PET Reg


PROYEK ETIKA TERPUJI (v 1.0).-

Setelah pada midsemester pertama, anda mengerjakan tugas semi individual, maka pada midsemester kedua ini, anda diminta untuk mengerjakan Proyek Etika Terpuji secara berkelompok, dengan sendirinya penilaiannya adalah merupakan nilai kelompok. Usahakanlah untuk bekerjasama dengan sebaik-baiknya.

Bila pada tugas y.l. anda hanya diminta untuk melakukan wawancara dengan kaum marginal, maka kali ini kelompok anda diminta untuk melakukan sesuatu tindak nyata menolong kaum marginal. Rencanakanlah terlebih dahulu dengan curah pendapat di kelompok anda untuk menggali ide gagasan apa yang akan dilakukan.

Buatlah Plan A dan Plan B. Mengingat bahwa Plan A krn sesuatu dan lain hal ditolak oleh dosen after discussion in our class meeting. Dengan begitu kelompok anda masih punya cadangan Plan B. Rencana ini harus disampaikan 2-3 hal saja dan tidak dinilai, krn kepentingannya adalah agar kel anda bisa bekerja sesuai dgn skedul. Plan anda mencakup Judul, Deskripsi apa yg akan dilakukan, Rencana Anggaran yg tidak boleh lebih dari 400 rb rupiah, kemudian Barchart-Schedule yang harus sesuai dengan timeline global dari PET bersama (lihat timeline PET).

Bila memerlukan surat ijin, segera dibuat, manakala aktivitas anda menyangkut kepentingan institusi public dimana diperlukan ijin tertulis. Suratnya dari kel anda (ketua kel tdtgn) sedangkan saya sbg dosen hanya mengetahui saja. Tugas ini harus dilaksanakan diluar kota Depok, jauh dari kampus UI tapi masih di Jabodetabek.

Beberapa contoh PET dari kel terdahulu

  1. Memperbaiki toilet mushola. Awalnya hanya ada dua kran yang berfungsi selanjutnya kel PET menambah pipa pralon dari reservoir dan memasang 10 keran baru sehingga saat jemaah berwudhu tidak lagi perlu mengantri panjang.
  2. Penyuluhan gigi dan kesehatan bagi anak balita. Tentu dengan mengikut sertakan dokter gigi dan atau mhs kedokteran gigi. Some groups invite also the parents of the kids for discussing the health problem for children.
  3. Ada group yg berhasil memperbaiki jalan masuk kampung dengan dibantu oleh penduduk, dan mendapat sumbangan semen dan batu kerikil dari developer didekat kampong.
  4. Aksi sumbang darah di satu RT/RW, sekaligus check kesehatan ringan
  5. Membuatkan taman bacaan dan nyumbang 100 buku bagi sebuah TK dan SD. Ada juga yang nyumbang dua computer bekas dari sumbangan anggota kel dan mengajarkan anak2 komputer.
  6. Membuat sambungan internet dengan antene wajan (anak elektro sbg leader didlm kel).
  7. Dua hari mengasuh anak panti yg ditinggal orang tuanya (abandoned child).
  8. Pengecatan jembatan Teksas di kampus UI. Ini pada saat awal sekali dari PET dilaksanakan. Namun sekarang tidak lagi diperkenankan berkegiatan di kampus UI dg alasan yg akan dijelaskan didepan kelas.

 

 

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s