World Heritage


=0=

Kalau mau lihat Jembatan Teksas UI klik disini

https://koestoer.wordpress.com/candi-prambanan-loro-jonggrang/jembatan-teksas-ui/

If u wanna see Ujung Genteng, u just click here

 

https://koestoer.wordpress.com/candi-prambanan-loro-jonggrang/ujung-genteng-beautiful/

 

 

=0=

 

Candi Prambanan Loro Jonggrang.

Libur akhir tahun 2007 saya diisi dengan liburan bersama anak dan ponakan berkunjung ke bbrp tempat wisata diantaranya tentu candi Borobudur dan Prambanan. Nah ini dokumentasi seputar Prambanan.-

 

Nama lain dari candi Prambanan ini adalah candi Loro Jonggrang. Candi ini terletak diperbatasan Yogya dengan propinsi Jawa Tengah tepatnya 17 km dari Yogya ke arah timur.  Gugusan candi ini dinamakan Prambanan karena terletak di daerah yang bernama Prambanan. Sedangkan nama Loro Jonggrang berkaitan erat dengan legenda yang menceritakan tentang seorang dara yang jonggrang atau jangkung putri Prabu Boko.Kelompok percandian Hindu ini dibangun raja dinasti Sanjaya pada abad 9.  Ditemukan nama Rakai Pikatan menunjukkan candi ini dibangun olehnya. Kemudian diselesaikan oleh Rakai Balitung berdasarkan prasasti dengan angka tahun 856 Masehi. Gempa bumi dan meletusnya gunung Merapi menjadikan Prambanan runtuh tinggal puing yang berserakan. Itulah keadaan saat ditemukan.  

Diresmikan oleh Soekarno dan Soeharto

Pemugaran dilakukan sejak jaman Hindia Belanda dan baru diselesaikan lama kemudian tahun 1953 diresmikan oleh Bung Karno Presiden pertama Republik Indonesia. Pemugaran dilanjutkan terus sampai peresmian 1991 oleh presiden kedua RI Soeharto.Prambanan terdiri dari banyak Candi, candi Siwa terdiri dari banyak Arca, diantaranya: Arca Siwa Mahadewa, Arca Siwa Mahaguru, Arca Ganesha, Arca Durga atau Loro Jonggrang. Masih banyak candi lain yaitu Brahma, Wisnu, Nandi, Angsa, Garuda, Apit, Kelir, Sudut.Disekitar Prambanan juga masih disekitar Yogyakarta, banyak candi lain. Diantaranya Plaosan, Sojiwan, Boko, Banyunibo, Sari, Kalasan, Sambisari. 

Bekas gempa th 2006 juga kelihatan di candi Prambanan. Daerah candi sebelah luar kelihatan banyak bangunan yang runtuh sedangkan bagian dalam masih direnovasi sehingga masyarakat umum tidak bisa masuk ke dalam. Jadi rupanya candi-candi kita ini sudah sering mengalami kehancuran karena gempa bumi. Lalu dipugar lagi dan dipugar lagi. Kiranya perlu ada solusi teknis agar candi-candi ini bisa terhindar dari deraan gempa. Mungkin mereka yang mempunyai keahlian Teknik Sipil bisa membantu ?

 

Silakan lihat (bagian yg hancur krn gempa) :

 

Iklan

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s