Dosen Narsis


EDOM Raldi A. Koestoer

EDOM adalah singkatan dari Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa. Semua dosen di UI di evaluasi juga oleh mhs. Survey ini anonim jadi hasilnya bisa dipercaya.

Kode Mata Kuliah : ENG300803 (2 SKS)
Nama Mata Kuliah : Etika Enjiniring (Etika Enjiniring-02)
Jumlah Responden : 91 Responden dari 91 Mahasiswa
Nilai Rata-Rata Keseluruhan : 5.0725 (Skala 1 – 6)

Keterangan Nilai:

  1. Sangat Tidak Sesuai, bila kenyataan di lapangan sangat tidak sesuai dengan komponen yang dinilai.
  2. Tidak Sesuai , bila kenyataan di lapangan kurang sesuai dengan komponen yang dinilai.
  3. Agak Tidak Sesuai , bila kenyataan di lapangan agak tidak sesuai dengan komponen yang dinilai.
  4. Agak Sesuai , bila kenyataan di lapangan agak sesuai dengan komponen yang dinilai.
  5. Sesuai, bila kenyataan di lapangan cukup sesuai dengan komponen yang dinilai.
  6. Sangat Sesuai, bila kenyataan di lapangan sangat sesuai dengan komponen yang dinilai.
Komponen Penilaian

Dr, Ir Raldiartono K M.Sc

A. Materi Pelajaran

5.07 (Rata-Rata)

1. Dosen menyampaikan rancangan pengajaran dengan jelas di awal perkuliahan.

5.04

2. Materi perkuliahan disusun secara sistematis sehingga mahasiswa dapat melihat kaitan antarmaterinya.

4.94

3. Metode pengajaran yang digunakan memfasilitasi mahasiswa untuk aktif berpartisipasi dalam perkuliahan.

5.15

4. Metode pengajaran yang digunakan membantu mahasiswa memahami materi perkuliahan.

5.16

B. Proses Pembelajaran

5.09 (Rata-Rata)

5. Dosen menyampaikan materi perkuliahan dengan jelas.

4.98

6. Dosen menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk belajar.

5.19

7. Dosen memberikan contoh yang membantu memahami konsep yang sulit.

4.99

8. Dosen menjawab pertanyaan mahasiswa dengan jelas.

5.15

9. Dosen memberikan umpan balik yang konstruktif.

5.14

10. Dosen menerapkan pembelajaran sesuai rancangan.

5.1

11. Dosen memanfaatkan alat bantu (misal LCD Proyektor/OHP/Papan Tulis/dll.) secara efektif.

5.12

C. Pengelolaan Kelas

5.15 (Rata-Rata)

12. Kuliah/praktikum dilaksanakan tepat waktu.

5.29

13. Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengajukan pendapat.

5.1

14. Dosen bersedia membantu mahasiswa mengatasi kesulitan dalam perkuliahan.

5.15

15. Dosen peka terhadap keadaan mahasiswa.

5.18

16. Dosen menerima masukan dari mahasiswa.

5.14

17. Dosen konsisten menerapkan peraturan perkuliahan.

5.07

D. Evaluasi Pembelajaran

4.98 (Rata-Rata)

18. Materi penilaian (misal Kuis, Tugas, UTS, UAS, praktik, dll.) sesuai dengan rancangan pengajaran

4.99

19 Bobot penilaian tiap materi penilaian sesuai dengan beban pengerjaannya.

4.97

20. Nilai-nilai tugas dan ujian yang telah saya peroleh menggambarkan kemampuan saya secara akurat.

4.97

Nilai Rata-Rata Keseluruhan

5.0725

Saran, kritik, ide, dan komentar untuk kelas kuliah: Etika Enjiniring (Etika Enjiniring-02)

dosen keren nan mendidik, serta seorang seniman inspiratif
Terimakasih Pak Raldi yang telah mengajarkan kepada saya kehidupan diluar sana, kepedulian, dan menanamkan sifat antikorupsi, semoga Pak Raldi diberikan kesehatan dan umur panjang untuk bisa melahirkan generasi-generasi terbaik bangsa
Terimakasih Pak Raldi yang telah mengajarkan kepada saya kehidupan diluar sana, kepedulian, dan menanamkan sifat antikorupsi, semoga Pak Raldi diberikan kesehatan dan umur panjang untuk bisa melahirkan generasi-generasi terbaik bangsa
sistem belajar mengajr yang diterapkan pak Raldi sangat jauh berbeda dengan pengajaran yang dilakukan oleh dosen lain, UNIK, MENARIK, INOVATIF dan KREATIF semoga sistem belajar mengajar yang dilakukan oleh Prof Raldi ini tetap terus seperti ini sehingga mahasiswa tidak lagi pasif melainkan aktif bukan hanya didakam kelas tetapi jiga dimasyarakat. terima kasih Prof Raldi karena telah menjadi SENIOR HIDUP yang selalu memberikan contoh bertindak nyata pada kami semua
super sekali pak ngajarnya
Prof. Raldi sangat dahsyat dalam memotivasi mahasiswanya melalui multiple intelegence, quantum learning, dan star of success. Beliau sangat memberikan nuansa perkuliahan yang sangat menarik, atraktif, dan mengompori mahasiswanya. Sangat berbeda dan menarik. Terima kasih.
may god bless you, sir 🙂
dalam mengajar, pak raldi sudah cukup bail. beliau mampu menciptakan suasana yang kondusif dan tiap perkataannya selalu didengar oleh mahasiswa. terima kasih atas bantuan bapak selama 1 semester ini
Pak Raldi cukup baik menyampaikan kuliah dan tugas dari beliau membuat saya mengerti kondisi masyarakat yang sebenarnya
saya sangat senang mengikuti kuliah etika terpuji ini. saya harap kuliah ini dapat terus berjalan dan terus diajarkan oleh Prof. Raldi karena beliau merupakan seorang pengajar yang sangat inspiratif
Kalo bisa banyakin permainan di dalam kelas pak 🙂
kuliah ini merupakan kuliah yang paling menyenangkan dan paling memberikan pelajaran yang sangat luas… bukan hanya belajar di dalam kelas, tetapi belajar dari lingkungan yang ada di sekitar kita, dan kita diharuskan melakukan sebuah tindakan terpuji yang bermanfaat bagi orang banyak.. gak ada bosannya mengikuti kuliah etika ini.. thanks buat Prof. Raldi atas pembelajarannya selama ini semoga apa yang Anda berikan kepada kami dapat kami implementasikan kelak setelah kami lulus dari perguruan tinggi ini.. sekali lagi terima kasih banyak atas apa yang telah Anda berikan kepada saya..
Terima kasih telah mengajarkan kami berbagai ilmu yang mencerahkan, semoga dapat kami manfaatkan dengan baik. amin saran: materi tentang etika enjinering di dunia kerja profesional juga disinggung. komentar: kelas ini hebat karena konkret tak hanya berkonsep di atas kertas tapi juga ada tindakan lapangan. semoga bisa di terapkan menjadi gaya belajar di kelas etijing yang lain.
mantap.. banyak ilmuu.. take action..
bagus se suai
Terima kasih Pak Raldi atas segala nasehat dan ilmu yang telah Bapak berikan kepada seluruh peserta kuliah Etika Enjiniring ini. Semoga kami semua dapat terus mengingat dan mengamalkan semua yang telah Bapak berika selama perkuliahan ini. Sekali lagi terima kasih Pak.
terima kasih pak
terima kasih atas pelajaran kehidupan yang telah bapak berikan selama satu semester ini.
Kelas terbaik lah ini
Tetap Semangat pak!!
proyeknya menyenangkan
terimakasih atas pengajarannya pak
Nilainya A semua dong
terima kasih pak untuk kelas etikanya..
Terimakasih Pak, semoga tetap dapat memberikan pesan motivasi di milis meskipun kelasnya sudah selesai. Kelas ini akan terus diingat karena masih ada tujuan dari kelas ini yang baru dapat dicapai saat kami sudah lulus nanti
lanjutkan pak bagus banget
Suasana kelas yang ceria serta tugas-tugas yang aplikatif membuat kelas ini menjadi salah satu kelas favorit saya.. Menurut saya semuanya sudah baik, jadi tinggal dipertahankan saja..terima kasih..
terimakasih Prof
makasih pak
Terima Kasih, Pak. Sukses
Terimakasih prof. atas olmu yang telah diberikan kepada kami.
Doakan saya pak, saya bisa mengerjakan pr yg bapak kasih..saya akan tahu tulisan apa yang ada di monumen di jembatan negri seberang sana.

Mengingat utk mata kuliah yang lain hasil kuantitatifnya k.l. sama maka yg lain saya tampilkan saran2nya saja.

-0-

Saran, kritik, ide, dan komentar untuk kelas kuliah: Etika Enjiniring (Etika Enjiniring-E)

kuliah yang luar biasa
pak, kalau bisa…..nilai nya disesuaikan dengan kapasitas mahasiswa dalam pengerjaan proyek pak.cos banyak mahasiswa yang aktiv kerjain proyek dari awal hingga akhir tapi nilainya lebih rendah dari mahasiswa yang cuma numpang nama doank dalam proyek..jadi jangan hanya menilai dari tugas paper yang dibuat mahasiswa… bearti orang yang pinter ngemeng doank bisa lebih baik donk…
Dear Pak Raldi Terima kasih atas bimbingannya selama kuliah di Mata kuliah Etika Engineering ini saya sangat senang dapat kesempatan di ajar oleh bapak, karena saya merasa pola pikir saya, keberanian saya untuk mengembangkan tulisan-tulisan harian saya semakin membaik dan cara pengajaran yang bapak berikan juga sangat menarik sekali. semoga saya bisa diajar lagi oleh bapak di lain kesempatan. sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas bimbingan dan kerja samanya. Regards Rinaldi Dewantara
saran : 1. sebaiknya memberikan rincian prosentase nilai (tugas & ujian) di awal perkuliahan agar mahasiswa bisa tahu dan menjadi gambaran usahanya selama 1 semster. 2. peraturan perkuliahan yang di buat berdasarkan kesepakatan 2 belah pihak (mahasiswa & dosen)
Terima kasih atas bimbingannya selama perkuliahan etika enjiniring Prof Ral, semoga ilmu yg bapak transfer dapat bermanfaat bagi kami dan dapat kami aplikasikan sesuai kondisi lingkungan sekitar kami. Regards -Ekstensi Metalurgi 2010-
selamat malam, pembelajaran yang aneh dan berbeda. lanjutkan konsep pembelajarannya. saran : lebih peka terhadap keadaan mahasiswa terimakasih mudah-mudahan ilmu yang bapak berikan bermanfaat.Amin dwisunuaji
Dalam memberikan materi kuliah sangat antusias, sehingga mahasiswa mudah menyerap maksud & tujuan tiap-tiap materi. pesan-pesan moral yang sangat bermanfaat didapatkan disetiap pertemuan. banyak hal yang dapat diambil, diterima, dan dipahami serta dilaksanakan dalam kegiatan sehari-hari khususnya untuk moral dan etika. terima kasih Pak Rald telah membimbing dan mengajarkan suatu pesan moral yang mungkin tidak dengan mudah saya dapatkan dimasyarakat, semoga ilmu yang diajarkan dapat bermanfaat untuk saya dan lingkungan disekitar saya.

-0-

Saran, kritik, ide, dan komentar untuk kelas kuliah: Desain Penelitian (Desain Penelitian)

terima kasih pak
Sistem penyampaian materi dan tugas kuliah sudah sesuai. Namun pelaksanaan kegiatan perkuliahan sebaiknya dilakukan secara tepat waktu agar waktu perkuliahan dapat dimanfaatkan secara lebih optimal.
terima kasih Pak, semoga semakin bijak dan smakin rendah hati..
Terima Kasih, Prof
thanks
Terimakasih Pak.
mantap pak
Dosen 1 dan 2 telah mampu memberikan kemudahan kepada mahasiswa untuk memahami materi kuliah. perkuliahan akan lebih baik lagi jika perkuliahan dengan metode diskusi antar mahasiswa ditingkatkan.
terima ksih untuk semua ilmu dan arahan yang telah bapak beri kepada saya.. semoga smua bermanfaat dan kebaikan bapak dibbalas oleh Allah SWT dengan pahala yang berlipat ganda.. Aamiin..
semoga ilmunya bermanfaat bagi saya
terima kasih Prof
makasih
Silabus tentang mata kuliah desain penelitian agar lebih diperjelas sehingga tidak ada redudance pengajaran sebelum dan sesudah UTS dengan dosen yang berbeda.
Terima kasih Prof atas bimbingannya, semoga kedepannya menjadi lebih baik dari yang sebelumnya. Amin.
sebaiknya di pertahankan yang sudah ada saat ini, kemudian materi lapangan di perbanyak mengenai konsep penelitian bagi mahasiswa.
Saya menyukai cara pengajaran dengan bersepeda keliling kampus UI
tips dan trick untuk jurnal internasional mohon ditingkatkan

-0-

Saran, kritik, ide, dan komentar untuk kelas kuliah: Teknopreneur (Teknopreneur-01)

disiplin, berdedikasi.. humoris, dan penuh semangat.. mantap
very inspiring
mata kuliah yang sangat menarik pakk!!
Luar biasa pak terima kash untuk sharing2nya. Terima kasih.

-0-

Saran, kritik, ide, dan komentar untuk kelas kuliah: Pengukuran dan Metrologi (Pengukuran dan Metro)

lebih bisa menciptakan suasana belajar yg kondusif
terimakasih pak
Like this

-0-

Saran, kritik, ide, dan komentar untuk kelas kuliah: Introduction to Mechanical Engineering (Introduction to Mech)

dosen paling keren,,, sukses terus pak !!
Saya kalah gaul. Dan kalah keren. Thank you pak, you are my inspiration!
saya merasa mendapat ilmu yang cukup banyak dari mata kuliah ini

 

Video berikut ini, hanya utk intermezo dan hiburan kita semata-mata:

Kata kunci/tag:

EDOM, Evaluasi Dosen, Etika, Responden, Skala,

Saran, kritik, ide, komentar, kelas kuliah, Introduction to Mechanical Engineering,

Pengukuran dan Metro, inspiring, Teknopreneur,Desain Penelitian, Enjiniring

Leave a Reply (boleh kasi komentar)