Ujung Genteng beautiful

Ujung Genteng terletak di pantai selatan Jawa Barat. Kira2 satu sampai dua jam dari Pelabuhan Ratu. Kalau lihat peta maka garis bujurnya kira2 bisa ditarik lurus kebawah dari kota Tanggerang sampai ke pinggir laut kidul atawa Samudra Hindia (Indian Ocean).

Tulisan di blog ini memang bukan untuk mengekspos khusus obyek wisata lengkap dengan semua fasilitas dan obyek yang bisa dilihat, tapi lebih condong pada kepentingan untuk memperkenalkan bahwa masih banyak daerah atau lokasi di Indonesia ini yang indah pemandangan alamnya.

Obyek wisata lengkapnya bisa dilihat di website juga, silaka cari search ‘Ujung Genteng’ maka semua foto obyek yang ada disana bisa dilihat. Kami rombongan k.l. ada 15 orang, berkunjung saat liburan kemarin dari Jakarta jam 9-10 an sampai di lokasi jam 7 malam. Tentu itu sdh termasuk istirahat makanyang cukup lama di Rm Makan Tasik di Jl arah Sukabumi ke Pelabuhan Ratu. Beberapa obyeknya yg jelas menarik adalah Air Terjun sungai Cikaso, Sunset dan sunrise. Aneh ya… jadi baik sunset maupun sunrise bis kelihatan dari ujung genteng. Lokasinya tentu beda kira2 terpisah 1 km lah. Bisa begitu karena pantainya merupakan semenanjung (menjorok) yang miring kearah barat, karena itu juga dinamakan ‘ujung’ genteng.

Sunset di Ujung Genteng

Lokasi tempat melihat sunrise di ujung genteng dekat tempat pelelangan ikan. Pantainya agak kotor berserakan bekas botol aqua dan makanan basi. Plastik juga, sayang tak dibersihkan oleh pemda, apa perlu dikelola swasta.

penyu bertelur

Kita bisa melihat Penyu bertelur di malam hari kira2 jam 23.00. Dari penginapan Pondok Adi naik ojeg ngetrail lewat jembatan batang kelapa kira2 1/2 jam lalu menunggu dalam kegelapan beratapkan langit penuh bintang saat tak ada awan. Tiduran di pasir pantai cukup menghibur hati karena selalu ada kunang2 yang menemani. Tapi jangan lupa banyak juga nyamuknya jadi pakai minyak sereh atau yang modern tapi ngerusak ya pakai Autan atau sejenisnya. Tapi kapan lagi kita tiduran di pasir pantai malam hari, dulu saya pernah waktu muda sering kemping, but it was 30 years ago…

Air Terjun Cikaso

Air terjun Cikaso dekat sungai Cikaso kita naik perahu dulu sebentar 10 menit lalu jalan 10 menit. Air terjun ini tingginya 30 meteran dan sebenarnya ada 4 air terjun satu yang besar sedang yang lainnya lebih kecil diseb kanannya.

Naik Perahu

Naik perahu menuju muara sungai cikaso dengan pemandangan hutan di tepi sungai.

Gua Lalay

Gua Lalay berisi banyak kelelawar agak bau pesing dekat areal PLTU (baru mulai dibangun tahap awal, rencana selesai akhir 2009), diantar oleh Kepala Proyek Pembangunan PLTU Pelabuhan Ratu pak Nonot Sukarnoto.

6 responses

1. wah.. 4-5 bulan yang lalu juga, saya sempat kesana..

airnya masih jernih banget, bersih, sepi pula.. Asik lah.. Yang paling seru itu, saat melepaskan tukik (anak penyu) ke laut..
    kita pegang sendiri tukiknya, gerak2 gitu ditangan, lucu..
    tapi sayang, kami gak sempet ngeliat penyu bertelur, pada ketiduran semua (maklum perjalanan pakai motor)…

sudah coba ke sawarna pak? disna pun oke punyaaaaaa