Berfilsafat dalam Surprise Party


Artikel ini disalin dari Jurnal Perempuan tanpa izin, kalau nanti diprotes, maka akan dicabut lagi dari blog ini. Salam.-

Wednesday, 03 December 2008
Kegiatan

Berfilsafat dalam Surprise Party

Jurnalis Kontributor: Reska M. Pratiwi

JurnalPerempuan.com-Jakarta. Perayaan ulang tahun ke-75 Prof. Dr. Toeti Heraty Noerhadi Roosseno, Departemen Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI) menggelar acara talk show “Filsafat yang Bercakap-cakap,” Rabu (3/12) di Balai Sidang Universitas Indonesia.

Talk show yang berdurasi sekitar dua jam itu membahas filsafat dari berbagai bidang. Prof. Dr. Ir. Raldi Artono Koestoer dalam makalahnya membahas kritik terhadap filsafat. Dia mempertanyakan di mana letak filsafat ketika bangsa Indonesia menghadapi banyak permasalahan, khususnya dalam bidang ekonomi, kesehatan, dan iptek. “Selama ini filsafat masih bersuka-suka sendiri dengan istilah-istilah hebat seperti ontologi, fenomenologi, dialektik dan sebagainya,” katanya. Maka, Raldi menawarkan solusi bahwa sudah seharusnya filsafat “turun gunung” untuk membenahi Indonesia yang sedang menderita.

Berbeda dengan pandangan Raldi, Prof. Dr. dr. Farid Anfasa Moeloek, Sp.OG lebih menyoroti filsafat di bidang kedokteran. Dia tidak menyetujui pendapat Bernard Show yang meyakini adanya “nabi” dan “setan” dalam gen. Dalam setiap gen terdapat informasi yang sama, contohnya sel kuku dan sel rambut. Namun sel kuku sudah diprogram atau “dinyalakan” menjadi “mode kuku” sehingga akan menjadi kuku saja. Demikian halnya dengan rambut, kulit, dan sebagainya. Gen inilah yang menyimpan informasi fisik, karakter, kecenderungan, dan tingkah laku manusia.

Farid juga mengungkapkan, “apabila kita dapat memperbaiki banyak ‘sistem’ dalam ‘kehidupan dan penghidupan’, melalui konsep yang lebih baik, lebih baik lagi dengan possitive thinking; dengan adanya interaksi dan interelasi antara faktor-faktor eksternal dan ‘gen’ di dalam sel, akan turut menyalakan atau menghidupkan dan memadamkan atau menidurkan gen-gen yang kita harapkan.” Jadi, meskipun tidak semua akan menjadi “nabi”; paling tidak, tidak semua akan menjadi “setan”.

Dalam acara hari ulang tahun Guru Besar Filsafat UI tersebut, Menteri Pemberdayaan Perempuan, Prof. Dr. Meutia Hatta, juga turut memberikan sambutan. Menurutnya filsafat dibutuhkan untuk menjawab semua persoalan yang terjadi sehari-hari. Sebagai kritik, ideologi filsafat dapat dijadikan dialog lintas ilmu untuk menghadapi karakter bangsa yang merupakan masalah multidisipliner. Selain itu, sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan, eksistensi filsafat diharapkan mampu mengajak setiap orang untuk berpikir jauh ke depan dalam menyikapi berbagai persoalan. Salah satunya soal kesehatan reproduksi perempuan yang selama ini masih menjadi urusan perempuan itu sendiri. Di akhir sambutannya, Meutia menyebut Prof. Toeti Heraty dapat dijadikan pelopor dalam dunia filsafat atas kontribusi yang diberikannya.

Seusai talk show, acara dilanjutkan dengan peniupan lilin dan pemotongan kue ulang tahun oleh Prof. Toeti beserta keluarga. Seperti perayaan ulang tahun lainnya, Prof. Toeti juga menerima tiga buah buku kenangan karya orang-orang yang terkesan pada kepribadiannya. Kemudian selepas istirahat makan siang acara dilanjutkan dengan pembacaan puisi oleh Rieke Diah Pitaloka, selaku murid Prof. Toeti. Hiburan tersebut sekaligus menutup surprise party yang dilakukan FIB UI dan keluarga besar Toeti Heraty di hari ulang tahunnya yang ke-75.**

Iklan

One response

  1. Sungguh menarik jika Prof. Dr. Ir. Raldi Artono Koestoer ahli filsafat mengkritisi filsafat itu sendiri. Memang seharusnya ahli-ahli filsafat ‘turun gunung’ untuk turut membenahi bangsa yang carut marut ini. Selamat ultah Prof!

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s