Kawah Putih nan Indah


Bisa dicapai kearah selatan Bandung k.l. 60 km melalui Jl Raya Kopo yang sayangnya sangat macet. Menuju ke Soreang lalu Ciwideuy. Pemandangan indah di kanan kiri jalan membuat mata tak menjadi bosan. Stroberi tumbuh dimana-mana sehingga setiap restoran disana menawarkan untuk memetik sendiri buah stroberi yang merah ranum. Gerbang masuk di hari sabtu 27Des08 itu sudah mengantri panjang mobil Jkt dan Bdg. Gerbang itu dibuka tutup per 15 menit saking penuhnya pengunjung. Motor tentu jauh lebih banyak dari mobil dan jumlahnya tidak lagi dapat dihitung, bahkan mereka berkelompong alias geng2an anak muda. Tapi semuanya tertib.
Jalan dari tempat parkir mobil hanya 100 meter saja, kawah sudah terlihat yang berupa danau, dan memang putih. Cuaca agak berkabut waktu kami tiba disana waktu sudah menunjukkan jam 15.30 sore mendung. Air danau yang hangat sungguh mencengangkan disuhu udara yang teramat dingin itu.

Mobil dan motor bisa sampai keatas ada tempat parkir diatas. Hanya harus hati2 karena jalannya sempit terutama harus perlahan bila ada mobil papasan. Lebih baik naik jeep daripada naik sedan karena kalau hujan pasti licin dan jalannya kurang terawat. Karcis masuk per orang Rp 11.000,- terasa mahal untuk fasilitas Pemda yang minim (mis toilet wanita ngantri panjang dan lama).-

Macetnya Jl Raya Kopo bisa juga dilihat di video berikut. Arah sebelah yg nuju Bdg lancar tp yg keluar dr Bdg luarbiasa macet. Jadi plis Hati-hati, kalo kesana baikan pagi2.

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s