Gasifikasi pengganti Bahan Bakar Solar


Gasifikasi Batubara Pengganti Bahan Bakar Solar. Seperti sudah sama-sama kita ketahui harga bahan bakar minyak meningkat dengan pesat. Bahan bakar solar sekarang harganya sudah mendekati Rp 11.000,- (sebelas ribu rupuah perliternya) untuk industri tanpa di subsidi. Jadi beruntunglah kendaraan bermotor (mobil) yg menggunakan bahan bakar solar masih membayar Rp 5.500,-. Mobil saya tuh… panther pakai solar, terimakasih pemerintah ya…

Namun banyak industri kita yang menjerit karena sekarang satu bulan bisa habis uang 100 juta’an hanya untuk membeli bahan bakar solar. Problem ini terutama untuk industri yang menggunakan solar sebagai bahan bakar boiler. Burnernya tiap hari kehausan minta disupply oleh ribuan liter BBM solar. Sakit kepala memikirkan pengeluaran untuk solar ini.

PT Sekawan Utama Internasional karena memiliki expertise di bidang Energi, berinisiatif untuk mengajukan proposal

GASIFIKASI PENGGANTI BAHAN BAKAR SOLAR

Jadi pengeluaran untuk BB Solar yang 100 jutaan bisa reduce jadi… maaf nih tak sombong.. bisa tinggal 25% nya saja (ini hanya sebuah ‘l’orde de grandeur’ pada kenyataannya bisa sangat variatif tergantung kondisi).

Mengapa bisa begitu ?

Karena kita akan menggunakan sistem Gasifikasi Batubara.

Jadi bahan bakarnya adalah batubara (padat) harganya kan murah dong karena Indonesia punya cadangan yang banyakdi berbagai daerah. Sekilonya sekarang kira2 Rp 1.500 – 2000,- (Sorry mungkin harga sudah naik sekarang, ini harga sebelum ribut2 booming batubara gara2 BBM naik pesat). Batubara ini dimasukkan kedalam reaktor dan ditumpuk didalamnya istilahnya unggun diam (fix bed) dibawahnya dikasi pelat dengan lubang2 kecil. Lalu udara ditiupkan dari bawah dengan laju tertentu, dan unggun ini diberi pemanas, lelatu api gitulah kira2. Dia menyala dan merambat kemudian sambil ditiup udara yang merupakan campuran nitrogen oksigen juga karbon moksida dan lain2. Terjadilah gas sebagai produksinya yang dikeluarkan dari pipa disebelah atas. Gas ini jaman dahulu kita kenal sebagai gas kota. Di daerah Menteng Jakarta jaman dulu kita menggunakan gas ini yang dialirkan dalam pipa2 kerumah didaerah elite itu. Apinya kalau dipakai masak di dapur kelihatan biru bersih. Berarti pembakaran sempurna, dan memang itulah proses yang selalu diinginkan dalam pembakaran karena emisinya rendah.

Dan untuk diketahui bahwa bahan bakar batubara ini bukan sesuatu yang mutlak. Dia bisa diganti dengan biomassa lain misalnya sekam, kayu, kulit kayu, tandan sawit tergantung industri anda punya limbah apa. Hampir semua biomassa bisa dipakai dan untuk itu kami perlu pra-studi dulu agar semuanya nanti bisa berjalan lancar.

Gasifier

Gasifier, salah satu model

Begitulah bila bapak dan ibu di industri menengah mengalami kesulitan dalam menangani masalah energi silakan kontak kami melalui:

PT Sekawan Utama International, Gd Lazuardi, Jl Kesehatan no 18 C, Pasar Rebo, Jakarta 13760 Ph. 021-87780245, 021-70459011 Fax. 021-87782863.

U.p. Bram +628159104502

So then.. What are you waiting for ? Change now your diesel oil burner to coal gasifier. It will help you a lot and we are always with you with the gasifier.-

— INI PRODUK DAN DISAIN DALAM NEGERI PAK… KITA MUSTI FIGHT DONG UNTUK MENGETENGAHKAN HASIL KITA SENDIRI… MERDEKA ! —

Iklan

11 responses

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s