Kapita Selekta Energi Indonesia


Idenya muncul setelah selesai mengajar mata kuliah Konversi dan Konservasi Energi di Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Indonesia, pada semester genap tahun ajaran 2012/2013, yaitu antara awal bulan Februari s/d awal bulan Juni tahun 2013. Mengapa tidak  dikumpulkan  saja bahan kuliah dosen dan tugas mahasiswa yang berdasarkan pada kuliah yang berlangsung selama setengah semester tentang masalah energy actual di Negara kita. Seringkali mahasiswa yang telah menyelesaikan kuliah Konversi dan Konservasi Energi, kalau ditanya tentang masalah energy Negara kita seperti yang dibincangkan di Koran, mereka tertegun, bukan saja tidak bisa menjawab, malah tidak mengerti permasalahan actual energy yang dibahas di media massa. Oleh sebab itulah selama setengah semester dua kali seminggu mereka digodog dengan masalah energy yang selalu menjadi topic bahasan di media baik di dalam maupun di luar negeri.

Walhasil sekarang bisa dilihat hasil diskusi kelas yang intens tentang masalah energy Indonesia dan dunia, menjadi bahan kritik ilmiah yang mutakhir. Andaipun mahasiswa berdemo untuk menolak kenaikan harga BBM(Bahan Bakar Minyak), mereka sudah bisa memberikan komentar ilmiah kritis terhadap alasan mereka tsb.

Hari ini 21 Juni 2013, pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsidi jam 24.00. Setelah perdebatan tak henti di Koran dan TV, baik pro maupun kontra, masing-masing mempunyai alasan tersendiri (perdebatan itu tidak perlu kita perpanjang lagi disini). Namun harus diingat bahwa energy bukan sekedar berarti BBM yang berasal dari energy fosil saja, namun masih banyak lagi sumber energy lain non minyak yang lebih positif dan menjanjikan dalam arti lebih ramah lingkungan dan juga sumbernya terbarukan (renewable). Kuliah ini juga menanamkan keberpihakan kepada sumber energi terbarukan sehingga generasi mendatang diharapkan mampu menanggulangi problem energy minyak yang produksinya di Negara kita ini sudah semakin menurun ini.

Bila berbicara mengenai kepentingan nasional Negara kita, maka energy listrik yang sampai kepada pemakai (end-user), merupakan energy yang paling penting. Hal ini bisa diibaratkan sebagai darah bagi tubuh manusia. Sehat atau tidaknya tubuh manusia bisa diketahui melalui darahnya, dan selain itu darah inilah yang membawa zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh sampai ke ujung jari. Karena itu dalam membahas topic Konversi Energi, perubahan dari sumber asal energi (misal minyak mentah, tenaga air dari sungai dan bendungan, reaksi nuklir, sumber panas bumi) menjadi bahan diskusi utama. Dengan orientasi kepada bahan non fosil, maka kita menjadi lebih terbuka wawasannya dalam menyelidiki berbagai alternative yang mungkin untuk bisa menghasilkan listrik dihilirnya. Itulah sebabnya diskusi mulai sejak pembangkitan awal di PLTU, PLTG, PLTP, PLTN, PLTB, PLTMH, PLTS, sampai dengan konsumsinya untuk industry, transportasi dan rumah tangga, dibahas semua dalam waktu setengah semester dua kali seminggu @ dua jam. Mahasiswa sangat antusias karena apa yang dibicarakan di Koran sama dengan di dalam kelas. Bahkan persoalan yang muncul di media massa langsung dibahas dikelas dengan telaah kritis yang mendalam.

Titik berat pertemuan ini adalah masalah Konversi Energi namun masalah Konservasi juga tidak dilupakan. Dengan demikian dua topik besar ini bisa dikerucutkan menjadi 70% bahasan Konversi Energi dan 30% adalah bahasan Konservasi Energi yang mengambil bentuk Pemanfaatan energi kalor yang terbuang (Waste Heat Recovery).

Demikianlah telah di ekspos 13 topik dimana 8 topik diantaranya sudah  didiskusikan didalam kelas. Topik tersebut  dipersingkat bunyinya menjadi demikian:

1) Mikrohidro

2) Bauran Energi

3) Energi non-fosil

4) Energi Panas Bumi

5) Bahan Bakar Nabati (BBN)

6) Energi Nuklir

7) Manufaktur peralatan pembangkit skala kecil <25 MW

8) Energi Angin

9) Energi Surya

10) Disain peralatan pembangkit s/d 10 MW

11) BB utk transportasi dan Rumah Tangga

12) Biodisel dan jarak pagar

13) Gas LPG utk Rumah Tangga dan atau  BBG utk kendaraan bermotor.

Ke 13 topik ini  ditambah 4 lagi jadi:

14) Pemanfaatan Energi local utk daerah.

15) Pemanfaatan biomassa didaerah pertanian dan perkebunan

16) Teknologi baru transfer energy dgn laser, wireless dan atau elektromagnetik

17) Energi samudra, seperti tidal, OTEC, celah antar pulau dll.

Konservasi dalam bentuk Waste Heat Recovery (Pemanfaatan Panas Buang)

Bagaimana memanfaatkan energy yang terbuang atau menghemat membuat lebih efisien  di beberapa peralatan

  1. Condenser dan cooling tower dari sebuah pembangkit skala kecil.
  2. Air conditioning dalam gedung. Kalor yg terbuang di outdoor unit.
  3. Kalor terbuang di kendaraan motor dan mobil.
  4. Penghematan energy Rumah Tangga.
  5. Pemanfaatan kalor terbuang di tungku pengecoran logam
  6. Penghematan energy utk industry rumah.
  7. Pemanfaatan energy matahari untuk keperluan satu kampung yang terdiri dari 10 keluarga.
  8. Rancangan Rumah sejuk tanpa AC.
  9. Kalor buangan mesin disel static utk air panas losmen
  10. Konversi langsung energy matahari utk pompa air dg cara termodinamika.

Buku atau buku elektronik tentang Energi Indonesia akan diterbitkan di dunia maya dan akan digratiskan agar orang Indonesia bisa belajar dan mengetahui lebih banyak tentang problematika dan solusi di bidang energi. Terutama diharapkan generasi mendatang bisa lebih bijak dalam menentukan strategi pemanfaatan energi untuk kepentingan masyarakat banyak bukan hanya untuk kepentingan segelintir orang saja. Amanah konstitusi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa juga tercermin melalui penerbitan gratis dari buku ini.

Jakarta, 21 Juni 2013. Pukul 23.35.-

Raldi Artono Koestoer.-

3 responses

  1. Saya adalah pemerhati tenaga surya dan angin, dan juga penghematan energi. Sampai ke desain rumah yg hemat energi. Saya pernah diminta oleh penerbit untuk membuat buku. Andai banyak teman yg berminat mengsosialisasikan ttg energi yg berlimpah di bumi kita , maka aku berminat untuk gabung

  2. Salam kepada Pak Rladi Artono Koestoer yang budiman. Saya tertarik untuk mendapatkan e-Book tentang Energi Indonesia. Mohon info mengenai cara untuk mendaftar hingga menerimanya. Terima kasih. Semoga bermanfaat. (A. Chalid)

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s