Tersedak atau Keselek


Buat teman-eman yang sudah tua atau mereka yang sudah berumur diatas 50 tahun. Lansia mempunyai resiko lebih tinggi tersedak/keselek, karena menurunnya kemampuan otot kerongkongan.
Ini ada tip cara pertolongan pertama kalau tersedak, semoga bermanfaat…

Saya seminggu sekali suka keselek… Saya batuk2in aja di kamar mandi, terus keluar deh lendir2 campur sisa makanan… Jadi guyz, musti ke kamar mandi atau toilet dulu ya…

Juga bisa buat anak2 kalo tersedak ya …

(0:00) Tersedak bisa menyebabkan susah bernafas dan batuk-batuk. (0:04) Bahkan penyumbatan total jalan nafas bisa menyebabkan kematian lo. (0:08) Itulah kenapa tersedak bisa digolongkan sebagai keadaan yang sangat darurat dan butuh pertolongan yang cepat.

(0:14) Jadi sekarang, yuk kita belajar pertolongan pertama untuk membantu orang yang lagi tersedak. (0:20) Yang pertama, tetap tenang dan jangan minum air dulu, karena bisa mendorong makanan lebih dalam ke saluran pernafasan. 

(0:26) Yang kedua, usahakan batuk lebih kencang untuk membantu proses keluarnya makanan dari tenggorokan.(0:33) Kalau langkah tadi nggak berhasil, lakukan langkah yang ketiga. (0:36) Tundukkan kepala ke depan dan mintalah orang lain untuk menepuk bagian punggung sebanyak 5 kali. (0:43) Kalau nggak berhasil juga, lakukan teknik yang keempat, yaitu manuver Heimlich.(0:48) Lingkarkan tangan pada pinggang orang yang tersedak dari belakang, kepakan tangan kanan Anda, dan tutup dengan tangan kiri. 

(0:56) Lalu berikan tekanan kuat pada ulu hati sebanyak 5 kali. (1:00) Terus kalau itu terjadinya sama diri saya sendiri, gimana caranya dok? (1:04) Secaranya, letakkan tangan Anda di depan ulu hati, lalu gunakan ujung kursi atau tempat kesandar di kursi, lalu tekan sebanyak 5 kali.

(1:13) Yuk, share edukasi penting ini, supaya kalau terjadi hal seperti ini, banyak yang tahu cara mengatasinya.

Leave a Reply (boleh kasi komentar)