Pengukuran Teknik 2010


*** PENGUKURAN TEKNIK 2010 ***

Midtest Pengukuran Teknik 30 Maret 2010. Ini videonya.-

Minggu depan pak ARIO akan mulai ngajar Metrology.

SAMPAI JUMPA…

Raldi A. Koestoer

—————————-

27Maret2010

Mhs lagi quiz di shoot video

kisi2 baru, pelajari pitot tube dan venturi buat ngukur apa sih ?

——————————-

Ralat 11mar10

wah salah bukan Rano tapi ABIB ya..

Bib tlg sms ketua group yg blm presentasi, mrk kudu present rabu n ketuanya suruh cari ruangan di gd baru aja kalo bs rabu jam 10 an..

Posting 11 Maret 2010

Berhubung selasa depan tgl 16 Maret libur, maka presentasi group kalau bisa dilaksanakan hari rabu 17 Maret. Untuk itu Rano coba cari waktu kosongnya pagi, dan cari ruangannya. Sebisa mungkin di t4 kita PTek itu kalo gak ada ya sebelah2nya. Kontak sy dg sms, Ok ? Enaknya sih jam 10 an ya, kl kepaksa ya jam 8 deh.-

———————
Posting 09Maret2010, 09:41 AM

Yah presentasi group nampaknya udah OK tuh… group yg blm tampil harap mempersiapkan diri dan berbagi tugas untuk bicara. Kalau bisa semua kebagian ngomong.-

Ini ada Kisi-kisi (nambah terus).-

P barometrik, P statik, dinamik, P vakum, P kritis, P superheat, P parsial, P jenuh, P relatif, absolut, Tek diferensial, Bourdon, P gage. Bila menjelaskan sesuatu harus selalu disertai dengan gambar.-

Satuan P, Bar, Pa, atm, torr, mmHg, mmAir, Tinggi (head) Tekan, Tinggi isap, Transducer Tekanan, Differensial Transducer, psi, psia, psig, psf.

Temperatur def, T air raksa, Termokopel (prinsip kerja), termistor, thermistance, Suhu kritis, Suhu jenuh, T cair logam, Suhu Tuang, T absolut, Celsius, Rankine, Fahrenheit, Thermo controller, bi metal, over-heating, Peltier, Joule-Kelvin, Termo-elektrik, RTD. PTRh, Chromel Alumet, JIS, BS, DIN, kalo standar amrik apaan ? Di Ind pusat pengukuran dimana ? Di plant, titik yg diukur jauh dari cabin-control jadi gmn ngakalinnya spy hemat.

Sistem Data Akuisisi, Umpan balik, op-amp, multiplekser, konverter analog digital, IC.

Posting

23Feb2010

Presentasi group 4 dan group 1, BAGUS…
Diharapkan pada kuliah selanjutnya group lain juga mempersiapkan diri seperti 2 group diatas.

Minggu depan tak ada tugas kecuali masing2 mengumpulkan CV pada ketua group dan kemudian ketua mengumpulkan pada HABIB ketua kelas.
And Habib kirim email attachment satu file ke saya

koestoer@eng.ui.ac.id

-0-

—————————–
Posted 12Feb2010
Tugas 3

Bikin 5 slides powerpoint. 3 slides ambil dari buku Pengukuran Teknik yang anda semua sudah memiliki CD nya. kemudian 2 slides lagi boleh ambil dari mana saja. Paling bagus sih tanya atau search sama asisten saya Dr Ir Google.-

Group 1: Bab 1 – 1.3
Group 2: Bab 1.3 – 1.6
Group 3: Bab 2
Group 4: Bab 2 juga (bab sama tp slide lain ya).-
Group 5: Bab 3
Group 6: Bab 3 juga
Group 7: Bab 4
Group 8: (kalo ada) bab 5

Dikumpul Senin tgl 22FEb10 jam 12.00. Habib bawa CD nya ke saya.

Bila ada yg kurang jelas bisa tanya melalui milis atau blog.

—————
Posted 10Feb2010

Tugas 2

Jawab 2 pertanyaan berikut:
a. Mengapa waktu pemanasan lebih lama dengan waktu pendinginan, saat anda memasak air dan kemudian mematikan api.
b. Berapa jumlah energi yg kita masukkan ke dalam air yg jumlahnya 2 liter.

c. Sorry ini tambahan utk tugas 2. Buat persamaan curve-fitting baik untuk pemanasan maupun pendinginan. Termasuk Deviasi standar dan errornya (R2). Semua dengan cara manual.-

Yg ini dikumpulnya Senin 15Feb 2010, jam 12.00.-

——————————
Posted 02Feb2010

Kuliah Pengukuran Teknik telah dimulai tgl 02Feb2010.
Telah dibentuk group dan subgroup dengan chairman masing dan kordinator kelas Habib.
Akan dibuat mailing list dengan moderatornya sdr Julius.
Peserta kuliah yg belum menjadi member, silakan mendaftar di
(…belum ada…)
Diusahakan untuk paperless dan bila mungkin tak ada ujian. Penilaian melulu dari tugas.

Tugas 1

Find the definition of
Variable, parameter, units.-
What are the difference between Engineering Measurement and Instrumentation.-

Masak Air 2 atau 3 liter, ukur suhu setiap menit mulai awal pemanasan sampai dengan air mendidih dan suhu tak naik lagi.
Lalu matikan api, dan ukur penurunan suhu sampai kembali ke kondisi awal.
subgroup 1 ambil data waktu pemanasan, subgroup 2 ambil data waktu penurunan suhu kembali. Catat juga suhu ambient sebelum dimulainya percobaan.

Tugas ini diperuntukkan bagi group per 6 org.
Kumpul tgl 08Feb10 Senin (Jam14-16) dari kordinator kelas ke saya dalam bentuk CD.
Burn CD by Nero and with mode of multisession.-

-o-

5 responses

  1. pak, ane wira dari kelas pak imansyah…mulai dua minggu kedepan diajar sama pak ario…mau nanya, download kisi-kisi perkuliahan bapak dimana ya?he2x…..sapa tau malah dikasih juga ebook pengukuran teknik…hihihi…trimakasih pak….
    =======================
    ya di teks ini, kamu terus aja lihat kebawah…

  2. pak,saya uda kirim file CV nya jam 10.30.file CV nya 1,45 MB,kalo bapak ga bisa download file nya ntar siang saya burning pake CD aja.terima kasih

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s