Pendidikan utk siapa ? Hanya utk si kaya ?


Lodi Paat, pengamat pendidikan pada acara Metro-TV menjawab dengan tegas: – Ya.. untuk yang punya duit…-

Pendidikan hanya untuk orang kaya, untuk mereka yang memiliki power. Bagaimana ini bisa terjadi ?

Tentu saja karena sekarang masuk SD, SMP dan SMU dan SMK, orang harus bayar mahal. Bagaimana dengan masuk Perguruan Tinggi ? Ya sama saja. Sekolah Negeri bahkan banyak yang lebih mahal dari sekolah swasta ? Keanapa keadaan sekarang sudah terbalik begini ?

Entahlah… negara ini sudah kacau balau, Pendidikan tak terarah jauh lebih rumit dari masalah kesehatan. Negara tidak berdaya mengaturnya. UUD 45 sudah tidak digubris lagi. Tugas negara untuk mencerdaskan bangsa sudah tidak pernah dibicarakan lagi.

SBI, RSBI, kelas internasional… Bohong semua. Dibuat hanya untuk mengeduk harta orang tua murid yang kegilaan trend. Apalagi ibu-ibu di kota besar, yang menjadi malu kalau anaknya tidak masuk kelas terebut diatas. Ataupun juga kelas akselerasi. Perpustakaan sekolah tidak bertambah, laboratorium IPPA tidak berubah, yang ditambah hanya kelas2 saja, supaya murid bisa tambah banyak. Peningkatan mutu cuma jadi jargon yang kosong belaka.

Orang miskin… terjun aja lo ke laut. Jangan harap jadi pintar. Karena tidak ada tempat untuk kalian di sekolah. Tidak ada hak kalian untuk jadi pintar dan mengangkat harkat keluarga. Bahkan di republik ini… elo elo orang miskin, gak ada tempat… NYEBUR AJA LO KE LAUT.

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s