bondan

logoui_background_white.gif

Dr. Ir. Bondan T. Sofyan, M.Si. |Senior Lecturer in Metallurgy and Materials
Engineering

Associate Dean (Academic & Research)|Faculty of Engineering University of
Indonesia | Kampus UI Depok 16424 Indonesia

Ph: +62-21-786 3504/05 GMT+7h|Fax: +62-21-727 0050|email:
bondan@eng.ui.ac.id |
http://www.metal.ui.ac.id/

——————————-
Posting 25 Feb 2010

CD buku elektronik DUA DEKADE sudah ada di Rano. Ketua group kasi CD kosong ke Rano utk di copy kan buku elektronik tersebut.-

Murid S3 saya Mulya Juarsa dari Batan, berbaik hati mencantelkan Ebook ini untuk bisa diunduh (di download) di alamat:

http://www.4shared.com/file/228268988/4536847d/BUKU_DUA_DEKADE.html

Saya sendiri belum mencoba untuk mengunduhnya, silakan anda yang mau mengunduh buku tersebut, dan tolong dilaporkan bila waktu unduh terlalu lama atau ada problem lain.

Tentang tugas etika.-

Tugas anda sudah saya lihat, dan kira2 bisa dikerjakan sebaik mungkin. Mohon utk mereka yg mengambil lokasi syuting terlalu jauh, tolong pindah saja ke sekitar kampus.
Mohon untuk menggunakan metode:
– yang etis (pastinya dong kan ini etika)
– smart (ide brilyan musti ditampilkan)
– hindari kemungkinan konflik
– berpihak pada kaum marginal
– hindari NATO dan hindari NAPO (No Action Talk Only, No Action Plan Only)
– yang lain boleh juga anda tambah sendiri (mis green environment).-

Semua peserta kuliah ini harus berubah dari tadinya:

Pasif -> Partisipatif -> Aktif -> Proaktif

Buatlah group anda menjadi sebuah group yang dinamis penuh dengan ide brilyan dan kemampuan untuk menindak lanjuti planning menjadi sebuah tindakan nyata yang berdampak positif.-

-0-

Posting 23Feb2010

Tugas 3 berkaitan dengan data dan fakta untuk kondisi mula dari keadaan sebelum perubahan. Fakta ini bisa berupa foto, short video 1 menit atau juga data dan fakta lain. Cukup 1 halaman saja berarti sat atau 2 foto dengan sedikit keterangan.

Tambahan tugas 3, kumpulkan CV masing2 1-2 halaman saja. Termasuk juga hobi dan data2 lain. BBrp data individu yg musti ada: Nama, t4 tgl lahir, alamat, hp, email, nama ortu (kl bisa dg pekerjaan ortu), pendidikan, organisasi, lain2 silakan tambahkan.-

Rano kasi sy CD nya utk sy copy hari kamis 25Feb10 jam 12.30.-

——————————-
Posting 19Feb2010

Kita yang sakit orang lain yg untung.-

Apa artinya judul diatas ?

Lihat selanjutnya di:

https://koestoer.wordpress.com/2010/02/19/kita-yang-sakit-orang-lain-yang-untung/

—————————-

Posting 17Feb10

Dari perbincangan kita pada kuliah OOT ETIKA yang lalu, banyak diantara peserta kuliah yang menginginkan buku DUA DEKADE. Lalu saya sampaikan bahwa buku itu akan saya bagikan dalam bentuk Ebook (buku elektronik). Untuk itu harap masing2 mengumpulkan CD kosong pada ketua group, lalu ketua group memberikan satu CD saja ke Rano utk Rano nanti meng-copy-kan Ebook dari saya. Rano temuin saya hari jumat pagi sekalian menyerahkan tugas group, boleh juga afternoon setelah sholat jumat. Oh ya tgl 18 itu saya ada seminar di hotel Accacia jadi saya tak ke Depok. Jadi ngumpulin tugasnya masih boleh nambah satu hari (jumat).

Ebook ini nanti akan loading sendiri dan keluar menu yang bisa anda pilih dengan mengklik beberapa pilian menu yang ada… Selamat membaca.-

Boleh juga anda berkomentar nanti, melalui blog ini.

Posting 08Feb2010.-

Terimakasih atas kehadiran anda pada kuliah tadi jam 13.00.
Mereka yang baru hadir dan belum masuk kedalam group, harap melapor pada ketua kelas R A N O… sekali lagi R A N O… bukan R O S A…

Perhatikan Tugas 2 berikut ini:

Dari tugas pertama, setiap group mempunyai atleast 3 kasus pelanggaran etika. Karena tugas semi-individual 2 orang maka dalam 1 group akan ada 3 kasus. Berdasarkan kasus tersebut, diskusikanlah dalam group anda mana yang unik. Lalu pilihlah satu kasus, untuk kemudian kita bahas lebih lanjut.
Kasus etika pilihan anda dalam group bincangkan agar deskripsi pelanggaran etikanya lebih jelas. Kemuidan rundingkanlah cara-cara penanggulangannya agar pelanggaran tersebut dapat dihilangkan. Buatlah minimal dengan 4 langkah nyata yang memang betul bisa anda jalankan bukan sekedar ‘ngomong doang’.
NATO and NAPO ini sudah jadi kepandaian orang Indonesia…tinggalkan (No Action Talk Only… No Action Plan Only). Buatlah rencana aksi yang benar2 bisa dikerjakan dan berdampak positif. Bila kasus yg ada dalam group anda dirasa kurang menggigit, anda boleh ganti dengan kasus baru yang lain.
Disaat periode midtest nanti diharapkan proyek Etika ini sudah terlaksana tinggal laporan dan pembuktian yang bisa dalam berbagai bentuk mis: foto, video, siaran TV, Web, blogging, Facebook… atau apa saja sarana yang bisa kita gunakan, yang berupa dampak tindakan nyata. Ingat kasus Prita yang bisa menggerakkan masyarakat utk mengumpulkan uang logam ratusan juta rupiah demi sebuah kebenaran dan keadilan… luarbiasa kan ?
Mhs sebagai insan intelektual tentu dengan otaknya yang brilian, bisa juga merancang dan melaksanakan sebuah proyek ETIKA NYATA. Ingat siaran TV…TOLONG.-

Tgl 18 Feb 2010, kumpulkan deskripsi kasus dan action-plan anda per group, copy ke CD nya ketua kelas dan nanti di transfer ke saya.

Minggu depan 15Feb2010 akan ada

Kuliah khusus OOT ETIKA…

datang dan saksikan, anda tidak akan menyesal seumur hidup.-

————————————–
Posted 02Feb2010

Kuliah Etika Enjininring telah dimulai kemarin tgl 01Feb2010.
Telah dibentuk group dan subgroup dengan chairman masing dan kordinator kelas Rano.
Telah dibuat mailing list dengan moderatornya sdr Anton.
Peserta kuliah yg belum menjadi member, silakan mendaftar di
ethiceng022010@yahoogroups.com
Diusahakan untuk paperless dan bila mungkin tak ada ujian. Penilaian melulu dari tugas.

Tugas 1
Dalam menempuh perjalanan pulang ke rumah dari kampus, perhatikanlah sekeliling anda dan catatlah dalam pikiran anda bila melihat peristiwa pelanggaran etika. Boleh juga saat berangkat ke kampus, berbelanja, beraktivitas lain.
Laporkan dalam 1/2 hal peristiwa yang terjadi, baik juga bila dijelaskan menurut ruang dan waktu atau yang lainnya.
Tugas ini diperuntukkan bagi subgroup (per 2 orang seperti yg telah ditentukan dalam kuliah 1).
Kumpul tgl 05Feb10 jumat (Jam14-16) dari kordinator kelas ke saya dalam bentuk CD.

-o-

3 responses

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s