Calon Agen Peminjaman Inkubator


Yayasan Bayi Prematur Indonesia (YABAPI), bermitra dengan Tim Inkubator UI

Kegiatan utama dari Yabapi adalah menolong bayi premature yang mengalami hypothermia dengan meminjamkan incubator bayi di rumah keluarga bayi. Layanan peminjaman ini sepenuhnya gratis tidak ditarik bayaran. Tentu saja peminjaman ini tidak terbatas pada bayi premature saja tetapi bayi lain yang mengalami hypothermia juga akan dilayani misalnya BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah). Sebagai pengembangan dari aktivitas ini, sekarang tersedia juga fototerapi guna menangani bayi kuning (Billirubinaemia) juga dengan gratis tanpa bayar, karena peminjaman ini memang ditujukan untuk menolong mereka yang berasal dari golongan menengah kebawah.

Income yayasan dan atau Tim incubator, didapatkan dari sumber lain berupa donasi, infaq, sedekah, charity dan sumbangan lain sejenis, yang tidak mengikat.

Pengembangan kegiatan

Saat ini ruang lingkup peminjaman incubator ini sudah mencakup, utamanya adalah JABODETABEK karena pusatnya ada di UI-Depok. Namun demikian ternyata permintaan datang juga dari daerah Jawa Barat lain seperti

Bandung, Subang, Cimahi, Cianjur.

Pada akhir tahun 2012 dibuka Agen Peminjaman di

Pemalang,

yang telah berfungsi dengan baik.Akhir tahun 2013 telah dibuka juga Agen Peminjaman baru di

Semarang, Magelang dan…luarbiasa…Kalimantan-Barat.

Selanjutnya pengembangan geografis ini akan dilanjutkan tahun ini ke provinsi Jawa-Timur dan Banten. Sudah ada kordinator disana yang menyatakan kesediaannya, yaitu Malang dan Cilegon.

Berita terakhir per Maret 2014 ini agen Malang sudah beroperasi dengan baik.

Calon Agen Relawan

Relawan yang berminat untuk turut membantu program dengan menjadi Agen Peminjaman gratis Inkubator bayi ini akan diterima dengan tangan terbuka. Namun demikian ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Tentu saja kebijakan ini bukan merupakan ketentuan yang fixed namun lebih menjurus pada kepentingan situasional.

Agen dan Calon Agen

Calon Agen Relawan, kami sebut CALON, bisa individu perorangan, Institusi non-komersil ataupun Yayasan. Persyaratan:

1)      Calon sudah berumur diatas 30 tahun, dengan pertimbangan khusus boleh dibawah 30 thn.

2)      Calon diharapkan mau dan mampu menyumbang satu unit incubator yang nanti akan ditempatkan di lokasi calon untuk dipinjamkan secara gratis. 1 unit = 2,5 juta, incubator Grashof buatan Tim-UI. Bila calon berumur diatas 50 thn, maka diharapkan untuk bisa menyumbang 2 unit sekaligus.

3)      Calon institusi, diharapkan menyumbang minimal 2 unit, yg nanti akan ditempatkan di lokasi institusi tersebut. Dianjurkan untuk melengkapinya dengan 1 unit Fototerapi seharga 1,25 Juta per unit (kami juga membuatnya sendiri seperti bisa dilihat di foto).

4)      Transportasi unit inkubator dari Pusat ke lokasi agen, menjadi tanggung-jawab calon agen.

5)      Bila Agen bisa berkembang sendiri maka dimungkinkan bagi Calon yang nanti menjadi koordinator agen (relawan) mempunyai karyawan professional yang membantu kelancaran layanan peminjaman gratis incubator ini. Tentu saja payroll karyawan menjadi tanggungan koord. agen.

6)      Agen tidak diperkenankan menerima pembayaran apapun dari aktivitas peminjaman incubator ini dari peminjam ataupun keluarga peminjam. Namun diperkenankan menerima sumbangan dari pihak ketiga lain yang memang dengan sukarela menyumbang untuk menolong bayi premature. Bila suatu saat nanti, setelah bayi sehat dan normal, ortu bayi ingin menyumbang untuk membantu kegiatan social ini, barulah agen diperkenankan untuk menerima sumbangan tersebut, yang tentu saja sukarela tanpa paksaan, berapa saja harus diterima.

7)      Agen dianjurkan untuk mempromosikan dengan cara non-komersial, agar lebih banyak bayi premature tertolong di daerahnya.

8)       Mereka yang berminat untuk menjadi agen diminta untuk mengirim biodata 2 halaman dalam bentuk email attachment dan dikirim ke alamat email dibawah.

Kontak-person:

Raldi Artono Koestoer

Email: koestoer@eng.ui.ac.id

SMS only : 085659312070 (Center SMS Tim Inkubator UI)

-0-

Edited Agustus 2015:

Mulai th 2015, ada perubahan per unit inkubator biaya produksi 3,5 juta sedangkan per unit fototerapi 1 juta.

Muncul pertanyaan. mengapa inkubator makin mahal sedangkan fototerapi makin murah. Penjelasannya demikian, baik inkubator ataupun fototerapi mengalami perubahan disain karena adanya masukan dari berbagai pihak. Sehingga disain yg terakhir untuk inkubator memang seperti biasa ada kenaikan harga. Tetapi disain fototerapi sekarang ini sangat efisien dengan hanya satu lampu dan dengan disain bodi pemantul yg lebih efektif, cukup dengan satu lampu saja intensitas sinar bluelite-nya sudah lebih baik dari disain sebelumnya.

Inkubator dan fototerapi satu paket

Inkubator dan fototerapi satu paket

8 responses

  1. saya berminat untuk menjadi relawan inkubator bapak,sy akan pergunaskan di daerah purbalijngga jawa tengah.berapa payment yg pantas untuk karyawan su trsbut,apakah ada pelatihan untuk karyawan/koordinator,trm ksh

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s