PTM-01 UTS


PTM – 01 – Pengantar Teknik Mesin ; 21 Okt s/d 25 Okt 2016.-

Dosen: Raldi Artono Koestoer

Tulis di hal pertama atas, Nama, NPM, Email, No HP, No Kelompok.

Ketentuan: UTS ini dikerjakan secara individual, . Open book, open note, open internet, dilarang copy-paste. Dikeluarkan tgl 21/10/16 hari jum’at jam 13.00. Harus dikumpulkan dari kord kelas ke dosen hari selasa tgl 25/10/16 jam 16.00. Dikerjakan dengan MSWord 12 points jenis huruf Times N Roman.

Soal 1 (20%)

Jelaskan secara ringkas (0,5-1 hal) apa yang ingin anda kerjakan setelah menyelesaikan studi anda di FTUI dpl profesi apa yang anda pilih just after graduation. Selanjutnya, apa mimpi anda atau apa cita-cita anda 15 tahun kedepan (anda mau jadi apa ?). (dpl : dengan perkataan lain).

Soal 2 (50%)

PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) adalah instalasi untuk membangkitkan energy listrik yang selanjut ditransmisikan dan didistribusikan ke seluruh penjuru kota maupun desa. Bahan Bakar yang digunakan diantaranya adalah Batubara, Solar (HSD) atau gas. (a) Jelaskan dengan gambar prinsip kerja dari PLTU ini, dengan empat komponen utamanya. (b) Jelaskan dengan gambar atau skema, fungsi dan prinsip masing-masing dari 4 komponen utama.

(c) Lihat angka terakhir dari NPM anda. 0-3: Geothermal system, 4-6 Nuclear Power System, 7-9 Solar Power System. Jelaskan dengan gambar bagaimana system tersebut bekerja dan bandingkan kelebihan dan kekurangannya dengan PLTU.

Soal 3 (30%)

Jelaskan secara ringkas (a) bagaimana sebuah system pendingin refrigerasi mekanikal bekerja dengan empat komponen utamanya. Fluida kerja apakah yang digunakan dan mengapa harus menggunakan fluida kerja (yang aneh) itu, mengapa tidak digunakan air saja sebagai fluida kerja. (b) Isilah data sheet kelompok anda pada pengukuran data AC. T berarti temperatur atau suhu. T ambient udara luar, T udara keluar condenser (outdoor unit), T rata-rata ruangan, T udara keluar evaporator.

Sekarang gunakan logika anda untuk menjawab pertanyaan berikut: (c) Berapakah temperature udara masuk Kondenser ? Mengapa terjadi perbedaan suhu masuk dan keluar Kondenser

Dan berapakah temperature udara masuk evaporator ? Mengapa terjadi perbedaan suhu masuk dan keluar Evaporator.  Jelaskan semua logika anda.

Selamat bekerja.-