PMK Kanguru untuk bayi


Mari lakukan kangooro mother care yaa
Lebih efektif, efisien, menenangkan, tanpa resiko, dan bb bayi cepet naik juga lho

Di tulis oleh dokter Agung Zentyo Wibowo

Sampai saat ini, informasi mengenai inkubator rumahan terus beredar. Bisa jadi ketika ada yang mendengar kabar bayi prematur, orang menyarankan menggunakan inkubator rumahan gratis, untuk meringankan biaya daripada dirawat di rumah sakit.

Masalah pada bayi prematur bukan hanya pengaturan suhu tubuh. Semuanya berkaitan dengan organ yang belum matang, mempengaruhi risiko kondisi penyerta prematuritas yang bisa muncul.

Poin ketidaksetujuan kami atas inkubator rumahan ini salah satunya adalah, karena penggunaannya akan menjauhkan pasien dari penanganan yang seharusnya diterima sesuai standar, dan akhirnya cenderung menyederhanakan masalah. Pasien meminta pulang paksa dari rumah sakit, tidak mendapat informasi yang seharusnya diterima sebagai orang tua bayi prematur.

Maka ilmu sebelum amal itu penting. Daripada seolah berbuat baik, tapi memiliki potensi masalah kedepannya. Saran kami, agar relawan inkubator rumahan bisa mendekat ke tim ahli, para dokter yang kompeten dan organisasi profesi yang bergerak dalam kesehatan ibu dan anak, untuk membagi peran yang bisa diambil sesuai keahliannya.

(Disalin dari Facebook tgl 10 Maret 2017)

-0-

From Raldi (penggagas INKUBATOR GRATIS) :

Member kami ada 4 Dokter Spesialis Anak (satu diantaranya founder RSIA), 1 dokter SpAn ( Direktur RS di Tangerang), 1 generalis (di Salatiga), 3 perawat senior (dua diantaranya doktor  ilmu keperawatan) dan ada satu bidan didaerah Jonggol Bogor.