Bayi prematur


Primaningrum Bunda Balqiz created a doc.
49 mins
Bayi Prematur dari Minggu ke Minggu
Oleh dr. Agung Zentyo Wibowo
Bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum usia kehamilan (UK) 37 minggu. Jika anda adalah orang tua bayi prematur (preemie), dan pernah mengalami fase bayi masuk ke NICU, pasti akan tau bahwa setiap bayi yang lahir pada usia kehamilan yang berbeda, sangat berbeda kondisinya antara satu dengan yang lainnya.

Semua bayi prematur terlahir dengan tubuh yang kecil, membutuhkan penanganan medis yang kompleks, dan beresiko menghadapi komplikasi serius, baik sewaktu masih di NICU, maupun saat di rumah. Bayi yang lahir 12-14 minggu lebih awal, akan menghadapi komplikasi yang jauh berbeda dengan yang lahir 4-8 minggu lebih awal. Berikut ini penjelasan bagaimana bayi prematur bisa berbeda dari minggu ke minggu.

Lebih dari separuh bayi prematur yang lahir antara UK 23-24 minggu, akan bertahan setelah dilahirkan (*Data dari negara maju), dan bisa hidup setelah melewati NICU. Bayi yang lahir sebelum 23 minggu mungkin bisa bertahan, yang termuda adalah Amillia Taylor, lahir di UK 21 minggu dan 6 hari. Tapi usia yang dianggap bayi prematur sanggup hidup adalah sekitar 23-24 minggu.

Bayi prematur UK 23-24 minggu disebut micro preemies (ada juga yang menyebutkan “extremely premature”). Beratnya hanya sekitar 500-750 gram. Bayi yang lahir pada usia ini akan ditutupi oleh rambut halus yang disebut lanugo. Meskipun sepertinya mata mereka tampak menutup, mereka punya alis dan bulu mata yang sudah berkembang. Bahkan mereka sudah memiliki kuku pada jarinya.

Sebagian besar sistem tubuhnya masih belum berkembang pada UK 23-24 minggu. Sistem pernafasan bawah baru mulai berkembang, ini yang menyebabkan bayi UK 23-24 minggu ini membutuhkan bantuan pernafasan untuk jangka waktu yang panjang.

Di usia 25-26 minggu, bayi prematur memiliki berat sekitar 650-1000 gram. Bayi yang lahir pada periode ini masih disebut micro preemies/”extremely premature”. Mereka biasanya dirawat di NICU untuk jangka waktu yang panjang, dan memiliki banyak masalah kesehatan yang terkait kondisi prematurnya.

UK 26 minggu, paru-paru bayi prematur mulai mengembangkan alveolus, kantung udara untuk pertukaran udara. Meskipun mereka masih terlalu muda untuk bernafas tanpa bantuan, ini capaian tumbuh kembang “milestones” yang mayor/utama. Capaian lain bagi UK 25-26 ini termasuk perkembangan dari refleks startle, bayi akan merespon terhadap suara keras. Sidik jari dan sidik kaki juga terbentuk.

Di UK 27 minggu, bayi prematur tidak lagi disebut micro preemies. Sekarang disebut “very premature”, bayi ini memiliki kesempatan bertahan lebih dari 95% sampai bisa keluar dari NICU (*Data dari negara maju). Bagaimanapun, UK 27-28 minggu masih membutuhkan banyak penanganan medis, dan bisa diperkirakan perlu dirawat di NICU untuk jangka waktu yang lama.

Pada UK 28 minggu, bayi prematur akan memiliki berat sekitar 1000-1250 gram. Pergerakan mata yang cepat sudah terjadi, dan bayi yang lahir setelah 27 minggu dapat berkedip dan tidak lagi memiliki lipatan mata yang menyatu. Retina mereka masih berkembang, sehingga dalam resiko terjadinya Retinopathy of Prematurity/ROP, tapi mata mereka sudah dapat melihat bentuk.

Di UK 27-28 ini, bayi prematur juga mulai mengembangkan siklus tidur dan bangun yang lebih terkordinasi. Mereka mulai memiliki periode tidur REM (rapid eye movement), dan orang tua dapat membayangkan bayinya sedang mengalami mimpi apa.

Bayi UK 29-30 minggu, bayi tumbuh jauh lebih matang. Bayi prematur 29-30 minggu ini masih membutuhkan perawatan NICU yang panjang, tapi organ vital mereka sudah jauh lebih berkembang daripada yang lahir lebih awal.
Di UK 29-30 minggu ini, bayi akan memiliki berat sekitar 1100-1600 gram. Meskipun masih sangat kecil, 29-30 minggu ini sudah memiliki cadangan lemak dibalik kulitnya. Jadi mereka tampak seperti bayi “sebenarnya”. Mereka mulai menghilangkan lanugo, rambut halus yang menutupi tubuh preemie.
Sebagai tambahan untuk kematangan bagian luar, otak juga melalui pertumbuhan yang pesat. Otak bayi prematur UK 29-30 minggu, mulai terlihat bergelombang dan berkerut, dan cukup matang untuk mulai mengatur suhu tubuh.

Bayi di UK 31-32 minggu memiliki berat sekitar 1400-2100 gram. Bayi di usia ini mulai disebut “moderately premature”. Meskipun mereka masih belum matang dan membutuhkan beberapa minggu dirawat di NICU, kebanyakan UK 31 dan 32 minggu lebih cepat mengejar (catch up) tumbuh kembang nya dengan anak seusianya, dan memiliki efek jangka panjang dari prematur yang lebih sedikit.
Di antara UK 31-32 minggu, bayi menimbun banyak lemak tubuh. Bayi prematur yang lahir di usia ini mulai kelihatan agak gemuk dan memungkinkan untuk menjaga suhu tubuh dengan baik, tanpa bantuan inkubator. Mereka menggunakan 5 indera mereka untuk belajar tentang gerakan.
Orang tua biasanya ingin tau ketika bayi mereka bisa pulang dari NICU. Sebelum pulang, ada beberapa capaian/”milestones” yang harus tercapai oleh bayi prematur. Mereka harus bisa minum, bernafas, dan tetap hangat tanpa bantuan alat dan perawat dari NICU. Bayi prematur yang lahir pada UK 31-32 minggu mulai menunjukan ini sejak lahir, tapi butuh waktu untuk mencapai ketiganya.

Bayi prematur lahir antara UK 33-34 minggu disebut “moderatelay preterm”. Beratnya sekitar 1800-2500 gram. Meskipun semakin besar, UK 33-34 minggu masih belum matang dan membutuhkan dirawat di NICU selama beberapa minggu.
Bayi prematur sudah hampir berkembang sempurna pada 33-34 minggu. Tulang mereka sudah terbentuk utuh, kuku jari mereka sudah sampai di ujung jari, dan pada laki-laki, testis sudah turun ke scrotum. Bagaimanapun, sistem pernafasan masih belum selesai berkembang sampai beberapa minggu akhir kehamilan, dan antibodi baru mulai diberikan dari ibu ke bayi.

Pada usia 33-34 minggu, kebanyakan bayi prematur akan memiliki waktu perawatan NICU yang tergolong singkat, dengan komplikasi yang sedikit. Mereka mungkin membutuhkan waktu untuk bernafas pada jangka waktu yang pendek, tapi belajar untuk minum mungkin butuh waktu yang lebih lama. Refleks menghisap, menelan dan bernafas belum benar-benar terkordinasi, dan bayi ini mungkin tidak cukup nutrisi untuk bisa tumbuh dan menaikan berat badan.

Bayi prematur yang lahir di UK 35-36 minggu disebut “late premature”. Bayi UK 35-36 minggu ini beratnya sekitar 2200-3000 gram. Meskipun terlihat sama dengan bayi cukup bulan, mereka tetap disebut prematur, dan bisa menghadapi beberapa masalah prematuritas.

Pada minggu akhir kehamilan, kebanyakan bayi sudah dalam posisi kepala dibawah. Mereka mencapai tinggi maksimal dan berat badan naik dengan cepat. Meskipun terlihat seperti bayi cukup bulan, mereka masih disebut bayi prematur. Paru-paru mereka belum berkembang sempurna untuk beberapa minggu lagi, dan belum cukup lemak untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat atau cukup kuat untuk menyusui dari ibu/botol secara efektif.
Demikianlah perkembangan bayi prematur dari minggu ke minggu. Setiap bayi berbeda, semakin awal lahir, resiko mengalami kondisi penyerta prematuritas semakin besar. Semakin akhir, akan sangat berarti bagi capaian pematangan organnya, lebih terhindar dan sedikit resikonya. Namun karena masih termasuk prematur, tetap harus waspada dan mengikuti langkah pemeriksaan dan perawatan untuk mengatasi kondisi penyerta yang mungkin muncul.

Sumber: About Health#KamisPeduliPrematuritas

One response

  1. Dear dokter..
    Mama saya Kanti.
    Alamat rumah saya : Candi sayang RT 12 rw 03. Candi – sidoarjo.
    Dokter saya ingin Minta tolong.. saya butuh incubator gratis.. Karena bayi kakak saya Lahir premature, dengan beratnya 1kg 9 ons..
    Kakak saya bekerja sebagai petugas sensual honorer Dan istri bekerja menjadi petugas ADM Di pom bensin.. mohon support Dan bantuannya.. terima Kasih.

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s