Ide Tulisan


Start 17 Okt 2008.

Ide tulisan yang muncul dikepala mau saya tarok disini, dengan demikian diharapkan kalau idenya sudah saya posting, maka mau gak mau musti ditulis juga karena blogger mania turut melihat dan memonitor. Gagasan ini muncul gara2 kemarin saya jadi asesor serdos (sertifikasi dosen), waktu kami memeriksa dengan membaca tulisan para dosen, terasa sekali sulit kami menilai tanpa adanya essay atau cerita dari dosen itu sendiri yang bisa memenuhi poin2 penilaian. Mereka yang njawabnya singkat2 jadi akan mendapat nilai kurang. karena asesor tidak mendapatkan informasi apapun dari tulisan dosen yang serba singkat. Tapi memang disini diharapkan dosen untuk menulis (bukan guru dong kalo gak bisa nulis… kalau guru aja diharapkan nulis apalagi dosen). Jadi jangan jadi dosen bo’ongan yang cuman nyuruh muridnya nulis tapi dia sendiri gak pernah nulis.

Ide2 dari kepala mau saya tulis judulnya ajah.-

1. Tentang mengajar.

Diskusi kelas, Diskusi diluar kelas, ekskursi, praktek praktikum, tugas kelompok, kelas besar, kelas kecil, satu murid, transfer of knowledge, membangun motivasi, learning how to learn, training utk dosen, penyakit dosen, arti pendidikan, kurikulum silabus, pengembangan otak kanan, Influence of QL, mengetengahkan bahasa Inggris.

Good… I think it’s enough for today… 17Oct08.-

30 Okt 08

2. Pengembangan ilmu dengan penelitian.

Penelitian dosen, Skripsi tesis dan disertasi, peralatan, pengukuran, makalah dan seminar, karya berupa produk, perlunya kerja tim.

3. Peningkatan kualitas manajemen, pengelolaan institusi (perubahan pengelolaan, implementasi kebijakan dan dukungan institusi).

4. Kegiatan mahasiswa (kalo di serdos perubahan pengelolaan, implementasi kebijakan dan dukungan institusi).

5. Pengabdian pada Masyarakat (kegiatan dan implementasi perubahan, dukungan masyarakat)

6. Karakter, kendali diri, kesabaran, ekspresi perasaan, rasionalitas.

7. Etos kerja, semangat, target, disiplin, ketangguhan.-

8. Integritas, kejujuran, keteguhan pada prinsip, konsistensi, tanggung jawab dan keteladanan.

9. Keterbukaan terhadap kritik, saran dan pendapat orang lain, penyikapan penerimaan.

10. Peran sosial (kemampuan kerjasama, kemampuan komunikasi.

11. Orisinalitas (kreativitas dan inovasi).

Leave a Reply (boleh kasi komentar)