Umroh Ramadhan bertiga


Umroh Ramadhan bertiga

Wuih… sapa bilang bertiga… kan ada 2 juta orang yg nemenin masa sih cuman bertiga, ya gak mungkinlah. Demikian banyak umat datang ke Mekah dengan niat yang sama untuk beribadah lebih khusu menghadap Baitullah. Pada periode puncak yaitu akhir 10 hari Ramadhan.

Al Mukarom Tuan haji al habib doktor Muhammad Idrus Alhamid, sudah melayang di peraduannya kelihatanya beliau tadi lelah sekali. Itu terlihat sejak sebelum qiyamulail yang makan waktu 2 jam dari jam 1 malam baru selesai jam 3 untuk 13 rakaat termasuk witir, menghabiskan waktu yang sama lamanya dengan taraweh dari jam ½ 9 s/d jam ½ 11 padahal untuk 20 rakaat. O ye… pegel kah ? gak usah ditanya… Itu kaki terasa bengkak dan makin lama makin membesar rasanya. Sohibnya si ’culik’ betawi bluntas juga uda gak sanggup melek. Dia Cuma sempet ngucap ” rencane kite pa’an ni ari ? ”. Belum saya jawab pertanyaannya dia uda tarik selimut en tidur lagi. Jadi inget lagunya mbah surip… bangun tidurrrr… tidur lagi….

Begitulah cerita pagi ini sekembalinya kami dari haram (masjidil haram di Mekah) kira2 jam ½ 7 pagi ba’da Subuh berjamaah yang adzannya mulai jam 5-5 menit. Sedang solatny amendekati ½ 6. Bersama Soni teman sesama anggota group umroh Duta Faras, walau jemaah tadi pagi sangat penuh, tapi kami malah kebagian di Multazam, tempat dimana doa kita banyak diijabaj oleh Allah SWT. Padahal awal2 waktu kami duduk, askar sduah mengusir kami sehingga harus cari2 tempat lain. Walhasil Allah menyediakan yang lebih baik utk kami. Makanya jangan terlalu kecewa, sesungguhnya jemaah diminta lebih sabar dan sabar, niscaya akan diberi t4 yang lebih baik. Sebelumnya waktu qiyamulail begitu juga, sudah diusir askar, tapi kemudian dapat t4 yg lebih baik, Allah memberi rizki dari t4 yg tidak kita duga sebelumnya. Percayalah hanya kepada Allah.

Kamis malam jumat kami tiba dari Madina menjelang sore malam. Bila tak salah tgl 10 Sept 2009 equal dengan 20 Ramadhan 1430… bener gak tuh ? Solat taraweh malam hari tak lagi ditutup dengan witir seperti sebelumnya karena mulai malam nanti akan ada qiyamulail dan baru di akhirnya nanti ada witir yg dikerjakan 2-1. Seperti saya sebutkan tadi mulainya jam 1 malam dan kalau pada taraweh imamnya ganti di rakaat 10, maka pada qiyamulail imamnya ganti pada rakaat ke enam. Nampaknya mata saya uda kriyep2 nih… pemirsa TV… ntar disambung ya… maaf, mau mimpi dulu nih. (13 Sep n09, 23 Rmd 1430).-

Iklan

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s