THMT Teknopreneur 2015 V2


Teknopreneur  2015 V2 – UTS- 21 Okt 2015 – Raldi A. Koestoer.

Beberapa  ketentuan :

UTS ini dikerjakan di rumah dan dikumpul hari ahad 25 Okt 2015 jam 12.00.

Nama file nama anda (nickname), ditulis dengan MS-Word 2007/2010. Anggota kirim ke ketua group dan ketua kirim ke kordinator Pujo. Satu group satu folder. Kirim dg attachment email saja.

Bila anda menjawab  setiap pertanyaan dibawah ini dengan hanya 1 atau 2 kalimat saja, maka nilai anda adalah nol besar.

-0-

1) Definisikan dan Jelaskan masing-masing istilah dibawah ini

Dagang – Bisnis – Enterpreneurship – Teknopreneurship – dan Socio-technoprenurship

Lanjutkan dengan perbedaan dan persamaannya.

2) Kebanyakan dari kita setelah selesai kuliah S1 ingin  bekerja di perusahaan dan meniti karier terus disitu untuk kemudian menjadi seorang  professional baik dibidang  teknis maupun manajemen. Namun dari sisi pandang Teknopreneur  ada beberapa hal yang meminta perhatian  terutama apa yang diperkenalkan oleh Robert Kiyosaki yang membagi dunia kerja kita menjadi 4 kwadran E/B/I/S (Employee, Bisnis, Investment, dan Self-employed).

Jelaskanlah maksud RK dengan 4 kwadran tersebut, kembangkan jawaban anda dengan contoh dan bila mungkin dengan akibatnya masing-masing.

3) Kwadran manakah yang menjadi pilihan anda, karena kita sepakat bahwa bila nanti selesai kuliah anda  akan menjadi seorang teknopreneur atau minimal enterpreneur (wirausahawan). Ceritakan tentang kwadran  pilihan anda dan kemudian bagaimana metodologinya untuk menggapai keinginan tersebut.

4) Menjadi wirausahawan bukanlah hal yang mudah, bahkan banyak hambatannya. Salah satu hambatannya itu datang dari keluarga sendiri. Apa yang anda lakukan bila orang-tua anda menentang cita-cita anda untuk menjadi seorang teknopreneur, mengingat dalam pelajaran di sekolah  guru sering mengingatkan « Jangan pernah menentang ibu ».

5) Bila sebuah visi diterjemahkan sebagai cita-cita, keinginan atau tujuan jangka panjang 15 tahunan, maka ceritakanlah secara jelas dan detai  tentang visi anda.  Apa  dan bagaimana  caranya agar bisa  tercapai.

6) Kuliah kita pernah membahas tentang Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence), perbedaan otak kiri dan otak kanan. Jelaskanlah istilah diatas dan apa kaitannya dengan teknopreneur ini.

7) Mhs UI apalagi dari Fak Teknik   terkenal pandai, selalu dapat nilai A dan IP  3 s/d 4 semua. Bila ada lomba young-entrepeneurship skala nasional dan internasional, mereka handal dalam membuat Business-Plan sehingga selalu menjadi  juara lomba. Namun setelah selesai kuliah tidak ada satupun dari mereka yang betul-betul menjadi seorang entrepreneur apalagi teknopreneur. Semua akhirnya jadi pegawai dan karyawan saja. Dimana letaknya kekurangan atau kesalahan dalam system kita ini ? Jelaskan pendapat anda dan kembangkan ulasan opini anda sekaligus saran solusinya.

8) Mhs tipe A adalah mereka yang waktu kuliah selalu dapat nilai A, mhs tipe C adalah mereka yang sering dapat nilai C. Jadi pastilah selama kuliah mhs A selalu jadi bintang dan dipuji oleh Dosen. Mhs A juara lomba ini- itu sedangkan mhs C  tidak pernah jadi juara apapun juga seringkali dilecehkan oleh dosen.  Namun setelah bekerja sekian tahun barulah terlihat bahwa yang jadi bos atau yang punya perusahaan malah mhs C, karena merekalah yang jadi wirausahawan, sedangkan mhs A jadi pegawainya bahkan juga jadi direktur perusahaan yang notabene adalah orang gajian juga. Pendapat umum mengatakan bahwa alumni yang sudah jadi direktur bahkan dirut adalah alumni yang sukses, padahal mereka itu pegawai juga atau orang gajian yang tidak beda dengan TKI, hanya gajinya saja yang besar. Mereka itu hanya follower saja, sekedar pengikut saja tidak pernah punya  keberanian ide dan kreatifitas untuk berwirausaha atau bikin UKM. Hidupnya sih memang aman tapi tidak pernah membuka lapangan kerja yang sangat diperlukan oleh negara ini.

Bagaimana penjelasan anda mengenai kasus mhs A dan C diatas. Kembangkan pendapat anda dan kaitkan dengan diri anda sekarang  ini.

9) Teknopreneur berbasiskan produk, utamanya produk teknologi (bukan produk kuliner). Sedangkan anda sudah bertekad untuk menjadi seorang teknopreneur sejati. Kalau begitu produk individu apa yang ingin anda buat ? Definisikan produk anda jelaskan dengan gambar dan mengapa anda memilih produk tsb. Bahas juga mengenai kemungkinan pasarnya.

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s