KKE 2012 V1


27 Maret 2012

Take Home Mid Test

THMT KKE 2012 (Dosen Prof Raldi A. Koestoer)

KENAIKAN BAHAN BAKAR MINYAK (BBM).

Issued 28 Maret 2012.

Alternatif 1. (boleh pilih salah satu ant alt 1 dan alt 2).

Pemerintah mengumumkan bahwa pada tgl 01 April 2012 harga BBM akan naik dari saat iniRp 4500 menjadi Rp 6000. Diskusi para pakar, perbincangan di media massa telah banyak dilakukan, ada yang pro dan ada yang kontra. Minggu-minggu terakhir ini mhs dari berbagai kota banyak melakukan Demonstrasi. Dipihak lain beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab ada yang tertangkap melakukan penimbunan BBM. Negara kita menghasilkan BBM tapi juga menjadi importer BBM, disamping harga minyak dunia terus membumbung diatas 100 USD per barrel minyak mentah sedangkan pemerintah menyatakan subsidi Negara setiap tahun sudah lebih dari 150 T rupiah.

Buatlah makalah minimum 4 halaman mengenai kenaikan harga BBM ini. Ambillah sebagai bahan referensi dari terbitan Koran maupun internet yang uptodate. Bahaslah mulai dari berapa ekspor dan berapa impor kita, kemudian perkembangan harga BBM mulai beberapa tahun yang lalu di negara kita, Cobalah perbandingkan dengan harga di negara lain baik di Arab maupun di Asia dan Eropa. Apa saja problem BBM di negara kita yang luas ini.

Bagaimana dengan kemungkinan pengembangan Energi terbarukan (EBT) bila harga BBM disubsidi. Apa usaha kita agar EBT bisa ditingkatkan penggunaannya. Bagaimana dengan penggunaan energy nuklir. Solusi apa saja yang anda tawarkan untuk menangani problematika energi di negara kita ini. Sajian grafik dengan analisa pembahasan menjadi poin yg penting dalam penilaian. Harus ada kesimpulan anda dibagian akhir makalah.

 

Alternatif 2.

Berkaitan dengan pamanfaatan limbah kalor, seperti yang pernah kita diskusikan didalam kelas. Beberapa kasusnya yang jelas adalah pembuangan kalor ke air laut di PLTU. Kalor yg diambil di kondenser secara besar-besaran dibuang ke laut.

Adalagi pembuangan kalor dikondenser sistem pendingin AC atau yang lainnya. Dan yang paling banyak adalah buangan kalor di mesin motor dan mobil.

Bagaimana memanfaatkan kalor yang terbuang itu ?

Sampaikan ide anda dalam makalah.

Makalah dibuat dengan MSWord 2007, dikumpul pada ketua group, lalu ketua group mengumpulkan pada ketua kelas. Ketua kelas kirim dengan attachment email ke dosen

pada tanggal 04 April 2012

(hari midtest anda, jam 12.00, dari ketua kelas ke dosen, kirim internet saja di Zip).

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s