Soal UAS PTM-01 2016


UAS PTM – 01 – Ujian Akhir Semester Pengantar Teknik Mesin ; 06Des2016 s/d 09Des2016
Dosen: Raldi Artono Koestoer
Tulis di hal pertama atas, Nama, NPM, Email, No HP, No Kelompok.

Ketentuan: UAS ini dikerjakan secara individual, . Open book, open note, open internet, dilarang copy-paste pekerjaan teman. Dikeluarkan tgl 06/12/16 hari Selasa jam 08.00. Harus dikumpulkan dari kord kelas (Jerry At Tabhari) ke dosen hari Jumat tgl 09/12/16 jam 16.00. Berarti dari students ke kord atleast jam 15.30. Dikerjakan dengan MSWord 12 points jenis huruf Times N Roman, 1,5 spasi. Soal Pengantar Teknik Mesin ini hanya untuk kelas PTM-01 kelas Jumat siang. Soal tidak usah ditulis lagi.

Soal 1 (20%)
Sistem pendinginan supermarket besar (es krim, frozen food, softdrink dan sayur), sangat berbeda dengan system pendinginan ruang kelas di sekolah. A) Jelaskan dengan gambar dan atau skema, system pendinginan tersebut. B) Sebutkan tiga perbedaannya dengan system pendinginan ruang kelas. C) Target suhu didalam sebuah Cold-Storage utk menyimpan bahan makanan adalah minus 20 dgC, Gambarkan skema aliran fluida kerja mel 4 komponen utama pendinginan dan jelaskan tentang bahan pembentuk dinding CS yang kedap kalor (gambarkan cross-section dinding, sebut bahan2nya) serta mengapa dipilih bahan tersebut.

Soal 2 (30%)
Buatlah a) deskripsi b) sebutkan 4 butir konten utamanya dg penjelasan c) berikan contoh aplikasi yang nyata, dari beberapa mata kuliah dibawah ini :
1) Termodinamika 2) Perpindahan Kalor 3) Proses Manufaktur

Soal 3 (30%)
a) Dua buah pelat S(teel) dan C(opper) ukuran sama, tebal 5 mm pxl=50cmx50cm. Kedua pelat ini mau kita sambung. Dengan cara apa dan bagaimana kita bisa menyambung kedua pelat ini. Jelaskan kalau perlu dengan gambar, keterangan dan alasan pemilihan.
b) Jelaskan tentang diagram Stress-Strain (Tegangan dan regangan) dengan terlebih dahulu mendefinisikan Stress dan Strain. Termasuk dalam diagram anda: Hukum Hook, Yield point, Ultimate stress, Breaking-point dan Modulus Young.

Soal 4 (20%)
Indonesia sangat butuh Teknopreneur, anda sebagai orang TEKNIK tentulah bertanggung-jawab untuk bisa menghasilkan produk Dalam Negeri yang berkualitas. Bayangkanlah 15 tahun lagi anda bersama beberapa kolega se-angkatan mau mendirikan pabrik kecil skala UKM dibidang PQR dengan modal patungan dan pinjaman. Buatlah rencana start-up proyek anda secara ringkas dengan berbagai penjelasannya (1-2 hal saja). Lihat proyek PQR dibawah ini:
Kelompok 1-4 : Pabrik sepeda anak-anak.
Kelompok 5-8: Pabrik Pelek (Velg) sepeda motor.
Kelompok 9-12: Pabrik Atap rumah dari Seng (Zinc)
Kelompok 13-16: Pabrik Grendel pintu.

Selamat bekerja.-