Inkubator Gratis di Jawa-Tengah


Hari jumat tgl 21 Juni 2013 kemarin telah diserahkan sebuah inkubator jenis Grashof kode B-01 kepada bapak Jos Istiyanto. Beliau akan mengurus peminjaman inkubator gratis untuk daerah Jawa-Tengah. Jadi untuk daerah Jawa-Tengah dengan lokasi inkubator pertama di Pemalang, minggu ini sudah mulai bisa operasional, demikian laporan beliau.

Berikut cara kontaknya online dan HP:

Bapak Jos Istiyanto, no HP +6287780977472,

Email : josist@eng.ui.ac.id

Dengan demikian cita-cita kami untuk memperluas kegiatan peminjaman gratis inkubator untuk bayi prematur ini sudah mulai dikembangkan diluar Jabodetabek. Insya-Allah suatu saat nanti akan ada di 33 propinsi seluruh Indonesia. Dengan demikian akan lebih banyak bayi prematur bisa ditolong dengan gratis tanpa biaya.

Peminjaman inkubator secara gratis ini adalah merupakan kegiatan pengabdian dan pelayanan masyarakat yang digagas oleh Tim Inkubator UI bekerjasama dengan Yayassan Bayi Prematur Indonesia. Sejak dimulainya peminjaman gratis ini pada bulan Januari 2012, telah banyak bayi prematur yang tertolong dengan inkubator yang dipinjamkan kerumah orang tua bayi. Selanjutnya ide pengembangan inkubator ditingkatkan lagi dengan merancang dan memanufaktur

INKUBATOR GRASHOF

yang spesial didisain untuk kepentingan HOME INCUBATOR, sangat hemat energi (sepersepuluh dari inkubator yg biasa ada di Rumah Sakit). Menggunakan sistem Natural Convection dan Natural Circulation. Sehingga tanpa adanya kipas angin maka inkubator ini menjadi ‘sangat silent’. Dimana derau kipas inkubator biasa itu seringkali melebihi 60 decibel yang sangat mengganggu bayi. Untuk kepentingan masyarakat gol menengah kebawah yang bayinya lahir belum cukup bulan, maka inkubator ini sangat cocok karena konsumsi listriknya sangat rendah. Kemudian beratnya sangat ringan hanya 13 kg sehingga mudah dibawa kemana-mana alias portable. Inkubator tepat guna dan canggih ini juga spesial dibuat untuk daerah di Indonesia, jadi sudah diperhitungkan dan diuji dengan kondisi suhu dan RH di negara kita. Untuk daerah pegunungan nanti heaternya yang hanya berupa lampu pijar biasa perlu ditambah wattage-nya. Pemeliharaannya sangatlah mudah dimana-mana kita bisa mencari spare-parts nya, jadi 100% bahan lokal (TKDN 100%). Inkubator ini tidak dipatenkan dengan maksud supaya semua rakyat indonesia di semua pelosok bisa bikin inkubator ini. Malah kalau perlu akan kami ajarkan bagaimana cara membuatnya.

Beji-20130624-01340

Hari ini rencananya ada 2 orang yang akan datang ambil inkubator karena bayi mereka terlahir prematur dan sekarang sudah berada di rumah.

Armada kami sekarang berjumlah 10 unit satu dihibahkan ke Jateng, dan kami siap membantu bapak ibu yang berada di daerah sekitar ibukota (bahkan s/d Cimahi Bandung).

Kami tidak memandang suku, agama, ras, kaya ataupun miskin semua tetap akan ditolong, tanpa pandang bulu. Juga bersamaan dengan inkubator akan dipinjamkan timbangan bayi mungil hasil modifikasi kami sendiri, sehingga setiap hari perkembangan berat bayi bisa dimonitor. Asupan ASI sangat dianjurkan karena dengan ASI eksklusif bayi akan cepat menjadi sehat dan normal kembali.  Mohon doa dari bapak ibu sekalian semoga usaha membantu menolong masyarakat yang mempunyai problem dengan bayi prematur ini bisa berjalan lancar. Dan untuk daerah Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek), silakan kontak

Raldi A. Koestoer

HP 0816-1992186, Email : koestoer@eng.ui.ac.id

– SAVE OUR BABIES –

Iklan

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s