Sepeda Santri

Oleh : Hendri DS Budiono

Penelitian tentang sepeda sudah saya lakukan sejak tahun 2006…selain didorong tentang keingintahuan tentang sepeda akan tetapi sebenarnya “lebih banyak didorong kepada semangat menjadikan produk dalam negeri menjadi tuan rumah dinegaranya sendiri”.

Dunia pernah melakukan revolusi penggantian sepeda dengan alat angkut yang lain dengan bahan bakar fosil (baca …Bahan Bakar Minyak atau BBM) sekitar tahun 1960an…termasuk Indonesia juga kena dampaknya (ingat Jogjakarta sebagai kota pelajar dengan sepedanya berubah dan hilanglah sepeda tersebut).

Dikala saat ini bahan bakar fosil mulai menipis dan masyarakat sadar akan kerusakan lingkungan, kemacetan dimana mana, meningkatnya tingkat kecelakaan, maka kembali perlahan lahan dengan malu malu manusia mulai mencoba untuk kembali ke sepeda, ibarat (roda itu bulat suatu saat ada diatas dan pastinya yang dibawah akan muncul kembali)

Indonesia dengan lebih dari 245juta jiwa yang tersegmentasi pada usia semuanya pasti membutuhkan sepeda, ada kebutuhan sepeda untuk anak SD, SMP,SMA, Perguruan Tinggi dan Para Lansia jangan lupa untuk saat ini berkembang adanya sepeda untuk anak2 Pra Sekolah artinya kebutuhan sepeda tidak akan hilang selama adanya pertumbuhan penduduk.

Data tentang kebutuhan sepeda di Indonesia tercatat 6 juta sepeda dibutuhkan setiap tahunnya sedangkan kapasitas industri yang ada hanya mampu sampai dengan 2juta setiap tahunnya berarti ada peluang pasar sebear 4 juta sepeda dibutuhkan di Indonesia.  Menarik untuk dicermati karena industri sepeda di Indonesia ternyata tidak sepenuhnya murni melakukan disain dan manufaktur sepeda akan tetapi kebanyakan memilih cukup puas dengan melakukan proses perakitan yang sebenarnya hanya memberi kontribusi sebesar 10% dari cost of produk karena berdasarkan teori dan ilmu praktis yang ada 70-80% cost of produk ada pada tahap disain, harusnya kita tidak boleh hanya cukup puas dengan tersedianya lapangan pekerjaan.

Tidak mudah memang mendorong produk dalam negeri untuk bisa menjadi tuan rumah di negaranya sendiri, kerja keras harus dilakukan bersama sama dari semua kalangan baik peran serta masyarakat, pemerintah, swasta dan tidak bisa sendiri sendiri.  Bukti menguasai teknologi dengan menghadirkan sepeda “SeliqUI” sepertinya tidak cukup dan ternyata produk sulit bersaing dengan produk yang ada di pasaran apalagi ditengah pengakuan masyarakat yang masih cukup rendah terhadap produk dalam negeri. Diperlukan terobosan baru untuk dapat membukakan mata masyarakat bahwa produk dalam negeri itu ada dan harus diberi kesempatan untuk berkembang, yaitu dengan mencoba memanfaatkan dana CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan nasional, sebagai contoh Pertamina pada tahun 2010 sempat memberi kesempatan untuk membuat 2500 sepeda dalam waktu 3 bulan bagi anak SD kelas 4 dan 5 dan dibagikan secara gratis dan merata ke 5 wilayah di Indonesia (Medan, Palembang, Jakarta, Semarang dan Surabaya) sedang pada tahun 2011 kembali memberi kesempatan dengan meminta untuk membuat dan mendistribusikan 800 sepeda untuk wilayah makasar dan Sorong.  Apa yang bisa ditarik dari program ini adalah masyarakat akan tahu bahwa produk lokal itu ada dan bisa berfungsi selayaknya sepeda sepeda merk lain yang ada di Indonesia akan tetapi bedanya adalah di rancang dan dibuat oleh industri dalam negeri walau baru 65% dan 35% masih tergantung kepada komponen luar indonesia yang sebenarnya bisa juga dibuat sendiri dengan alasan jumlah kebutuhan. Tidak hanya upaya membukakan mata masyarakat karena program ini juga mendorong membantu sesama dan meningkatkan jiwa nasionalisme.

Tidak hanya berhenti sampai disitu tahun 2012 kembali terobosan dilakukan dengan meluncurkan program “sepeda santri indonesia”, yaitu mencoba menularkan ilmu perancangan dan manufaktur “low cost bicycle” kepada santri-santri pondok pesantren Hidayatullah, Kalimulya, Depok melalui dukungan program pengabdian pada masyarakat UI 2012 (mohon maaf bukan bermaksud mengagungkan satu agama dan harusnya bisa diterapkan disemua kalangan). Subhanallah pelatihan membuat dan merakit sepeda yang diikuti oleh 23 peserta siswa IPS  dan diselenggarakan hanya dalam waktu 7 hari bisa menghasilkan 3 buah sepeda dan sekarang setiap hari menjadi kebanggaan dan alat transportasi mereka selama di pesantren (lihat depoklik.com). Pertanyaan yang timbul kenapa kok santri yang diajarkan, banyak pesantren yang karena kondisi dan ketidak jelasan prosedur birokrasi terpaksa mengandalkan mencari dukungan dana kesana kemari (tidak semua), karena banyak juga pesantren yang untuk mewujudkan cita cita dan idealismenya didukung dengan dana dari usaha lain yang bermanfaat pada sektor non pendidikan atau mungkin dana dari donatur seperti yang mungkin sudah kita lakukan. Banyak manfaat sebenarnya yang bisa kita dapatkan kalau program ini bisa dijalankan, tidak kurang dari 5 butir keuntungan yang bisa kita peroleh, yaitu :

  1. Kita menyumbang demi makin meningkatnya penguasaan ilmu keislaman
  2. Kita membantu operasional pondok pesantren
  3. Kita membantu mengurangi pandangan sebagian kecil masyarakat bahwa pesantren adalah sumber dari teroris
  4. Kita menyumbang demi tumbuhnya produk dalam negeri
  5. Kita menyumbang demi anak anak yang tidak bisa bersekolah karena alasan transportasi

Catatan : kita adalah bisa individu atupun kelompok ataupun CSR suatu perusahaan

Gelar Ilmu dan Invensi

Berbagai produk hasil penelitian telah dipamerkan pada acara Gelar Ilmu di Balairung Univ Indonesia tgl 12-13 Sep 2012. Utamanya adalah hasil dari berbagai fakultas di UI yang telah banyak melakukan penelitian. Ada juga beberapa kerjasama dengan pihak swasta baik yang masih dalam perintisan maupunnyang sudah bergulir.
Paralel dengan itu diselenggarakan juga berbagai workshop. Salah satu diantaranya adalah workshop Komersialisasi Invensi dan HAKI. Telah memaparkan presentasinya Chandra Darusman dari WIPO Singapore. Radjuli dari kemenhukham. Disamping dua inventor Nasikin dengan produk Bio-Ad dan Raldi A. Koestoer dengan produk Inkubatornya.

Walaupun workshopnya mengenai komersialisasi namun produk inkubator yang ditampilkan malah khusus inkubator non-komersial. Hal ini disebabkan karena produk lanjutan ini sekarang justru telah melewati tahap komersial bahkan memasuki tahap non-komersil sehingga program yang dijalankan adalah murni untuk membantu bayi prematur secara gratis didukung oleh fasilitas dari Dep Teknik MEsin FTUI yaitu Program Peminjaman Inkubator Gratis untuk menyelamatkan bayi prematur didaerah Jakarta dan sekitarnya. Untuk itulah didisain khusus Inkubator Grashof yang menggunakan prinsip Natural Convection, dimensinya lebih kecil namun konsumsi energinya sangat hemat, 20 Watt saja.  Selanjutnya nanti bila ada yayasan yang mendukung akan dilanjutkan kedaerah-daerah lain, dengan demikian akan banyak bayi prematur bisa tertolong.

Sedangkan aditif solar Bio-Ad dari Prof Nasikin telah banyak digunakan oleh perusahaan besar diseluruh Indonesia, sejauh ini sudah lebih dari 20 perusahaan besar yang merasa terbantu karena dengan produk ini konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat. Testimoni dari perusahaan Tambang Newmont di Nusa Tenggara, menyatakan bahwa dengan Bio-Ad ini penghematan konsumsi mereka bisa sampai dengan 12,5%. Anda bisa bayangkan bahwa konsumsi solar di Newmont menghabiskan pertahun s/d 1 Trilyun rupiah, jadi penghematan 12,5% berarti 125 M. Wuuuiiihhh … seharusnya prof Nasikin berhak dapat separuhnya, itu saja berarti 62,5 M… Luarbiasa…

Lengkapnya acara workshop bisa dilihat dibawah ini.
Sesi 1
“Komersialisasi Invensi”
Membangun Strategi Komersialisasi, Proses dan Pencapaian
Pembicara : Mr. Candra N Darusman, Deputy Director WIPO
Singapore Office
Riset Pasar dan Valuasi Teknologi
Pembicara : Mr. Hariyanto Salim, Associate Consultant, Business Innovation Center (BIC)
Komersialisasi Bidang Teknologi
Pembicara : Ir. Razilu, M.Sc, Direktur Teknologi dan Informasi
Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual
Kementerian Hukum dan HAM RI*
Moderator : Henny Marlina
Diskusi
ISHOMA
Sesi 2
“Berbagi Pengalaman dalam Komersialisasi Invensi”
Aditif yang disintesa dari minyak kelapa sawit menuju komersialisasi
Pembicara : Prof. Nasikin (Inventor)
Inkubator Bayi dengan Sarana Pengarah Panas
Pembicara : Prof. Raldi (Inventor)
Moderator : Dr Aries.

Pilrek UI News #2

Newsletter # 2 Pemilihan Rektor UI

Pendaftaran Rektor UI dimulai sejak 8 Agustus-7 September dan terbuka bagi seluruh
warga negara Indonesia. Bakal calon dapat mengunduh borang pendaftaran serta
mengumpulkan berkas pendaftaran di situs. Seleksi administratif akan dilakukan oleh
panitia pada 27 Agustus-10 September. Setelah lolos seleksi administrasi, para calon
dapat masuk ke cyber campaign tahap 1, yaitu saat mereka dapat mengunggah
keterangan tentang visi, misi dan program kerjanya di halaman situs yang disediakan
panitia. Pada tahap ini, masyarakat dapat membaca semua hal yang diunggah para
calon.
Saat cyber campaign tahap interaktif, masyarakat (dari dalam dan luar UI) dapat
memberikan pertanyaan dan komentar terhadap BCR. Saat inilah, para calon dapat
menangkap aspirasi sivitas akademika UI, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
diajukan masyarakat.
Bakal calon yang lolos seleksi administratif akan diseleksi oleh Senat Akademik pada 25-
28 September mengenai kesesuaian visi, misi, dan program kerjanya dengan Kebijakan
Umum UI. Dari seleksi tersebut akan dipilih 5 orang yang menjadi calon. Para calon
tersebut kemudian diseleksi oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UI dengan
mempertimbangkan input yang diberikan oleh tim assessor profesional. Seleksi berupa
tanya jawab yang dilakukan oleh MWA UI (termasuk Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan) akan disiarkan melalui media massa. Rektor definitif akan dipilih oleh
MWA pada 9 Oktober 2012.

newsletter pemilihan rektor UI edisi 2 _final-1

Lihat BCR nya ada 17, klik saja

https://koestoer.wordpress.com/berita-ui/17-bcr/

 

Kwartet MAB di HBH FTUI lintas Angkatan

Kwartet MAB (Mata Air Biru, Tien-Ita-Diyan-Luki, ) ‘unjuk gigi’ pada Halal Bihalal Lintas Angkatan FTUI yang diselenggarakan oleh Manminsib dbk mas tris Budiono M. 02 Sept 2012 di gedung Lemhanas kebon Sirih. Diiringi oleh Nanta’s Band yang terdiri dari alumni dari Dep Tek Mesin (tua dan muda, anak dan bapak, Nanta M80, Iyan M06, Dani E08, Duan M05, & Arin FIB 09) .
Hadir mulai angkatan paling tua 64 s/d dengan Angk 93.
Banyak doorprize disebar diantaranya yang dapat sepeda lipat adl Anton Katili M71 dan microwave direbut oleh mas tris sendiri. Banyak yang hadir dibuntuti oleh cucunya termasuk MC mas Nardi. Sahibul bait Gublemhanas sempat juga mengiringi kwartet MAB ini dengan saxophone-nya.
Hadir juga founding fathers Bpk2 Boy Mewengkang dan Suhari Sargo. Acara fotow memotow lengkap utk tiap angkatan dan gabungan angkatan yg berdekatan. Pasti kita bisa lihat banyak foto di FB Manminsib setelah pertemuan HBH tadi. Tauziyah dari ustad Sofyan Harahap…luarbiasa.

Carek UI-1 dari FT tambah lagi

Ha…ha…ha…ini baru berita…
Atau ? Ini berita baru ? sebagian bukan berita baru sebagian betul-betul baru beritanya.

Jadi begini…

Dengar baik-baik ya… Duduk manis dulu lah…

s u d a h ?

Nah…Dengar ya,

saya sendiri juga baru tadi pagi dengarnya. Ini bukan berita resmi tapi boleh saya klaim setengah resmi.
Para alumni, dosen dan mahasiswa FTUI, kan sudah tahu kalau calon rektor dari FTUI ada beberapa. Kemarin alumni pada ribut di milis, pengen supaya ada konvensi agar calon dari FTUI kalau bisa berembuk supaya keluar satu nama saja.
Walaupun sudah berkali-kali saya bilang ke teman-teman alumni yang rada sok politik, bahwa hal itu tidak mungkin, toh beberapa kalangan berusaha mendesak supaya calon dari FTUI satu saja.

Ecek-eceknya supaya bisa dibilang kompak. Padahal tentu saja KOMPAK untuk TIDAK KOMPAK. Dari dulu juga kan begitu tapi kita pandai bersandiwara untuk pura-pura kompak. Terutama karena ada yel hohihohaha itu.

Forget all about that, now… lihat kenyataannya saja.
Sudah tahu kan calon yang empat orang itu. Sekalipun sudah tahu saya mau berteka-teki sedikit dengan mereka yang belum tahu atau disebut juga ‘kurang gaul’. Yaitu a.l. :

1) Prof RD gelarnya yg panjang saya gak tulis lagi deh, demikian juga dengan yg lain, tanpa mengurangi rasa hormat saya terhadap semua pencapaian calon-calon ini. Kayanya ahli energy.

2) Prof TI, yang ini saya yakin akan menang… lho kenapa ? …Menang tinggi soalnya.

3) Prof JW, mantan direktur, boleh Tanya atau tebak direktur apa.

4) Prof BS, gak usah ditanya friends FB nya ada 3000 an saking topnya.

Nah tuh sudah empat kan ?

Ya tadi pagi itu ada berita baru. Pertama waktu diberitakan sepertinya ada tambahan calon rektor satu lagi. Surprisingly…yang ini masih muda banget… Tapi jangan salah, portofolionya…boleh saya komen…

l u h u w a r b i h i y a s a h a…

Padahal kita-kita yang tua sih nyebutnya… wah tu anak baru lahir kemarin sore aja, koq udah berani maju… Eh liat dulu prestasinya, para seniornya aja kalah semua. Baiklokal, nasional, maupun internasional namanya terkenal bahkan dapat award segala.

Berarti itu calon rector yang kelima ya dari FTUI. Namanya saya singkat saja sehingga yang  kurang gaul jadi rada penasaran, Prof RR FT SR… tuh namanya panjang.

Nah ini sekarang calon ke enam.

Siapa beliau ?

Pernah menjabat di tempat tertinggi di UI…bisa nebak gak ?
Bener dari FT,
Jabatan tertinggi di UI ? Rektor dong ? Emang iya. Lho apa pernah ada rektor UI dari FTUI ?
Kan yang pernah ada cuman calon rektor UI doang ?
Bener emang…
Cuma meleset sedikit yaitu PLH Rektor alias Pelhar.

Nah tebak deh tuh dosen metal yang pulang dari Sheffield th 91.-

Udah ah enam orang…tak tertutup kemungkinan masih akan nambah lagi dari FTUI.

Dan kita harus bangga karena memang banyak jagoan dari FTUI yang memenuhi syarat utk UI-1, sedangkan dari Fakultas lain mungkin Cuma ada satu dua saja. Atau mereka banyak hambatan mental dari para seniornya, sedangkan di FTUI hambatan itu tidak ada sama sekali.

Bravo FTUI !

(Ral 270812-19.30).-

Mendikbud: Tiga Kriteria Calon Rektor UI

Mendikbud: Tiga Kriteria Calon Rektor UI
Oleh Didi Rustam – 24 August 2012 | 0 View
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mematok tiga kriteria utama yang akan menjadi tolok ukur pemilihan rektor Universitas Indonesia (UI). Semua kriteria itu berkaitan dengan personal masing-masing calon yang nantinya akan dipilih.

Kriteria pertama adalah rekam jejak calon terkait berdasarkan daftar riwayat hidup yang diterima oleh Mendikbud. Dalam daftar riwayat hidup itu, para calon juga diharuskan memaparkan alasan dirinya mencalonkan diri menjadi rektor UI, berikut visi dan misinya dalam mengelola kampus tersebut.

“Track record calon rektor itu yang terpenting. Maka kirimkan daftar riwayat hidupnya supaya kita tahu, dan apa yang akan dikerjakan jika ia terpilih,” kata Nuh, di gedung Kemendikbud, Jakarta, Jumat (24/8/2012).

Nuh melanjutkan, kriteria kedua adalah laporan akademis dan rekam jejak pendidikan para calon rektor. Dalam kriteria ini, para calon rektor akan dinilai seberapa besar sumbangsihnya pada dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi.

“Akan kita nilai berapa karya tulis yang telah dihasilkan, termasuk apabila ada prestasi lain yang pernah ditoreh,” ujarnya.

Kriteria terakhir adalah aksesibilitas masing-masing calon rektor, baik di dalam maupun di luar lingkungan kampus. Penilaian sivitas akademika UI akan menjadi pertimbangan pula.

“Masyarakat kampus menyukai, itu tentu kami nilai. Intinya kami punya perhitungan sendiri dan tidak bisa diintervensi,” tuturnya.

Mendikbud memiliki 35 persen suara dalam pemilihan rektor UI. Ada tiga opsi dalam pendistribusiannya, memberikan 35 persen suara kepada salah seorang calon, membagi secara rata kepada semua calon, atau juga membaginya sesuai proporsi.

Pemilihan rektor UI sudah berlangsung sejak 8 Agustus lalu. Setelah melewati beberapa tahap, verifikasi, dan kampanye, Majelis Wali Amanat UI (MWA UI) akan menentukan pilihannya pada 9 Oktober 2012. Rektor terpilih akan memimpin UI sampai 2017 mendatang.

Sumber: Kompas

Itikaf Sahur Masjid P Indah

Sahur di masjid Pondok Indah saat 27 Rmd versi pemerintah (krn versi Mhmdyh sdh 28 Rmd). Itikaf ramai dikunjungi jema
ah, namun panitia telah menyiapka area t4 parkir sebagai tempat penjual makanan untuk sahur. Berbagai menu tersedia dari sate padang sampai siomay. Parkir penuh hingga melebar keluar, jemaah pria dan wanita terpisah di depan dan di belakang. Banyak juga peserta keluarga termasuk bayi.

video berikut suasana itikaf di masjid alazhar kebayoran baru.

My I’tikaf

Sambil nonton acara di transtv, lucu juga judulnya ‘Orang Papua ke tanah suci’. Tokohnya Ahmad Hisein Agia, dari Sorong selatan, karena rajin dakwah dia dapat hadiah dari ‘kain ihram’ transtv utkbisa pergi umroh… Sungguh mengharukan. Tapi lucunya waktu dia naik jabal rahmah, dia berdoa minta diijinkan Allah untuk…. kawin lagi… Ada-ada aja.

Sepertinya cocok dengan apa yang saya saksikan di Kaimana. Disana ada masjid yang besar bahkan ada ‘kubah emas’nya walau tidak semegah masjid yang di Limo tapi untuk ukuran Papua masjid itusudah luarbiasa. Dan waktu saya berkesempatan solat disitu, ternyata umat islam orang Papua asli dan campuran papua ambon arab juga banyak disana. Bahkan ada kampung arab islam.

Yah ini mau nulis acara itikaf saya dimasjid Jakarta Selatan

Tgl 10 jumat malam – masjid Pondok Indah

Tgl 11 sabtu malam – masjid Elnusa

Tgl 12 minggu malam – masjid Attin

Tgl 13 Senin malam – masjid Al Azhar Kebayoran

Segini dulu aja deh yang saya tulis, sisanya ya pasti di masjid itu

Saya ajak ES, mitra bisnis muda, semoga nanti jadi jemaah itikaf yang rajin. Jemaah lama sudah tidak saya sms lagi, kiranya mereka sudah lebih rajin itikaf dari saya terutama di 10 malam terakhir Ramadhan ini. Banyak diantaranya yang itikaf di masjid jami dekat rumah mereka masing-masing.

Biasanya saya datang ke masjid sudah jam 11 malam. Tentu sudah bawa makan sahur sendiri, walau di 10 malam terakhir di masjid jami diatas banyak yang jual makanan, Jadi sahur tak perlu kuatir. Tetapi biasanya saya cuma beli kopi secangkir kopi item setelah makan.

Buat sahabat yang mau ikut itikaf di malam2 terakhir Ramadhan ini, silakan datang…sampa bertemu di masjid jami.

-0-

Editing 11 Agustus jam 13.55 hari sabtu.

Menuju PI dimalam hari saya kira kosong karena berangkat dari rumah di lebak bulus saja sudah jam 23.20. Tapi ternyata setelah lewat mall PI lalu depan masjid PI tapi dari seberang saya lihat arah balik jalan masih macet berat. Mau puter U-turn…wah ditutup… U-turn yg kedua ditutup juga. Huh…bisa muter dimana nih, sampailah akhirnya ke depan Gansi (Gandaria siti) baru bisa muter disitu, jauh banget. Dan… ampffuuunnn… macet pula lagi. TUh bayangkan kondisi Jakarta yang sudah sangat parah kemacetannya. Ditengah malam begini masih ada jalanan macet. Jadi deh sampai di masjid PI sudah jam 23.56 duh gila…terpaksa harus menenangkan kondisi dulu di ruang sholat masjid yang ternyata sudah dipenuhi banyak orang jemaah itikaf. Sambil kirim2 sms ke ES yg udah janjian.

Sampai jam 01.30 dinihari pembahasan bisnis dg ES berjalan terus. Huh orang2 pada baca Quran, kami berdua… Diskusi sambil belajar bisnis…istilah kerennya ‘financial engineering’, soalnya yang kaya gene di MBA udah gak ada pelajarannya. Mau tau buktinya ?

Tuh lihat pebisnis besar semua orang cina yg gak pernah sekolah MBA, sedangkan lulusan MBA semua jadi pekerjanya doang yg ngurusin kerjaan clerickel termasuk para lulusan UI apalagi Ekonomi UI (yg cuma jadi pengamat doang). Kebanyakan penyandang gelar itu hanya ngerjain bisnis ‘push-up’ naik turun tapi tengkurep terus. Tapi ngomongnya kaya orang jagoan gaya pebisnis besar.

Jam 02.00 semua dibangunin pengurus masjid karena qiyamulail dimulai dilanjut dengan muhassabah dan doa s/d jam 3.30. Everybody lalu menambil tempat utk makan sahur. Diluar juga banyak penjual makanan yang sdh disediakan tempatnya berikut dengan kursi2nya. Diluar banyak sekali orang muda naik motor sambil bawa bendera – sahur on the road – Tak ada satupun diantara mereka yang niat masuk masjid utk itikaf, malah kelihatannya banyak yang berpasangan dan pacar2an. Apa emang udah begitu modelnya sekarang, sahur on the road cuma jadi kamuflasenya aja ? Persis seperti inipun saya temukan juga di masjid Attin minggu lalu. Begitu banyak kelompok orang muda dengan motornya pria wanita, tak satupun yg masuk ke masjid utk solat malam.

Solat subuh jamaah dilanjut dengan ceramah ba’da subuh mengakhiri itikaf saya, semoga keberkahan selalu dilimpahkan pada kita diakhir bulan Ramadhan ini. Salam.-

UfMHuabchzI

Inkubator Grashof

Berbasiskan pada visi kami untuk menolong bayi prematur, maka muncul ide bbrp waktu yang lalu untuk membuat inkubator spesial yang hanya diperuntukkan menolong bayi prematur dengan sistem peminjaman inkubator gratis. Jadi tentu bukan untuk bersaing dengan produk lain dipasaran, karena alat ini memang tidak untuk dijual NOT FOR SALE gitulah ceritanya. Dengan demikian juga harus murah dan tentunya memenuhi persyaratan kesehatan dan keamanan. Jadilah setelah runding punya runding kami mendisain inkubator baru, yang namanya mungkin agak aneh buat yang belum pernah mendengarnya yaitu
INKUBATOR GRASHOF.
Buat mahasiswa teknik mesin, nah cari dulu siapa itu Grashof ?
Lalu mengapa kami menamakannya demikian, pasti ada apa2nya ya… Dengan menggunakan ilmunya si Grashof ini maka inkubator ini tidak lagi memerlukan kontroler suhu. Semuanya sudah diatur sedemikian rupa antara volume pada suhu yang dikondisikan dengan energi input yang diberikan dan aliran fluida yang terjadi secara natural.
So buat yang sudah bisa menjawab mengapa disebut dengan nama diatas, silakan tulis komennya. Dan tak lupa terimakasih pada Kristofer, yang dengan rajin mendisain dan menguji 3 model prototipe Inkubator Grashof ini.

Lihat juga di

https://koestoer.wordpress.com/pengabdian-masyarakat/video-incubator-grashof/

 

Mau lihat salah satu permintaan peminjaman inkubator ?

Lihat email dibawah ini, dan hal ini juga menunjukkan gundahnya para ibu bayi prematur karena mahalnya ongkos perawatan bayi prematur di Rumah Sakit.

-0-

Assalamualaikum wr.wb….

Saya baru saja melahirkan baby premature pada tanggal 31 July 2012. Baby di lahirkan karena saya mengalami penyakit PEB (PREEKLAMPSIA BERAT). Jadi terpaksa baby nya dilahirkan terlebih dahulu dengan alasan dokter SPOG untuk menyelamatkan Ibu nya terlebih dahulu. Baby saya lahir dengan berat badan 800Gr. Dan sekarang masih ada diruang NICU. Karena biaya di RS sekitar Rp.5.000.000,- / Hari, itu cukup memberatkan buat keluarga saya. Maka dari itu saya dan suami berniat untuk membawa pulang baby saya. Karena menurut dokter anak untuk masa hidup nya hanya sekitar 30%. Tetapi saya dan suami tidak putus asa dengan keputusan dokter. Saya ingin berusaha semaksimal mungkin untuk mengasuh, merawat dan menjaga anak saya yang bernama Ramzi.

Setelah saya browsing dan mencari informasi, dan saya menemukan website bapak yang bersedia meminjamkan alat incubator untuk baby prematur. Ada sedikit harapan yang sangat besar saya waktu itu, makanya saya mencoba untuk sms dan telp bapak. Siapa tau ada sedikit rezeki dan harapan dan mukjizat untuk anak saya Ramzi. Dan alhamdulillah bapak membalas sms saya. Harapan dan semangat saya dan suami menjadi bertambah. Mudah2an ini memang rezeki anak saya Ramzi.

Rencananya saya dan suami akan membawa anak saya Ramzi pulang kerumah pada hari Selasa tanggal 7 Agustus 2012. Setelah mendapatkan hasil semua check up dan usg kepala dan Jantung. Maka dari itu saya sangat berharap ada mukjizat dan rezeki buat anak saya kembali ke rumah. Kalau untuk hasilnya nanti seperti apa. Saya dan suami hanya bisa bismillah, tawakal dan berserah diri pada Allah SWT.

Berikut ini adalah data – data kami :

Data Bayi :
Nama  : Ramzi Ali Ramadhan
Lahir Tgl : 31 Juli 2012
Berat Badan : 800Gr
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Dilahirkan di : Rs. Hermina Bekasi Barat
Rencana Pulang : 7 Agustus 2012

-0-

Raldi A. Koestoer 07 Agustus 2012, Ramadhan pertengahan 1433 H.-…Franz Grashof (11 July 1826 – 26 October 1893).-

https://koestoer.wordpress.com/2012/02/07/pinjam-pakai-gratis-inkubator-bayi/

PKIM

PKIM Pusat Kajian dan Informasi Maritim, dideklrasikan oleh beberapa alumni dan dosen dari FTUI utamanya Prodi Teknik Perkapalan. Seminar INCAFO mendatang akan menjadi ajang uji coba untuk tampil ke masyarakat. Dideklarasikan di cafe Eclectic Citos tgl 02 Agustus 2012.
http://www.youtube.com/watch?v=-DL_ejxzbtg


Beberapa diantara yang hadir, mhn maaf kalau ada yang luput: Agus Muldya, Hilman, Markus, Gunawan, Nanda, Bowo, Baqi, Agus Pam, Yanuar, Bayu, Naryo, Raldi.
Mari kita dukung bersama.

My Comprehensive Health Report

Are you a Medical Doctor ?

If Yes, please send me your comments on my report below.

If You’re not… send also your opinion. We share everything concerning our health as an ‘over 50′ people.

This report was made by a magic analyzer machine, it takes only (not more than) 5 minutes. The sensor is a small steel pipe of 10 cm connected with a cable to the machine. And you just keep it with your finger for a couple of minute. Then… magic… your health condition appear in screen monitor and can be printed anytime. More than that, in file computer there is  (softcopy form) more complete report with 30 items plus. And if  you  print all the complete items you need more than 30 pages text report of your health.

What amazing machine… Do you believe it ?

-0-

Comprehensive Report Card

——————————————————————————–

Name: Raldi Koestoer Sex: Male Age: 57
Figure: Slightly heavier than the(163cm, 64kg) Testing Time: 2012-07-25 10:40

——————————————————————————–

About the probably hidden problems
System Testing Item;   Normal Range;   Actual Measurement;   Value Expert advice
Basic physical quality Water Shortage;   33,367 – 37,642;   27,575;   Work and rest together, make emotion stable, eat more foods for adjusting blood fat, such as lack fungus, fungi, vegetables and fruits, and eat less foods with high cholesterol, foods that have high salinity and high-fat foods.
Obesity Lipid metabolism;   1,992 – 3,713;   0,746;   More exercise, low fat, low calorie diet principles.

About the problems of sub-health trends
System Testing Item;   Normal Range;   Actual Measurement;   Value Expert advice
Gastrointestinal function Gastric Absorption Function Coefficient;   34,367 – 35,642;   29,769;   Eat more non-stimulating and digestible foods and vegetables on time, chew the foods thoroughly, eat less but have more meals, relax in eating, keep happy mood, pay attention to rest, and do not eat cold food.
Liver function Protein Metabolism;   116,34 – 220,62;   65,06;   Eat more foods rich of vitamins B, C and E, such as black fungus, fungi foods; eat less fried foods, and quit smoking, drinking and spicy foods.
Energy Production Function 0,713 – 0,992;   0,382
Detoxification Function 0,202 – 0,991;   0,074
Brain nerve Sentiment Index 0,109 – 0,351;  0,754 Reduce stress, pay attention to rest, eat less meat and foods with high cholesterol, eat more vegetables, quit smoking and drinking, and be able to do appropriate exercises, such as: walking, jogging, playing tai chi, etc.
Bone mineral density Osteoclast Coefficient 86,73 – 180,97;   195,20 Have a reasonable diet, increase outdoor sports, supplement adequate calcium, usually pay more attention to appropriate exercise, such as walking, jogging, etc.
Rheumatoid bone disease Degree of Cervical Calcification 421 – 490;   515 Eat less bean foods and soy products, and do not eat stimulating food, tobacco and alcohol.
Trace element Vitamin A 0,346 – 0,401;  0,311 Supplement corresponding lacking trace elements by using a variety of foods, or by using through drugs or health products, if necessary.
Vitamin C 4,543 – 5,023;  3,676
Endocrine System Thymus gland secretion index 2,967 – 3,528;   1,773 Recommends eating more high protein and vitamin B, C-rich foods,such as yam, soy milk, regular life, soothe emotions, can be practicing yoga.
Immune System Thymus index 58,425 – 61,213;  54,241 Psychological adjustment, optimistic attitude, and more with friends and colleagues, to participate in meaningful activities, to keep the body strong state.
Amino Acid Phenylalanine 0,731 – 1,307;   2,254 Comparison of amino acid-rich foods are fish, such as cuttlefish, octopus, eel, loach, sea cucumber, squid, silkworm, chicken, frozen tofu, seaweed and so on.In addition, like beans, legumes, peanuts, almonds or bananas and other amino acids than more.
Threonine 0,422 – 0,817;   1,615
Isoleucine 1,831 – 3,248;   5,108
Histidine 2,903 – 4,012;   5,363

——————————————————————————–

The test results for reference only and not as a diagnostic conclusion.

 

Guyz, I’ve been preparing

A FREE  MEDICAL CHECK-UP… for everyone…

Wait for sometimes… Tolong doa’in biar sukses.-

Salam Sehat Selalu.-

Adakah yang bisa menolong ?

Efektif sejak Jan 2012 kegiatan social kami di DTM-FTUI yang berawal dari program IMHERE membantu puskesmas dengan produk DTM dalam hal ini incubator bayi, berlanjut dengan – Peminjaman gratis incubator bayi – Kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu bayi premature yang harus dimasukkan incubator dengandemikian bayi bisa dirawat di rumah oleh ibunya.
Berbagai persoalan muncul, kebanyakan adalah karena kesulitan biaya RS, salah satunya bisa dilihat dari hubungan SMS, seperti yg bisa dibaca dari konversasi dibawah ini dari tgl 20 Juli 2012 s/d 21 Juli 2012.
Bila ada diantar pembaca yang bisa membantu orang tua bayi premature dibawah ini baik material maupun immaterial (fasilitas, koneksi dll), harap langsung kontak saja ybs, karena no HP ada tertera dibawah ini.
Menolong kaum duafa di bulan yang suci ini amatlah dianjurkan. (Raldi 23Jul12 ; 05.50).
–00—

XX: Mlam pak..bayi sya prematur,dan kami sudah belasan jt habis buat biaya,kami tdk snggup lgi msti berlama2 di rs ,krna biaya yg sngat mencekik kami.kalu bisa sya meminjam incubator untk anak sya pak cheryl namanya..trimks
Bisa pokoknya insya Allah kami usahakan… Nanti pagi sy sms lg…Raldi.
XX: Iya pak..byar brpa pak?Rs ank sya di mitra kemayoran smpai saat ini jg kami msh mncari buat kluarin ank sya,krna terlalu byk untuk ini itu..sya mau serahkan smua ini pda Tuhan dngan alat incubator ini,smua bisa beres.trimks bnyk pak raldi..sya dngan berry.
Gak bayar koq…gratis.-
XX: Trimks pak raldi..
Insya Allah bisa , tlg kirim info dg email (kalau ada, kalo gak sms jg boleh). 1) nama bayi 2)tgl lahir 3) berat lahir 4) nama ibu, HP, email 5)nama ayah, HP, email 7) alamat lengkap 8) R Sakit mana 9) Kapan bisa pulang.- Email saya koestoer@eng.ui.ac.id

XX: Sya tdk ada email ,FB sya ada. 1)chery tesalonika zefanya 2)12 juli 2012 3)880Gram 4)aina 5)tiberias 08176558887 6)baladewa kiri rt 05 rw 011 no 5,jak pus 8)RS mitra kemayoran 9)blum bsa plng ktnya pak..

Bila inkub ada di rmh apakah bayi boleh pulang. Bila memang demikian inkub sgr kami antar…
XX: Sya bingung pak ,msti bgaimana ngomong dngan RS ini.sya sih mau nekat aj dngan keadaan ini..tpi RS itu byk persyratan untk lepas dri oxygen2 itu,bpak ad kesimpulan dngan bayi berat 880g ?.trimks..
Ini sy konsul ke bidan, smg bs jd pertimbangan >> Maaf Prof br bls… Klo pendapat saya bayi dg berat 900 cukup berat tuk perawatan dirmh… Karna paru2 blm matang dia butuh 02,nutrisi nya dr infus dan ngt(selang makanan)…memang y utama inkubator supaya tdk terjadi hipotermi.,tp perlu perawatan khusus…o ya,bayi prematur jg rawan terjadi infeksi…trimakasih
XX: Prof kira2 ada dokter yg lebih murah tdk buat anak kami..krna kami sudah gk snggup dsni,trlalu besar biaya nya ditmbah dngan obat2an.
XX: Tq prof untk info ke bidan nya..
Emang brp sih biayanya sehari ?
XX: 10hri sja sdh hbis 20jt prof..
XX: Obat2an aja sehari kami mesti tebus 500rb..smpai tertingginya 1,7jt prof tq
Waduh mahalnya… Apa bisa cari RS yg lb murah…?
XX: Itulah prof..sya aja udh kelimpungan.cr2 info tpi kmi jg krng pngetahuan ttg RS prof..klo gk tebus obat mah msh bsa prof,mslhnya shari itu bsa smpe 700rban buat obat sja
Bisa minta obat generic gak ?
———

Dah mo puasa nih puas2in makan ?

Nah tuh lihat judul diatas, sering banget dicelotehin ama orang2 muda. Baik itu mahasiswa atau pelajar, apalagi para profesional muda dan juga pekerja muda. Semua berlomba ke kantin, restoran atau juga pedagang makanan kaki lima untuk makan2 bersama, traktir2an. Seakan dunia malah runtuh kalau sudah mulai puasa.

“Kan ntar gak bisa makan suiang lagi lho…jadi musti dipuas2in sekarang, sebelum nanti kalau sudah puasa kita gak boleh makan siang.”
Tuh begitulah mereka saling kompor mengompor untuk banyak2an makan menjelang puasa. Bahkan yang tua sendiripun juga ikut2an, gak peduli lemak sudah bergelantungan di mana2, cholesterol naik terus, gula darah meninggi. Mereka bilang juga “mumpung belum puasa nih.”
Sahabat semua… Inilah yang perlu diluruskan. Sekalipun sebentar lagi bulan puasa tiba, janganlah pakai ilmu aji mumpung yang rendahan itu. Kalau masih muda karena emang pengalaman hidup belum banyak ya saya maklumlah, walaupun tetap mengkategorikannya sebagai perbuatan bodoh dan rada kampungan. Kalau umur sudah lanjut udahlah, biasa2 aja kalau soal perut jangan berlebihan. Mulailah mengurangi bobot kerja, memperbanyak ingat kepada Allah SWT, ingat masjid, ingat panggilan sholat. Siapa bilang umur anda akan panjang ? Kalau besok tahu2 Allah cabut nyawa kita gimana ?

Jadi segeralah ubah tabiat satanik itu, percaya deh itu akan menjerumuskan diri sendiri. Dan norak gitu loh… Kalau anak muda norak sih emang udah jamaklah, tapi kalau udah tua masih norak juga kaya gitu… kelaut aja lo… Uda gak jaman kompor2an begitu, adu banyak makan, adu banyak makan kambing lagi… hu hu hu udah banyak sih yang ngerasain penyakitnya tapi kesombongan diri sering menutupi segalanya. Jadi terus aja pura2 sehat. Bodi udah gendut berat badan naik terus, malah nanti puasa juga makannya makin banyak. Berhenti makan sebelum kenyanglah, gak usah nanya2 lagi kerjain aja.

Momentum
Nah apa yang dimaksud momentum ?
Jadi kira2 begini jadikanlah bulan ramadhan ini sebagai momentum perubahan. Misalnya, kalau anda adalah seorang perokok, maka berhentilah merokok di bulan ramadhan ini. Semoga membawa berkah buat anda dan keluarga serta handai tolan. Sungguh akan banyak yang senang kalau anda berhenti merokok.
Kalau biasanya pulang kantor lewat jam 8 malam, nah sekarang pulanglah sebelum magrib. Jadi keluarga di rumah senang karena bisa buka bersama keluarga. Usahakanlah selalu sebelum magrib sudah ada di rumah. Para bapak apalagi para ibu yang berkerja, segera pulang kalau sudah jam 4 sore, biar nyampe rumah sebelum adzan magrib. Terus siap2 untuk tarawih. Setelah berbuka secukupnya.
Semoga bulan puasa ini membawa berkah bagi kita semua. Dan diakhir ramadhan 10 hari terakhir nanti, saya pribadi mengajak anda untuk itikaf bersama di masjid jami yang dekat dengan rumah anda.
Marhaban Ya Ramadhan…
-0-
Raldi 19 Juli 2012.-

Gas Bumi Bisa gantikan BBM

Abstrak disertasi A. Qoyum Tjandranegara, dengan judul:

GAS BUMI SEBAGAI SUBSTITUSI BAHAN BAKAR MINYAK:

OPTIMASI INVESTASI INFRASTRUKTUR DAN

ANALISIS DAMPAKNYA TERHADAP PEREKONOMIAN NASIONAL

Terbatasnya infrastruktur gas bumi adalah hambatan utama dalam memaksimalkan pemakaian gas bumi di Indonesia. Subsidi BBM telah lama membebani anggaran belaja negara, dan menghambat pemakaian energi lebih murah seperti gas bumi. Ekspor gas bumi lalu sebagai gantinya mengimpor BBM yang lebih mahal menyebabkan banyak kerugian finansial bagi Indonesia. Ditambah persepsi bahwa investasi infrastruktur gas bumi yang sangat mahal akan membebani negara dan membuat harga gas bumi kurang bersaing dengan BBM menghambat realisasi infrastruktur ini.

Tujuan penelitian ini, pertama, memperoleh gambaran apakah harga gas bumi di tangan konsumen masih cukup menarik dibanding harga BBM yang lebih mahal setelah infrastruktur gas bumi nanti terbangun dengan tingkat pengembalian investasi infrastruktur yang menarik bagi penanam modal swasta. Optimasi biaya total rantai suplai gas bumi, dilakukan untuk menekan harga gas bumi. Kedua, memperoleh gambaran berapa investasi infrastruktur gas bumi yang diperlukan untuk mensubstitusi sejumlah volume BBM dan berapa besar penghematan biaya operasi, impor dan subsidi yang ditimbulkan. Ketiga, memperoleh gambaran seberapa besar dampak substitusi BBM dengan gas bumi terhadap kinerja perekonomian nasional. Optimasi menggunakan non-linier programmingdiselesaikan dengan metode Generalized Reduced Gradient. Dampak substitusi BBM oleh gas bumi terhadap kinerja perekonomian Indonesia dihitung menggunakan ekonometrika.

Hasil penelitian ini menunjukkan harga gas bumi ditangan konsumen dengan pendekatan optimasi bisa dibuat antara 59 – 71% dari harga BBM di sektor transportasi, antara 57 – 63% dari harga BBM di sektor industri dan listrik  untuk satuan energi yang setara. Selisih harga yang cukup menarik bagi konsumen BBM pindah ke gas bumi. Nilai penghematan subsidi, impor dan biaya operasi berlipat-lipat kali nilai investasinya, lebih dari sepuluh kali untuk sektor listrik dan industri.

Dari aspek makro ekonomi, hasil penelitian menunjukkan bahwa substitusi BBM dengan gas bumi,  investasinya dan penghematan yang diakibatkannya, menaikkan PDB sekitar 1,64-5,14%, meningkatan pertumbuhan PDB sekitar 0,07-0,37% dan yang lebih penting, menurunkan pengangguran sebesar 6,08-44,23%, tergantung pada jumlah substitusi, pengurangan biaya energi dan subsidi yang dialokasikan kembali sebagai investasi dan harga minyak mentah. Inflasi sedikit menanjak akibat pertumbuhan PDB, perubahan nilai tukar Rupiah dan harga minyak mentah tidak secara signifikan mempengaruhi ekonomi makro Indonesia. Secara keseluruhan, substitusi ini meningkatkan kinerja perekonomian Indonesia secara signifikan.

 

Kata Kunci:

Investasi infrastruktur, optimasi, gas bumi, substitusi bahan bakar minyak, ekonometrika, kinerja ekonomi, Indonesia

Email Mencurigakan

Subject Bank Mandiri Pembaruan Penting
Sender Bank Mandiri Add contact
Recipient koestoer@eng.ui.ac.id Add contact
Date Tue 23:56
***********************************************************
Email ini encurigakan… Mohon pada mereka yg punya akses
untuk mengecek email sejenis ini…
Awaas ini yg jadi sasaran nasabah bank Mandiri
***********************************************************

Nasabah yang Terhormat,
Terima kasih atas perbankan dengan kami.
Silahkan login untuk memperbaiki informasi account online Anda

www.bankmandiri.co.id

Salam

Copyright 2009. PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. All Rights Reserved.


-------------- Lanjutannya edisi 19 Juli 2012 --------------------------


Dear Prof Raldi, terima kasih banyak untuk meneruskan informasi ini. Mudah-mudahan diantara kita tidak ada yang terjebak dan memberikan informasi berharga kita. 
Modus pencurian informasi account (identity theft) seperti ini dikenal dengan “metode Phising” dan merupakan salah satu bentuk social engineering yang banyak bertebaran internet.


Sayang copy-paste nya Prof Raldi kurang lengkap, sebenarnya di bawah kalimat “….Silahkan login untuk memperbaiki informasi account online Anda: ” terdapat URL (hyperlink):  www.bankmandiri.co.id


Link tersebut tampak seolah-olah memang benar dari Bank Mandiri, namun jika Bapak/Ibu klik, URL tersebut akan mengarahkan kita ke alamat lain, yaitu:



ini adalah alamat sebuah server yang berada di Yunani (gr = greece), yang akan mengambil informasi2 penting account nasabah bank, kartu kredit dsb.


Teknik umum yang sering digunakan dalam metode Phising adalah sebagai berikut:
  1. Penggunaan alamat e-mail palsu dan grafik untuk menyesatkan user sehingga terpancing menerima keabsahan e-mail atau suatu web sites. Agar tampak meyakinkan, pelaku juga seringkali memanfaatkan logo atau merk dagang milik lembaga resmi, seperti; bank atau penerbit kartu kredit. Pemalsuan ini dilakukan untuk memancing korban menyerahkan data pribadi, seperti; password, PIN dan nomor kartu kredit
  2. Membuat situs palsu yang sama persis dengan situs resmi atau pelaku phishing mengirimkan e-mail yang berisikan link ke situs palsu tersebut.
  3. Membuat hyperlink ke web-site palsu atau menyediakan form isian yang ditempelkan pada e-mail yang dikirim.


Cara Terhindar dari Phishing
Jangan mudah terpancing untuk mengikuti arahan/petunjuk apapun sehubungan informasi account, rekening dsb yang dianjurkan pada e-mail yang dilink ke situs tertentu. Jika Bapak/Ibu menerima e-mail sejenis ini dan mengatasnamakan suatu instansi, admin puskom, bank dsb maka berhati-hatilah. Dalam protokol standar keamanan informasi tidak dibenarkan melakukan up-date data, account pribadi, rekening dsb nya melalui sarana e-mail.
So just ignore it..! 

Wassalam

salman

FTUI bertabur bunga

Tanggal 13 Juli 2012, nampakny amerupakan tanggal yang istimewa di FTUI. Mau tahu ada apa di hari itu ?

Yang pertama adalah uklang tahun Dekan FTUI Prof Bambang Sugiarto, untuk usianya yang ke 25 tahun… tebak sendiri aja berapa usia yang sebenarnya. Yang kedua, inilah yang bikin FTUI bertabur bunga. Di seluruh halaman Dekanat banyak sekali karangan bunga warna warni, lihat saja di videonya… Ada apa gerangan?
Inilah hari promosi DOKTOR dari Dep Teknik Kimia, yaitu:

A. Qoyum Tjandranegara

mantan Dirut PN Gas Negara selama 10 tahun. Macam-macam lagi jabatannya selama karier di pemerintahan sejak 40 tahun yang lalu. Dan yang teristimewa adalah usianya…Berapa coba tebak ? Benar…tujuh puluh tiga tahun. Mereka yang muda tentu malu sama pak Qoyum ini melihat semangatnya yang pantang putus asa terus berlayar mengayun bahtera sampai ke pulau tujuan. Konon menurut promotor waktu untuk menyelesaikan penelitian ini 4,5 tahun.
Disertasi yang dipertahankannya berjudul: Gas bumi sebagai substitusi BBM optimasi investasi infrastruktur dan analisis dampaknya terhadap perekonomian nasional.
Dengan promotor Prof Widodo (DTK-FTUI) dan co-promotor Dr Arsegianto (Teknik pErminyakan ITB). Sedangkan sebagai penguji adalah Prof Sutrasno, Dr Sanggono Adisasmito, Dr Nuzul Achjar (FEUI), Dr Mahmud S dan Prof Raldi A. Koestoer.
Hadir pada kesempatan itu beberapaa tokoh dan politikus nasional diantaranya Fadel Muhammad, Ginanjar Kartasasmita, Djan Farid (menteri), dll. Sidang dipimpin oleh ketua DGB-FTUI Prof Harry Sudibyo.

Lembaga Survei Salah Semua

Berkenaan dengan pilkada DKI kemarin yang dimenangkan oleh Jokowi dan Ahok, apa yang diramalkan oleh Lembaga Survei ‘the so called independent’ ternyata…meleset semua… Alias ramalannya salah dan tidak benar kalau boleh dibilang salah seratus persen.

Gimana gak salah ? Lha wong semua bilang Foke-Nara yang bakal menang. Bahkan lebih dari itu ada yang sudah berani memastikan Foke-Nara bakal menang satu kali putaran saja. Komentar pengamatnya bermacam-macam, dengan mengajukan berbagai data yang menurut mereka valid sejak awal  tahun ini bahkan ada yang sejak Oktober tahun lalu, mereka mengatakan semua bilang Foke yang bakal menang. Foke paling populer karena dia incumbent dan orang asli betawi dan yang paling tahu tentang Jakarta. Ada yang berani bilang F-N 60 sekian persen jadi cukup sekali putaran saja sudah akan menang.

Dan bahkan si ahli Indobarometer yang digandeng oleh Metro-TV pagi2 waktu quick-count baru mulai dengan partisipasi 1-2% pemilih, tetap meng-agung2kan F-N dengan mengatakan 40% lebih suara utk F-N menurut hasil survei mereka. Sedikit demi sedikit keadaan berubah scorenya dimana Jokowi unggul dimana-mana dan si pengamatpun ngomongnya juga mulai berubah. Walaupun tampangnya sudah berbeda dari tadi pagi.

Beberapa diantara lembaga survei ini memang dibayar oleh calon yang banyak uangnya, itu sudah pastilah. Dan dengan sendirinya mereka akan berusaha membuat data mereka pro kepada yang bayar. Tetapi lembaga survei lain yang tidak dibayar oleh calonpun ikut2an berusaha memprediksi calon pemenang adalah  either yang banyak uang atau paling sering masuk TV dan media atau incumbent. Lembaga ini gak PD utk menyampaikan aspirasi masyarakat yang sebenarnya. Mereka ikut2 ama yang lagi kuasa aja… Suharto lagi kuasa ya muji2 Suharto, SBY lagi kuasa ya muji2 SBY, Foke lagi kuasa ya ikut menang2in Foke… Lembaga surbei macam itu lebih baik segera membubarkan diri saja, kelas kacangan banget, duit gak dapet ramalan salah….siapa yang mau percaya ?

Menurut Meliala pengamat politik dari UI. Fenomena dimana para kandidat yang punya uang membayar lembaga survei untuk memanipulasi data survei agar dirinya yang kelihatan bakal menang adalah seperti – orang jompo yang udah gak kuat bangun lalu minum VIAGRA -. Itu kata Meliala lho di TV, tapi saya kira dia pasti punya cukup alasan untuk mengatakan itu.

Nasehat u mhs dan alumni baru

Mhs yang baru ujian skripsi, datang ke dosen penguji utk minta td tgn sbg syarat utk kelulusan, artinya semua perbaikan sdh diselesaikan.

Bbrp mhs Teknik Mesin bimbingan prof Nandy, bersama datang utk minta td tgn saya dan juga bukan sekedar itu tapi minta kesan dan pesan utk angkatan 2008. Ringkasannya ada di video ini.

Thermo-hydraulics discussion 21 June 2012

http://www.youtube.com/watch?v=OI_ALSjTG-0

1 hour 40 minutes discussion of thermo-hydraulics phenomena in nuclear security. Case of two phase flow in narrow-gap. Took place in Engineering Center building, Fac of Engineering University of Idonesia, conducted by Prof Raldi A. Koestoer with Master and Doctorate Student. Among others, Mulya, Hadi, Wayan, Bu Yuyu, Muchsin…

Dosen Sombong Kena Batunya

01:34:48 +0000, yxxx@xxx.xx.ac.idwrote:

Assalaamualaikum wr.wb. Apa kabar pak raldi?

Semoga sehat pak. Saya ketika baca judul tulisan bapak, terus terang jadi ingin membaca kritikan pedas mahasiswa itu seperti apa, ditambah lagi tentang mk “etika terpuji” yang bapak ampu.

Semakin tertarik saya, namun akhirnya saya jd kecewa karena:

1. Judul artikel bapak sudah membohongi semua pembaca, lebih parah dari wartawan yang mencari berita dan judul sensasional. ini judul dan isi bertolak belakang banget!

2. sangat disayangkan terlebih lagi bapak mengajar etika terpuji, namun dalam membuat judul artikel saja sudah tidak beretika alias bohong.

3. Isinya semua pujian kepada bapak, sehingga ketika pembaca membaca judul dan isi, terasa bila yang membuat artikel ini ingin menyombongkan dirinya. Dan kembali saya tambah kecewa krn bapak ampu mk etika terpuji, tapi kok malah bertolak belakang. menurut saya, baru ini kritikan pedas.

Mohon maaf bila ada kata2 saya yang terlalu pedas, namun saya sebenarnya ingin saling mengingatkan saja dan terus terang saya tertarik untuk ikut kelas bapak walaupun setelah keluar artikel bapak tersebut.

Menurut saya, belum semua mahasiswa dan dosen tahu etika sehingga memang perlu untuk mengetahuinya.

Terima kasih sekali lagi, maaf atas kritikan saya, sukses selalu pak!

Salam Yxxx

-0-

On Mon, 18 Jun 2012 06:25:16 +0000, Raldi Artono Koestoer wrote:

ini Baru namanya betul2 KRITIKAN… Terimakasih atas ‘pujiannya’.-

Salam sukses.-

On Mon, 18 Jun 2012

 

Terima kasih atas tanggapannya.
Saya senang sekali atas tanggapan bapak.
Sukses so pasti untuk Bapak!
Salam
Yxxx

Piknik DTM-FTUI Juni 2012

Cuplikan acara liburan Dep Teknik Mesin FTUI dalam bentuk video.
Berangkat dengan Kereta Api Taksaka dari Gambir kamis Jam 08.00. Semua anggota keluarga sudah kumpul dan naik 2 gerbong sekaligus. Perjalanan lancar sampai Yogya, lanjut esoknya lihat Keraton Yogya, Parangtritis dan Sendratari Ramayana, tentu lengkap dengan santap siang dan malam berikut hiburan.
Kembali sampai di Gambir minggu jam 18.00. Semua senang dan gembira. Terimakasih untuk panitia yang dipimpin oleh pak Gandjar Kiswanto.

Jajan di PSK

Usai menguji ujian tesis S2 sdr Hadi Kusuma ttg – Rewetting in narrow gap – Bos Mafia Prof Nandy mengajak semua peserta utk – jajan2 di PSK -.
Hah ! abis ujian jajan2 di….? Gila apa ?
Sabar…sabar… masa penguji tamu yang notabene Deputi Batan Dr Ir Anhar Antariksawan diajak jalan2 ketempat gituan ? Yang bener aja, rusak banget nih si Mafia.

Jadi begini penjelasannya, di Depok dekat UI ada restoran dimana dosen dan karyawan sering sekali makan siang di tempat itu. Namanya PSK Singkatan dari Pusat Sate Kiloan. Nah kesanalah kami2 ini pada pergi makan siang. Sate kambingnya enak… empuk. Tapi jangan kuatir yang tidak bisa makan kambing karena kolesterol, tetap disediakan juga sate ayam.
BTW semua gembira karena menunya st kbg, st aym, tgsg, spkbg dan tgsg aym semuanya … maknyus.
Lihat lahapnya mereka makan di video…

Kritik Pedas pada Dosen

Kritik pedas dari mahasiswa pada dosen, di UI bisa dilihat pada EDOM – Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa. Nilai yang diberikan antara 1-6, satu untuk penilaian yang paling rendah sedangkan nilai paling tinggi adalah enam. Untuk mata kuliah yang saya ajar, Mahasiswa memberi nilai saya 5,3. Yah lumayanlah, saya tidak pernah memikirkan…ataupun terlelu peduli dengan score yang diberikan oleh mahasiswa.

Nama mata kuliahnya Etika Enjiniring, saya rubah menjadi ETIKA TERPUJI. Intinya adalah untuk apa memberi kuiah yg bentuknya hafalan. Kaya dulu waktu SMP SMA dikasi PMPT (Pancasila atau apalah namanya). Sedangkan semua peraturan sudah bisa dilihat dengan Google. Cara2 kuno itu cuma nge-bodo2in mhs saja. Padahal mhs ini pada pintar2. Jadi saya rubah m.k. nya dan model pembelajarannya, dan inilah kritik-kritik mereka.

Sesudah memberi nilai, mahasiswa boleh kasi kritik dan saran.

Tapi kritikan PEDAS mahasiswa inilah yang membuat saya

G A L A U atau GUNDAH GULANA

dan… kritikannya pedes banget, sehingga

SAYA SANGAT SAKIT HATI…(pernyataan ini nanti ada penjelasannya dibelakang).

Bagaimana tidak ? Coba lihat kritikan mereka seperti dibawah ini saya copy-paste…

———-

Saran, kritik, ide, dan komentar untuk kelas kuliah: Etika Enjiniring (Etika Enjiniring 05)
Prof, ngajarnya super banget prof, semoga ke depannya 
makin sukses ya prof
 
sangat senang bisa masuk kelas ini..
 
Sebagi masukan saja Prof, mungkin lebih ditambah 
wawasan keteknikan, jadi tidak hanya etika tetapi 
etika enjiniring. Terima Kasih banyak 
atas bimbingannya Prof.
 
Alhamdulillah, banyak inspirasi yg didapat di kelas ini, 
untuk Go Action, berbuat kebaikan utk sesama. 
Terima kasih Prof!
mudah-mudahan ini menjadi mata kuliah umum di UI
 
terima kasih pak atas kuliahnya kuliah yang sangat 
inspiratif
 
semangat mengajarkan "etika terpuji (sebenarnya)" pak raldi
 
Mantap banget Prof. Raldi. Super learning process! 
Excellent...
baru pertama kali saya menemui dosen yang mengajarkan 
ilmu bukan hal akademis, melainkan tentang moral 
dan etika. Terima kasih Prof. Raldi telah membuka 
mata saya untuk terus membantu sesama.
 
saya suka dengan cara mengajar bapak
 
Terima Kasih Pak
 
semangat pak buat menciptakan kader-kader terbaik bangsa!
 
jangan hanya memberikan izin kpd mahasiswa yg ikt lomba, 
tetapi juga kepada mahasiswa yg memiliki alasan yang 
jelas dan masuk akal
 
trimakasih atas perkuliahan semester ini pak..yang 
memotivasi saya untuk menerjunkan kehidupan 
saya ke masyarakat.
 
makash pak :D
 
Prof Raldi dahsyat
 
nice class sir!
 
nice class :)
 
terima kasih pak atas bimbingannya di kuliah 
etika terpuji ini, saya akan berusaha 
untuk selalu mempraktekkan etika terpuji
 
diluar penalti absen, pa raldi masih dosen 
favorit saya

NB: Judul diatas maksudnya hanya untuk menarik perhatian anda saja. Sehingga semua jadi tertarik untuk membaca artikel ini. Katakanlah judul itu hanya sekedar joking, maksudnya sebenarnya bukan kritikan tapi ‘pujian’. Terimakasih sudah membaca artikel ini.
please read one of the opinion of the students.
http://koestoer.blogspot.com/2012/06/students-opinion-of-ethical-subject.html
Ral (editing 15Juni12).-

Discussion of Thermo-hydraulics and Two Phase Flow

Master and doctorate students of the Mechanical Engineering, discuss the case study of two phase flow in narrow-gap. Conducted by Prof Raldi A. Koestoer, the topics elaborate from the case of single phase characteristic in vertical narrow-gap to its changing condition to liquid and gaz flow.

Fully developed Region will be our first investigation to make sure that in 2 phase, the gas appear due to the thermal action. Bottom limit and upper limit of Reynold number, become our range of vertical downward circulation.

Menolong Bayi Prematur

Judul diatas sudah menunjukkan maksud dari artikel ini. Yah betul, ini adalah sebuah program kemanusiaan yang awalnya digagas oleh Dep Teknik Mesin FTUI dalam program IMHERE dan kemudian dilanjutkan menjadi sebuah program dengan judul:

PEMINJAMAN INKUBATOR BAYI GRATIS

Bayi lahir prematur memerlukan penanganan khusus. Hampir setiap saat karena berat bayi sangat kurang (dibawah normal) biasanya malah kurang dari 2 kg, bayi memerlukan temperatur lingkungan yang hangat mendekati suhu kandungan ibunya. Begitu lahir, bayi belum memiliki energi yang cukup untuk sanggup menanggulangi perbedaan suhu sewaktu dikandungan dengan suhu udara luar, lebih parah lagi bila di ruangan ber AC. Bayi akan tampak gemetar kedinginan.

Selama di Rumah Sakit bayi tertangani dengan inkubator yang ada di RS, namun terkadangpun RS mengalami kesulitan bila inkubator kurang karena ada beberapa bayi yang lahir prematur. Bila tidak ada kelainan, bayi sebetulnya bisa dirawat di rumah asalkan ada inkubator.

Untuk itulah kami berinisiatif untuk meminjamkan inkubator buatan

Laboratorium Perpindahan Kalor Dep Teknik Mesin FTUI

yang akan kami antarkan ke rumah ibu bayi prematur. Sementara ini layanan kami hanya untuk daerah Jabotabek saja. Dan sejauh ini untuk mereka yang beralamat  didaerah Jakarta Selatan dan atau Depok, maka inkubator bisa kami antarkan sampai ke rumah.

Lihat salah satu kasus bayi prematur dibawah ini.

-0-

Komunikasi SMS dan Email.

Selamat siang pak. Saya baca dr internet ttg pinjam pakai inkubator,apa saat ini msh bs dipinjam/sewa? Untuk bayi saya yg lahir dgn berat 1440 gr. Terima kasih

Apakah anda punya email… Perlu bbrp data.-

Ini alamat imel saya  ayk.tf2000@gmail.com. Terima kasih.

On Jun 3, 2012 11:37 AM, “Raldi Artono Koestoer” <koestoer@eng.ui.ac.id> wrote:

Dear Ibu Ari,

Kami meminjamkan Inkubator bayi gratis untuk daerah Jabotabek.

Beberapa info yg kami perlukan.

1. Nama ibu, usia, email, no HP, alamat rmh lengkap, pekerjaan (bila ada).

2. Nama Ayah, email, no HP, pekerjaan.

3. Nama Bayi (kalau sdh ada), tgl lahir, di RS mana, berat lahir, kondisi kesehatan lain yg perlu diketahui.

Inkubator perlu listrik 200 Watts, dimensi inkub p 100 l 80 t 130 cm.

Bila anda tinggal di Jakarta Selatan dan atau Depok, maka inkubator akan diantar sampai ke rumah.-

Salam.-

Dear pak Raldi,

Berikut info yg diperlukan:
1. Data ibu
Ari Kx, 29thn, ayk.xxxxxx@gmail.com, 082125960xxx, alamat jl balai rakyat kav. xx no xx jagakarsa-jkt, pekerjaan engineer.

2. Data ayah
Sandy Trxx, 30thn, sandy.xxxxxxxxxxx@gmail.com, 081803115xxx.

3. Data bayi
Nadhilah Altaira Arsandy, anak pertama kami lahir 5 mei 2012 di RS. Bunda Jakarta dgn berat 1440 gram panjang 39cm.
Bayi dilahirkan prematur di usia kehamilan 34 minggu karena ibu mengalami pre-eklampsia.
Sejak lahir sampai hari ini masih dirawat di NICU – RS. Bunda Jakarta. Kondisi saat ini alhamdulillah sudah stabil sehingga dalam 2-3 hari ke depan boleh dirawat di rumah ketika berat badan mencapai 1800 gram. Namun sebagaimana bayi prematur yg rawan mengalami hipotermia/kedinginan sehingga kami memerlukan inkubator.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas bantuan nya kami ucapkan terima kasih.

Salam,
Ari

*) Kalo inkub diantar besok jam 10 an, apa ada org dirumah ? Perlu bantuan 1 orang utk nurunin inkub dari mobil.
Ok pak. Ada orang drumah, nanti saya bantuin nurunin. Terima kasih banyak atas bantuannya.
-0-
Demikianlah komunikasi diatas menjadi contoh, data apa saja yang k.l. diperlukan untuk peminjaman inkubator.
Kounikasi dengan SMS dan EMal tentu memudahkan kami untuk membantu sesegera mungkin, namun dengan SMS saja pun segala sesuatunya tetap akan bisa tertangani karena pernah kami membantu bayi hanya dengan komunikasi SMS saja. Sudah banyak yang terbantu dengan program ini sejak Januari 2012.
Tolong sebarkan pada teman, sanak saudara, atau siapa saja yang memerlukan peminjaman gratis inkubator untuk bayi prematur. Terutama yang tinggal di Jabotabek.
CALL SMS
INKUBATOR BAYI GRATIS
+62 816  1992 186
Atau Email    koestoer@eng.ui.ac.id
Baca juga artikel berikut:
-0-
Progres setelah beberapa hari.

Baik pak Raldi, saya akan coba masukan nya, mudah2an bisa mempercepat tumbuh kembang putri kami.
Saya juga akan coba sebarkan info ttg peminjaman inkubator nya.

Terima Kasih,
Ari

On Jun 7, 2012 8:57 AM, “Raldi Artono Koestoer” <koestoer@eng.ui.ac.id> wrote:Ibu Ari,

Foto-fotonya sudah kami terima, terimakasih banyak.

Spy lebih cepat tumbuhnya, bayi musti banyak diajak ngomong sama ibunya.
Sering-sering di ‘touch’ seperti seakan-akan dia sudah mengerti dan sudah balita.
Kalau bisa dikasi asupan ASI.

Semoga segera sehat dan normal, teriring doa kami dari jauh.

Tolong disebar luaskan – Pinjam gratis inkubator -.

Salam.

Raldi A. Koestoer

Baik pak Raldi, saya akan coba masukan nya, mudah2an bisa mempercepat tumbuh kembang putri kami.
Saya juga akan coba sebarkan info ttg peminjaman inkubator nya.

Terima Kasih,
Ari

On Jun 7, 2012 8:57 AM, “Raldi Artono Koestoer” <koestoer@eng.ui.ac.id> wrote:

Ibu Ari,

Foto-fotonya sudah kami terima, terimakasih banyak.

Spy lebih cepat tumbuhnya, bayi musti banyak diajak ngomong sama ibunya.
Sering-sering di ‘touch’ seperti seakan-akan dia sudah mengerti dan sudah balita.
Kalau bisa dikasi asupan ASI.

Semoga segera sehat dan normal, teriring doa kami dari jauh.

Tolong disebar luaskan – Pinjam gratis inkubator -.

Salam.

Raldi A. Koestoer

On Thu, 7 Jun 2012 07:57:47 +0700, Ari Kustiyawati wrote:
Pak Raldi,
Berikut foto putri kecil kami di inkubator. Per tanggal 6 Juni 2012  kemarin
sudah keluar dr rmh sakit.

Terima kasih.
Salam,
Ari

Bayi Prematur NADHILA

 

Lihat juga artikel di blog ini:

https://koestoer.wordpress.com/2012/02/07/pinjam-pakai-gratis-inkubator-bayi/

 

Ilmu Teknik Termal

Sebuah istilah yang saya terjemahkan dari Thermal Engineering Science, mungkin adajuga padanannya Ilmu Rekayasa Kalor, terserahlah mau pakai yang mana. Entah bagaimana asal muasalnya, saya sendiri juga lupa, pkoknya ujug-ujug saya ngasi kuliah informal bagi mahasiswa S2 dan S3 di Engineering Center. Sarangnya sempalan Dep Teknik Mesin FTUI, khususnya untuk bidang termal, dikepalai oleh… Siapa lagi biangnya kalau bukan… Boss mafia yang sudah terkenal didunia karena scientific papernya paling banyak citation-nya… Prof Nandy Putra.

Tanggal 26 Januari mulainya, dan sampai dengan tadi pagi sudah berlangsung 5x. Studi kasus yang awalnya adalah masalah termal secara umum berkembang menjadi kasus spesial di pendinginan reaktor nuklir, atau wabil khusus – Aliran termofluida dua fase di celah sempit. Sebenarnya ini adalah penelitian sdr Mulya Juarsa, namun sekaligus konsultasinya saya jadikan kuliah informal bersama dengan students yang lain, utamanya peserta S2 dan S3 untuk bidang termal. Oleh karena didalamnya banyak menyangkut masalah yang berkaitan dengan penelitian termofluida secara umum.

Kuliah pertamanya kebetulan di take video, sekalian saja saya minta copy-nya lalu saya upload di youtube kali-kali ada gunanya untuk student yang lain. Episode pertamanya,agak lucu judulnya saya kasi IBNU SINA… Yah tentunya karena didalamnya ada cerita tentang tokoh science abad 10 ini.

Mari kita lihat potongan pertama dari kulliah informal yang pertama ini:

http://www.youtube.com/watch?v=hOoNwA0E49M&feature=relmfu

Cerita tentang Newton dan Einstein

http://www.youtube.com/watch?v=F5wKD5jWqwU&feature=relmfu

Atau boleh juga diklik yang kedua ini:

Ada juga mengenai

Kerapatan volumetrik, energi matahari, sampah plastik, biobriket.

Juga ada cerita politik, korupsi dan gerakan mahasiswa dari dulu samapi sekarang. Nah saksikan saja, semoga kuliah informal yang lain bisa juga kami upload terutama untuk kasus

Termo-hidrolika, aliran dua fase pada celah sempit.-

Silakan tunggu uploading berikutnya.-

Kondisi Kesehatan Dosen

Seperti sudah diketahui sejak beberapa tahun terakhir ini dosen di Departemen Teknik Mesin selalu diperiksa kesehatannya (Medical-Checkup) secara teratur setahun sekali. Tentunya ini guna memenuhi ketentuan persyaratan standar ISO yaitu ISO 19000. Nah ISO 2000 kami sudah lewat, ISO 14000 itu juga sudah, lalu ISO 17000 (melenceng sedikit jadi 17025) juga sudah lewat. Maka inilah yg terakhir (akan keluar tahun 2014 bareng dengan pilpres) ISO 19000, kami telah mendahului, karena konsepnya sdh kami ketahui lebih dahulu. Betul begitu ? Gak lah… Ini kan becanda.

Kelanjutan dari MDU (Med CheckUp) adalah kosnultasi hasil pemeriksaan dengan narasumber dokter konsultan Gizi dan Kesehatan. Penjelasan panjang lebar dengan presentasi gambar dan teks, menjadikan tanya-jawab cukup seru. Ternyata dari diskusi terbuka mengenai, cholesterol HDL LDL, asam urat, batu ginjal dan prostat, ketahuanlah bahwa sudah ada dosen yang di VONIS kena penyakit Gula. Ada juga dosen yang secara taksadar mengaku kurang ‘perkasa’  disiang hari (…sssttt dimalam hari… apalagi…). Mulailah diblame beberapa obat yang maunya utk pengencer darah, atau juga penghilang lemak, atau obat spy tidak jadi batu ginjal, yang menjadi penyebab side-effect negatif itu. Dan anehnya tidak ada anjuran untuk berhenti merokok. Sebabnya adalah karena secara statistik ternyata katanya, orang yang merokok lebih banyak yang panjang umur daripada orang yang tidak merokok (tapi sakit jantung).

Sembari masing-masing merenungkan hasil uji kesehatan serta penjelasan dokter, mari kita lihat suasana diskusi dan konsultasi kesehatan di Dep Teknik Mesin FTUI.

Penyanyi mampir di kantor saya

Kala waktu menjelang sore jam menunjukkan sekitar 1630, selepas saya bicara di telpon dengan YS soal bisnis ‘perahu’ (ngomongnya rada keras-kerasan lagi)… Eh ada yang negur dari luar pintu:” Salamlekom boleh masuk ustad…”

Rupanya si Andi Nata Al Hajj, yang baru pulang umroh minggu lalu. Ditemani oleh seorang yang dipanggil ustadzah. Ngobrol ngalor ngidul tentang itikaf, juga foto saya yg dilukis hitam putih. Hobi musikpun jadi bahan pembicaraan kami, apalagi saya sebagai mantan pemain TPB The Professor Band. Seems every discussion fruitful and make us happy together.

Jebulnya kemudian Andi dan saya di potret malah, Lha saya juga mengambil kesempatan untuk memotret ustadzah ini. Nanti saya kasi lihat fotonya.

Tapi sekarang tebak dulu dong siapa orangnya ?

Beliau dulu penyanyi dan sekarang lebih terkenal sebagai ustadzah yang dakwah dimana-mana juga sering dakwah di tipi-tipilah pokoknya.

Lagunya begini nih:

NADA KASIH… kurasakan… dst

Juga ada lagunya dengan judul Sakura… tahu dong siapa…?

Herannya tuh  saya cuman ngerasa, koq rasa-rasa pernah lihat orang ini… Tapi dimana ya… Seperti DEJAVU gitu atau tepatnya PRESQUE-VU. Kalau anda masih tidak tahu artinya apa dua kata itu, please tanya asisten saya Dr Ir Google (Translate), dia dengan senang hati akan menterjemahkan utk anda dari Bah Prancis ke bah Indonesia.

Bahkan sampai mereka berdua pamitan pulang. 10 menit kemudia, saya sms si Andi, bunyinya begini:

– ya saya ingat skr, ibu muslimah itu kan ‘penyanyi jaman dulu ya’ … tp sy lupa namanya. Kalo gak salah beliau kan psikolog ya…

And then si Andi menjawab singkat…

Jadi siapa beliau penyanyi yang juga ustadzah ini ?

Ya’ betul…

….

N      E     N     O

W    A    R    I   S    M   A    N…

….

Anda gak percaya kan ? Nih saya kasi foto jepretan saya:

Apa buktinya ibu Neno ada di ruangan saya ?

Itu lihat background whiteboardnya, coret-coretan Thermo-hydraulics masih jelas terlihat, dan formula itu tentu hanya ada di whiteboard di ruangan saya, Takkan pernah ada coreng moreng seperti itu di tempat lain.

Jangan lupa ibu … foto saya sama Andi hasil jepretan ibu kirim via email. I really had a nice talk with you…

Let’s discuss again some other times.-

Ral – 24 Mei 2012.-

Solusi dari penyakit perut

Ingat cerita saya waktu pergi ke Kaimana seminggu… Walaupun saya bisa mengikuti hampir semua kegiatan yang digagas oleh pak Idrus, tapi rasanya tetap gak enak alias rada lemes. Mau tahu kenapa ?

Itu tuh kelemahan saya dari dulu kalo kemana-mana, yang paling saya takutin cuman ini doang, yaitu s a k i t p e r u t… saya bilang karena salah makan, alias kemakan cabe. Bukannya saya gak suka sambal, tapi kalo kena cabe rawit atau cabe ijo, selalu saja moncor2 alias diare. Jadi selama seminggu di Kaimana itu dari senin sampai kami bodi terasa gak enak dan berkali-kali BAB yg bntuknya cuma cairan butek aja. Tentu kepergian auh itu jadi tak nikmat, so sampai kamis dari senin itu saya rada lemes walau udah minum banyak. Barulah dihari kamis sore keadanaan jadi mendingan.

Lalu liburan tgl 17 Mei kami pergi ke Pekan Baru. Istri saya sudah cemas takut kalau saya kena diare lagi karena daerah situ kan terkenal makanan pedasnya almost everyday kita makan dengan cara orang sana. Tapi walhasil malah istri saya yg kena sakit perut sedang saya tenang2 saja.

Kirain cerita sampai disitu saja…bah ternyata tidak walau s/d minggu kami di Pekan Baru saya ok2 saja dengan semua makanan disitu tapi ternyata seninnya saya sakit perut lagi s/d pagi tadi masih juga terjadi berbagai kebocoran. Waduh kacau neeh… sampai2 saya umumin di FB bahwa perut saya melilit. Tentu ada yg kasih komen prihatin namun tak ada yg kasi solusi, apalagi sudah bbrp kali minum diapet yang katanya bisa bumpetin semua lubang atas bawah dan samping.

Terpaksa deh ilmu pamungkas dikeluarin alias panggil asisten saya yang selalu mbantuin kalo saya ngajar dikelas. Si asisten ini gak perduli kuliah macam apa dia tetap setia menemani jadi asisten. Siapa gerangan dia ?

Itu si Dr Ir Google… Siapa lagi orang yg bisa njawab semua pertanyaan.

So saya search lah dengan kata kunci spt beriikut:

– obat herbal alami sakit perut –

Bah… langsung dikasi tunjuk ke blognya ibu TETTY SIMANJUNTAK. Ini dia nama blognya: http://tettystak.wordpress.com.

Saya copy paste kali aja ada yang perlu solusi kaya saya. Sudah saya praktekan tadi pagi dan sampai sore ini sekarang jam 14.53 ternyata keadaan tetap under-controlled, alias gak moncor-moncor lagi. Nah ini dia obatnya.

-0-

Saya mau share sedikit, saya kena penyakit yang cukup langka, nama penyakitnya Colitis Ulcerative. Ini adalah penyakit perut yang cukup parah, dimana saya sering merasa perut kembung dan pengen buang angin.

Tapi sewaktu pengen buang angin kotorannya keluar juga. (Buang Air Besar juga). Sudah begitu, ada darahnya lagi, darahnya buanyak lagi. Saking seringnya saya BAB darah, HB saya menjadi sangat rendah sekali. Saya pun sempat pingsan beberapa kali.

Saya di diagnosa penyakit ini di negeri Belanda (melalui endoscopy), yg katanya dokternya hebat-hebat. Mereka malah gak tahu obatnya, saya malah dikasih obat paling ampuh dan sekaligus paling berbahaya di dunia yaitu: Prednison atou Osbason atau yg ada son-son nya lah. Ini memang obat paling ampuh di dunia. Para dokter bilang ini obat anti alergi. Semua penyakit sembuh kalo minum obat ini. Tapi obat ini hanya bekerja selama beberapa jam, Setelah itu anda sakit lagi. Kalo obat ini anda minum terus menerus efek samping Nya buanyak

Setelah saya pulang ke Indonesia saya sakit lagi. Semua dokter di Indonesia gak ada yg tahu obatnya.

(Semua dokter di dunia kali gak tahu obatnya).

Terus saya ketemu some one spesial yg biasa hidup di kampung.

Dia kasih tahu obatnya, dan gampang lagi.

Ini diagnosa saya sementara. Semua penyakit perut disebabkan oleh berkurangnya lapisan pelindung usus dan lambung. Sehingga asam yg di produksi oleh tubuh kita langsung mengenai usus dan lambung kita, akibatnya perut kita sakit ato kita merasa kembung. Pada beberapa kasus, bahkan terjadi pendarahan hebat pada usus dan lambung. Sehingga banyak orang bilang ususnya luka atau ususnya bolong. Padalah usus memiliki kemampuan recovery yg sangat hebat.

(Inilah kekuasaan Allah).

Obatnya gampang saja:

1. Ambil segelas air putih biasa (tidak dingin dan tidak juga panas)

2. Masukkan 3 sendok makan Tepung SAGU.

3. (Optional / boleh tidak, boleh juga iya) Masukkan gula jawa (Sesuai Selera)

4. (Optional / boleh tidak, boleh juga iya) Masukkan garam sesuai selera, untuk penyedap saja.

5. Minum deh.

Jangan di campur apa-apa dulu, karena saya kawatir campuran lainnya bisa menyebabkan iritasi pada lambung dan usus. Setelah meminum resep ini di jamin semua gangguan perut yg ada didunia Ini hilang. Perut terasa lega dan bisa buang angin dengan tenang, tanpa was-was akan keluar kotorannya juga :) Hal ini disebabkan karena SAGU yg kita minum mampu melindungi usus dan lambung kita dari asam lambung yg berasal dari tubuh kita sendiri.

Penyakit yg mungkin bisa disembuhkan:

1. Perut Kembung (orang bilang kena angin duduk)

2. Mencret

3. Buang Air Besar dengan darah.

4. Muntah-muntah

5. Semua gangguan perut.

Setahu saya banyak orang yg meninggal karena penyakit yg gejalanya mirip dengan penyakit saya. Saya jg tahu kebanyakan orang frustasi karena sudah berobat ke banyak dokter tapi tidak sembuh-sembuh.

Kalo ada di antara anggota milis yg sudah mencoba resep saya dan ternyata sembuh, tolong kirim email ke milis ini ya. Supaya makin banyak orang yg tahu.

Dengan demikian makin banyak orang yg bisa diselamatkan dan di sembuhkan. Saya juga sudah mengirim saran saya ke beberapa milis berbahasa asing, tapi mereka kebanyakan menganggap remeh dantidak mau mencoba.

Semoga bermanfaat bagi semua ….

-0-
Tuh ternyata semua dokter di dunia ini dibilang goblog ama beliau karena nyembuhin sakit perut aja pada gak bisa. Emang pada belajar apa aja sih di Fak Kedokteran ? Gitulah kira2 apa yang saya alami ini semoga bermanfaat buat anda yg mengalami hal yang sama. Nanti malam saya akan laoran ke blognya ibu Tetty itu, karena saya merasakan manfaatnya secara langsung.

Seminggu di Kaimana

Berangkat jam 01.30 dinihari ahad tgl 07 Mei, sebenarnya rada repot juga ya… Tapi begitulah rupanya bila kita ingin ke Papua Barat. Dipimpin oleh dosen UI yang sudah senior yaitu Muhammad Idrus Alhamid dengan tiga orang anggota yaitu Raldi A. Koestoer, Douglas Prabawono, Ahmad Rizali, tim berangkat untuk mengenal lebih dekat tentang pendidikan di Kaimana.
Kunjungan dari tgl 7 s/d 11 Mei ini adalah inisiatif dari kordinator tim sebagai hasil kunjungannya dulu tahun 2009 untuk kerjasama UI dengan daerah (KISDI). Hanya sedikit (sekali) dari peserta test waktu itu yang akhirnya bisa diterima masuk UI. Wajar saja, karena mereka yang dari daerah lain apalagi kota besar pastilah sudah banyak latihan untuk testing UI, sedangkan di Kaimana mereka samasekali tidak pernah ikut bimbel atau latihan apapun untuk bisa mengerjakan soal test masuk UI. Kan lebih baik peserta itu di bimbel dulu paling tidak sebulan, mungkin perlu lebih karena level disana pastilah banyak kurang disbanding dg mrk yg di Jawa.


Beberapa pihak dan tokoh yang jadi narasumber kami diantaranya, Wakadin Pendidikan pak Wahab Pical, Dinas pemberdayaan masyarakat pak Bahar, Bupati pak Mathias, BP Statistik pak Sismanto. Pada saat yang sama di Kaimana juga datang tim dari Ditjen PAUD. Adapun sekolah yg didatangi SMK Kelautan, SMK Effata, SMAN 1 Kaimana, Sekolah satu Atap di kecamatan Sisir yg kosong walau telah bbrp tahun dibangun, juga sekolah SD disitu. Sempat juga kami naik speedboat ke Triton yang indah. Dimana banyak pulau-pulau kecil sedang lautnya sangat bening. Pada kedalaman 17 m saja dasar laut bisa dilihat dengan mata telanjang.
Yang paling terkenal di Kaimana ini adalah… apanya kira-kira ?


SENJA YANG INDAH DI PANTAI KAIMANA… karena itu maka ada lagunya yang berjudul ‘Senja di Kaimana’ dahulu dinyanyikan oleh Alfian, tophitnya tahun 60 an.
Diskusi yang panjang dengan tokoh disana terutama dengan bupati akan dilanjutkan dengan beberapa action awal, utamanya adalah pendampingan utk melaksanakan rencana dalam bidang pendidikan.

Sebelum pergi di FB saya tulis

…kesanalah ku kan pergi…ke haribaan batas samudra…yang kala senjanya menyemburat terang…lalu perlahan merunduk…sembunyi dibalik cakrawala…sembari menghimbau putri malam…tuk datang memeluk bumi.-

Walau banyak yang kasi komen, tapi nyatanya tak ada bisa menerka kemana saya pergi. Artikel ini menjawab sekelumit puisi itu.-

Mahasiswa UI membantu kaum miskin

Nama baik Universitas Indonesia kembali terangkat, mencuat ke permukaan. Kali ini bukan di dunia internasional, bukan di jurnal ilmiah bergengsi apalagi di kongres ataupun seminar iptek yang canggih dan hebat. Tapi kali ini justru di kalangan masyarakat miskin, diantara kaum yang terpinggirkan. Mereka yang tidak pernah mendapat perhatian dari pemerintah, baik pusat maupun daerah. Orang-orang yang tidak pernah mendapat fasilitas pendidikan apalagi fasilitas kesehatan yang memadai. Mahasiswa langsung terjun ke tengah masyarakat yang kurang beruntung, untuk memberi bantuan dan secercah harapan serta sedikit kegembiraan dan mungkin juga secuil kenikmatan pada anak-anak orang miskin, anak yatim piatu, mereka yang tinggal di pinggir kali, bahkan di gubuk-gubuk pemulung.
Siapakah mahasiswa-mahasiswa itu ? Ide darimana koq tahu-tahu muncul keinginan membantu kaum miskin yang ada di sekitarnya ? Kaum intelektual yang biasa bergaul dengan buku dan computer, kebanyakan malah anak orang kaya, yang masing-masing punya laptop untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Kita tahu betul sekarang sekolah di UI bayarnya mahal, jadi tingkat social dari mhs sekarang memang tidak sama lagi dengan dulu.


So guyz, aktivitas ini bukan program dari universitas, bukan juga program dari fakultas. Biasanya kalau program yang diarahkan dari atas, tentu anggaran juga sudah disediakan. Kalau tak ada anggaran maka tidak ada kerja deh… Siapa yang mau kerja bakti tanpa dibekali dana yang cukup. Tapi yang ini berbeda sahabatku… Bahkan semua bantuan dan kerja ini kami tanggung sendiri biayanya dengan masing-masing iuran sejumlah uang yang mampu kami pikul, asli dari uang sendiri, jadi bukan dari pemerintah berarti juga bukan uang hak rakyat.
Inisiatifnya datang dari guru dan murid bersama-sama. Semua di-compile dalam bentuk proyek. Jadi brainstorming ide, lalu perencanaan, kumpul proposal dan budget. Minta ijin sana sini dulu dengan surat dari guru kelas ada juga surat keterangan karena mungkin kalau kita masuk lahan orang tanpa keterangan yang , sangat mungkin kita akan dicurigai. Disinilah intelektualitas diperlukan, siapa lagi yang akan menolong rakyat miskin kalau bukan mahasiswa. Etika itu bukanlah sopan santun, lihat saja mereka yang kelihatan santun di TV, bahkan cantik sepertinya pintar bicara politik karena memang wakil rakyat di parlemen. Tapi nyatanya mereka toh korupsi juga namun karena ‘pintar’ korupsinya jadi tidak bisa ketahuan. Intinya etika itu adalah AMAL PERBUATAN. So… disinilah tindakan nyata itu perlu direalisasikan.
Tugas utama di kelas Etika ini disebut Proyek Etika Terpuji, dari mulai ide awal, konsep, perencanaan, proposal, survey, eksekusi dan laporan final, total waktunya 6 minggu. Baru kali ini di kelas Internasional FTUI kuliah Etika diselenggarakan, walau di kelas regular secara parallel juga berjalan kuliah Etika tapi bahasan ini hanya menyangkut kelas internasional saja. 35 orang member of the class terbagi dalam tujuh group yang mendefinisikan sendiri proyek apa yang akan mereka laksanakan untuk menolong kaum miskin yang ada disekitar mereka.
Jadilah satu group yang dimotori oleh mahasiswa seniman, mereka bergerak masuk nylusup ke sekolah kecil anak jalanan yang tidak punya… yang tidak punya…apa ?
Yang tidak punya WC… duh jadi group ini nekad membuatkan WC untuk sekolah itu. Tentu mereka mengusahakan dari bahan-bahan yang sederhana saja. Mhs ganteng-ganteng ini tak canggung babat rumput alang-alang kemudian memasang triplek dlsb. Padahal di rumahnya sendiri saja mereka pasti tidak pernah membabat rumput. Group lain rupanya mereka ini pencinta lingkungan, sehingga di hari bumi mereka merayakan bersama anak-anak dilingkungan pinggir kali sambil memberi pencerahan dan bermain bersama kaum yang terpinggirkan (sampai kepinggir kali).
Ada lagi yang niat betul untuk membantu pemulung. Bahkan perkampungan pemulung ini memang sudah mereka datangi saat tugas awal visit yang lalu. Mereka bergerak membeli semen dan pasir untuk membuat tanggul yang kala banjir air masuk ke rumah pemulung. Mahasiswi yang kinyis-kinyis pun tak canggung mengangkat ember adukan semen pasir… Kan ada yang dari jurusan sipil, jadi semestinya mereka memang sudah pernah praktek bikin adukan semen pasir. Kalau anda tak percaya lihat saja videonya saat mereka tersenyum bersama pemulung diantara gerobak sampah. Group 4 punya ide hebat, mereka bikin kursus menjahit untuk anak yatim, sehingga diharapkan nanti pada saatnya anak remaja putri yang yatim ini bisa mendapat pekerjaan di konpeksi yang banyak memerlukan tenaga penjahit. Ada pula group yang bikin taman bacaan untuk anak, dengan maksud menanamkan sedari kecil rasa gemar membaca.Sekaligus mereka menyumbang buku dan memperindah ruang baca dan membuat acara cerita anak. Sehari bersama anak-anak merupakan sebuah kegiatan yang berarti bagi rakyat miskin.
Group 6 ini hebat juga mereka datang ke mushola dan segera memperbaiki dan membuat MCK dan memperbaiki tempat wudhu dengan menambah. Bahkan MCK ini merupakan bangunan baru. Koq tak bisa dipercaya… akankah budget mereka mencukupi, tapi konon mereka nyari sumbangan ke developer, yang penting MCK nya berfungsi. Yayasan Sahabat Anak dikunjungi oleh group 7 dengan 200 buku sumbangan, diantara anggota group mereka ini ada yang berkebangsaan Pakistan, sekalipun demikian si Nafees ini tak canggung bergaul dengan anak-anak di Gambir jakpus. Juga none Jakarta as one of the member, weekend itu jadi guru TK juga sehari. Kalau tidak karena tugas proyek etika ini kapan mereka akan sempat menghibur anak-anak miskin ini. Sekali lagi bila anda tak percaya, watch the video.
Terimakasih kepada mahasiswa yang telah mengharumkan nama UI, yang akhir-akhir ini menurun di massmedia karena berbagai hal yang terjadi ditingkat elitnya. Kali ini mengharumkan nama UI di mata masyarakatnya sendiri yang ternyata belum pernah disentuh oleh sivitas akademika. Bahkan pesan dari orang miskin itu terungkap dari laporan mereka “Adik-adik mhs nanti kalau sudah jadi pejabat, janganlah melupakan kami yang bergelimang sampah ini.”

Raldi A. Koestoer – 06 Mei 2012.-

Hadiah Boneka Mushmus untuk Guru

Peristiwa pemberian hadiah ini terjadi di kelas Etika tadi siang. Seperti sudah diumumkan sebelumnya melalui milis Etika, hari ini adalah saat pengumpulan laporan PET (Proyek Etika Terpuji). Hampir semua group sudah mengerjakan proyeknya, hanya ada ketinggalan satu group yg belum mengerjakan.
Group 3 dalam kegiatan proyeknya mengadakan Bimbel (Bimbingan Belajar) khusus untuk pelajar-pelajar yang tidak mampu selama empat hari di Bogor.
Kegiatan tsb ternyata sangat diapresiasi oleh mhs di Bogor (IPB) dan saat ditanya kepada salah seorang anggota group “Koq bisa mhs UI sampai menyelenggarakan bimbel gratis untuk anak tak mampu di Bogor”. Mereka menjawab bahwa ini adalah salahsatu kegiatan proyek Etika Terpuji yang menjadi tugas dalam mata kuliah ETIKA TERPUJI. “Koq ada ya kuliah semacam itu di UI, di Bogor tidak pernah ada tuh yang seperti itu”. Karena itu mereka menyampaikan sebuah hadiah untuk gurunya (dosennya). Nah inilah hadiahnya

Boneka Mushmus, souvenir boneka jamur tiram yang unik bersifat edible (dapat dikonsumsi).
Anggota group 3 dari peserta kuliah ETIKA TERPUJI semester genap tahun 2012 ini adalah: Riyadi Afdol, Anang Mandraguna, Iman Ramang, Abdullah Fahmi, M Dz Habibullah.

Mereka telah menyelesaikan proyeknya dengan berhasil dan dikelas tadi diadakan sedikit upacara serah-terima hadiah oleh Iman Ramang kepada guru Etika.

Kebijakan BBM di Cina

Oleh: Boby Surya

Cina, negara pemakai BBM terbanyak setelah AS, kembali menaikkan harga premium dan solar kedua kalinya dalam waktu kurang dari enam pekan. Harga premium naik 6,6 persen atau 0,44 Yuan per liter,solar naik 7,2 persen atau 0,51 Yuan .(ANTARA,2012)

Keputusan tersebut diambil menyusul naiknya harga minyak mentah ke Yuan-600 setara 95 dolar AS per metrik ton. National Development and Reform Commission-China, lembaga sejenis Bappenas di Indonesia, mencatat harga tiga jenis minyak mentah yang disurveinya telah naik rata-rata 10 persen.(ANTARA,2012)
Pemilik kilang minyak terbesar di Cina, Sinopec dan PetroChina, telah mendesak pemerintah menaikkan harga BBM agar sesuai dengan biaya produksi yang dikeluarkan.
Akibat kenaikan itu, beberapa hari kemudian harga sayur mayur di Beijing pun merambat naik.

Tak hanya itu, mulai akhir pekan ini warga masyarakat juga harus mulai membayar taksi lebih mahal jika bepergian lebih dari tiga kilometer. Jika sebelumnya mereka hanya membayar 2 Yuan (satu Yuan setara Rp1450), kini mereka harus membayar sekitar 3 Yuan. Kebijakan itu selain di Beijing akan mulai diberlakukan di kota-kota lain seperti Dalian, Kunming, Xiamen and Shaoxing.

Meski begitu, kenaikan harga BBM di China yang berlaku 21 Maret 2012 tidak disertai aksi penolakan apalagi unjukrasa besar di Beijing atau beberapa kota lainnya.
Semuanya berjalan seperti biasa tanpa gejolak. Semua memang dikendalikan oleh kewenangan terpusat yang merupakan bagian untuk menjaga stabillitas sosial ekonomi.
Kenaikan ini adalah kedua tahun ini dan datang saat pemerintah memiliki rentang yang lebih untuk menyesuaikan tingkat harga, sementara inflasi mereda dari tiga tahun tertinggi pada pertengahan 2011.

Komisi Reformasi dan Pembangunan Cina, dapat menyesuaikan harga BBM ketika harga minyak internasional bergerak dengan lebih lebih dari empat persen selama periode 22 hari kerja Beijing membatasi kenaikan dalam biaya bahan bakar untuk melindungi konsumen dalam negeri ketika harga internasional terus menanjak. Inflasi mereda bulan lalu menjadi 3,2 persen kecepatan yang paling lambat sejak Juni 2010 menyusul serangkaian kenaikan suku bunga dan langkah-langkah pengetatan moneter oleh Beijing.

“Inflasi tampaknya telah mereda, memberikan ruang untuk kenaikan harga minyak kedua (tahun ini),” kata Australia dan New Zealand Banking Group dalam sebuah catatan penelitian Selasa.

“Dampak langsung terhadap CPI (inflasi harga konsumen) akan dapat ditangani pada tahap ini.” Cina khawatir lonjakan inflasi membawa potensi untuk memicu kerusuhan sosial.

Sambil mengumumkan kenaikan harga BBM terbaru, pemerintah mengatakan akan menawarkan subsidi untuk sektor-sektor seperti mekanisasi pertanian dan sopir taksi untuk mengurangi dampak.

Inflasi yang melambat selama 20 bulan terakhir hingga Februari silam, membuat pemerintah China percaya diri untuk menaikkan harga BBM tanpa mempengaruhi tingkat daya beli masyarakat.

Pada Februari lalu, tingkat inflasi China sebesar 3,4 persen. Angka tersebut jauh dibawa target pemerintah sebesar 4 persen. “Ini langkah berani Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional kelihatannya inflasi turun cukup tajam akhir-akhir ini, jadi kebijakan ini diambil pada situasi politik yang pas,” kata analis Gordon Kwan dari Mirae Asset Management di Hong Kong.

Teknologi Anti-Gravitasi

Hmm… Anti-Gravitasi… Binatang apa itu kira-kira ? Kalau anda memegang sebuah benda ditangan anda dan kemudian anda melepaskannya… Apa yang terjadi ? Tentu benda itu akan jatuh kebawah atau dengan kata lain benda itu melayang kebawah. Namun bila yang terjadi kemudian adalah bila benda itu kemudian dari bawah melayang keatas lagi dan kemudian berhenti bergerak di dekat tangan anda tanpa anda memegangnya. Maka gerakan balik keatas dan kemudian berhenti yang berarti melayang atau ‘ngambang’ di udara itu adalah gerak Anti-Gravitasi.

Ya betul…Welcome…Selamat Datang di dunia Anti-Gravitasi. Di sini Anda akan menemukan inovasi Anti- Gravitasi, mesin Anti-gravitasi, penemuan gerak abadi (gerak terus menerus tanpa henti walau tidak ada sumber energinya spt batere), dan hal-hal yang jauh lebih menarik, terkait dengan teknologi Anti-Gravitasi.

Alasan utama untuk memperkenalkan teknologi ini karena keyakinan bahwa Anti-Gravitasi adalah mungkin. Seperti setiap fenomena alamiah lain, maka gravitasi sebagai sebuah gaya (force) haruslah juga memiliki reaksi berlawanan. Sama seperti panas-dingin, keras-lembut, muatan negative listrik dengan muatan positif listrik. Kutub utara pada magnet, kutub selatan magnet. Gelap-terang, Atas-bawah.

Dengan teknologi Anti-Gravitasi banyak hal bermanfaat yang dapat dilakukan. Kita bisa membuat wahana antariksa yang ringan di atmosfer bumi, membuat mesin propulsi pesawat dengan jauh lebih mudah dan dengan kinerja yang lebih hebat daripada apa yang dikenal masa sekarang ini. Penggunaan lain yang penting adalah untuk membuat bobot benda menjadi hilang, sehingga benda lebih mudah untuk diangkut kemana-mana, walau berat sekalipun.

Dengan teknologi anti-gravitasi orang tua jompo dan orang cacat yang tak bisa jalan bisa ‘melayang-layang’ tanpa masalah. Bobotnya akan menjadi ringan seperti kapas sehingga mereka bisa pergi kemana-mana dengan lebih mudah dan mereka akan banyak mendapat kenyamanan karenanya.

Dengan adanya problem Pemanasan Global sekarang ini, jelas hal ini akan banyak mempengaruhi kehidupan kita, dalam 20 atau 30 tahun ke depan, planet kita akan menjadi terlalu panas untuk ditinggali, kita bisa menggunakan teknologi Anti-Gravitasi dan wahana Anti-Gravitasi untuk mengeksplorasi banyak ruang antariksa yang lebih memadai dan menemukan planet yang cocok untuk kita bisa bermigrasi kesana. Bahkan dipihak lain, anda bisa membuat listrik gratis di rumah dengan teknologi ini.

Jika Anda sudah memahami bahwa teknologi Anti-Gravitasi adalah mungkin, maka kami sarankan Anda melihat penemuan-penemuan Anti-Gravitasi yang dibuat dalam 100 tahun terakhir ini.

Sebagai outcome dari Anti-Gravitasi ditemukan juga mesin gerak-abadi (perpetual), dimana mesin bergerak atau beroperasi selamanya tanpa baterai atau sumber listrik. Sebenarnya mesin semacam ini telah dibangun di alam ini, banyak fenomena alamiah yang memberikan kita contoh dari mulai gerakan yang tak berujung semisal badai tornado dan proses alam lainnya seperti aliran air yang konstan dan tidak pernah berhenti, juga rotasi bumi pada porosnya dan banyak lagi. Kita perlu mempelajari dan mencontoh proses-proses alam ke mesin-mesin yang perlu kita buat untuk keperluan manusia..

Konon ribuan tahun yang lalupun sudah ada teknologi ini (ingat tentang piramida Mesir atau teknologi suku Maya di Indian). Anti-Gravitasi muncul kembali di zaman modern kita melalui bantuan para inovator (penemu) di seluruh dunia. Mereka melakukan penelitian dan eksperimen yang tebaik untuk membuat Anti-Gravitasi menjadi kenyataan.

Anda ingin tahu rahasianya ?

Benar ingin tahu…?

Pejamkan mata dulu deh… Berdoa sebentar… Sudah ???

Nih ya rahasianya…

M.E..D…A…N……..M..A…G….N….E….T.

Tuh sudah ya… Berarti turunannya juga yaitu

Medan magnet, medan elektro-magnetik dan juga medan listrik.

Advice untuk orang muda:

Anak-anakku, inilah salah satu teknologi masa depan di era kalian nanti, pelajarilah sebaik-baiknya. Dan gunakanlah nanti untuk kemanfaatan manusia, Jangan merusak alam, tapi pelajarilah apa yang ada di alam ini, semua itu adalah tanda-tanda. Gunakanlah bagi kemaslahatan bangsa kita. Berdoalah agar selalu mendapat petunjuk Allah, karena ilmu itu hanya bisa dipahami atas ijin dan ridho Allah semata-mata.

Pelajariperlahan-lahan melalui video berikut:

-0-

Tulisan ini disadur dari web Anti-Gravitasi dan merupakan perkenalan dari buku AG tulisan Hatcher David.

Indonesia menolak minyak Iran

-0- salinan dari milis sebelah -0-

Re: (news) Produksi Minyak Minim, Tapi Kok RI Ekspor Minyak?
Posted by: “Iwan Husdiantama” niharder@yahoo.com niharder
Thu Apr 19, 2012 7:07 pm (PDT)

Saya suka email dari mas Irwan….

Intinya kita ini terutama kebanyakan orang2 migas menjadikan tuhannya adalah
begundal AS dan Tel Aviv…….

Tks.

From: Migas_Indonesia@yahoogroups.com
[mailto:Migas_Indonesia@yahoogroups.com] On Behalf Of Irwan Kurniawan
Sent: 11 April 2012 12:41
To: migas_indonesia
Subject: Re: [Oil&Gas] (news) Produksi Minyak Minim, Tapi Kok RI Ekspor
Minyak?

“..
Dengan jatuhnya sanksi ekonomi Amerika-Eropa kepada Iran maka Iran menjual
minyak
termurah dengan pembayaran termudah. Bisa dapat diskon 15% dan bayar pakai
Rupiah,
bukan dollar. Tapi semua tutup mulut. Peluang emas ini sirna begitu saja
karena taat dan
beriman kepada big boss di Washington-London-Tel Aviv. Retorika Indonesia
sebagai negara
yang bebas dan aktif cuma omong kosong. Padahal Rusia, India, China,
Pakistan, Turki,
Jepang, Korea dan terakhir Afrika Selatan menyambut dengan senyum sumringah
murah
meriah minyak Iran.

Tapi bagi Republik Indonesia? Tetap menjadi begundal AS. Sementara saat ini
pemerintah
gembar gembor akan mencabut subsidi BBM dan pasrah bahwa kenaikan harga BBM
sudah
takdir ilahi, bukan akibat akal bulus yang amat terang benderang.
..”

Kasihan nasib RakyatRI..Punya Presiden tapi takluk pada titah negara lain..

“I Love United States with All its faults, and consider it as my second
country”..

Gila!! Di jaman sebelum merdeka, orang kaya gini pantas/harusnya dihukum
mati.. :-(


Wassalam,

Irwan.K
“Better team works could lead us to better results”

http://irwank.blogspot.com

fb/twitter/skype: irwank2k2

http://www.amperanews.com/afrika-selatan-nikmati-minyak-murah-iran-indonesia

-malah-menolak/

Afrika Selatan Nikmati Minyak Murah Iran, Indonesia Malah Menolak

Pada :06/04/2012 Kategori :
HEADLINE, INTERNASIONAL
| Comments Off | 909 Pembaca

Amperanews.com : Retorika Indonesia sebagai negara yang
bebas dan aktif cuma omong kosong. Padahal Rusia, India, China, Pakistan,
Turki, Jepang, Korea dan terakhir Afrika Selatan menyambut dengan senyum
sumringah murahnya minyak Iran.

Malang benar nasib Republik Indonesia yang tetap
bersikukuh tunduk kepada komando yang diberlakukan AS terhadap Indonesia.
Pada Februari 2012 bulan lalu, kapal tanker minyak Iran lego jangkar di
Perairan Karimun, Batam, Indonesia yang oleh pemerintah hanya dianggap
wisata dan dolanan oleh pejabat negara.

Sementara dilaporkan, saat ini Afrika Selatan dilaporkan
terus meningkatkan impor minyak mentah dari Iran sebesar 364 juta dollar
pada Februari, naik dari nol pada bulan sebelumnya meskipun AS terus menekan
negara itu, dikatakannya Afrika Selatan dengan tegas mengabaikan embargo AS
yang dikenakan kepada Republik Islam, kata laporan resmi Afrika Selatan, The
South African Revenue Services (SARS).

The South African Revenue Services (SARS) pada Senin,
02/04/12 mengungkapkan bahwa pada bulan Februari 2012, negara itu sudah
mengimpor 417.000 ton minyak mentah Iran dimana mengalami sedikit penurunan
sejak bulan Oktober 2011 yang mengimpor 467.000 ton minyak mentah Iran,
Reuters melaporkan.

Pada bulan Januari 2012, perdagangan dan bea cukai
menunjukkan bahwa impor minyak mentah Afrika Selatan dari Iran berada pada
titik nol, dibandingkan dengan rata-rata bulanan sebesar USD 280 juta pada
tahun lalu.

AS dan Uni Eropa telah memberlakukan sanksi finansial dan
minyak terhadap Iran sejak awal 2012. Namun bagi Tehran, sanksi itu tidak
akan mampu menghentikan Republik Islam untuk mandiri dalam program energi
nuklir.

Dengan jatuhnya sanksi ekonomi Amerika-Eropa kepada Iran
maka Iran menjual minyak termurah dengan pembayaran termudah. Bisa dapat
diskon 15% dan bayar pakai Rupiah, bukan dollar. Tapi semua tutup mulut.
Peluang emas ini sirna begitu saja karena taat dan beriman kepada big boss
di Washington-London-Tel Aviv. Retorika Indonesia sebagai negara yang bebas
dan aktif cuma omong kosong. Padahal Rusia, India, China, Pakistan, Turki,
Jepang, Korea dan terakhir Afrika Selatan menyambut dengan senyum sumringah
murah meriah minyak Iran.

Tapi bagi Republik Indonesia? Tetap menjadi begundal AS.
Sementara saat ini pemerintah gembar gembor akan mencabut subsidi BBM dan
pasrah bahwa kenaikan harga BBM sudah takdir ilahi, bukan akibat akal bulus
yang amat terang benderang. [Islam Times/on/Press TV]

Pada 11 April 2012 10:55, Ahmad Mujib
menulis:

Selasa, 10/04/2012 12:33 WIB
Produksi Minyak Minim, Tapi Kok RI Ekspor Minyak?
Rista Rama Dhany – detikFinance

http://finance.detik.com/read/2012/04/10/123316/1888718/1034/produksi-minyak

-minim-tapi-kok-ri-ekspor-minyak

Jakarta – Produksi minyak Indonesia saat ini rata-rata
mencapai 930 ribu barel per hari (bph), namun dari jumlah tersebut sebagian
ternyata di ekspor ke luar negeri. Padahal jumlah kebutuhan bahan bakar
minyak (BBM) di dalam negeri rata-rata diperkirakan 1,4 juta bph.

Untuk mencukup kebutuhan BBM dalam negeri tersebut Indonesia harus mengimpor
minyak dari luar negeri. Lantas kebutuhan dalam negeri saja kurang mengapa
harus diekspor produksi minyak kita?

Dikutip dari situs Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), dikatakan
produksi minyak mentah Indonesia terutama ditujuan untuk memenuhi kebutuhan
domestik, namun sebagian diekspor keluar negeri karena spesifikasinya tidak
sesuai dengan kebutuhan kilang dalam negeri.

“Negara-negara yang membeli produksi minyak Indonesia di antaranya Jepang,
Amerika Serikat, Korea, Taiwan, Singapura dan lainnya. Jepang merupakan
negara terbesar pembeli minyak Indonesia yakni pada 2010 mencapai 19,3% dari
total ekspor minyak atau mencapai 23.407 ribu barel sedangkan pada 2011
sekitar 36.823 ribu barel (36,6%), sementara Amerika pada 2010 membeli
minyak Indonesia sebanyak 4.779 ribu barel dan pada 2011 sekitar 5.553 ribu
barel,” demikian pernyataan Ditjen Migas.

Namun sejak 2004 hingga 2011 ekspor minyak Indonesia cenderung menurun, pada
2004 ekspor minyak Indonesia total mencapai 178.869 ribu barel, 2005 turun
159.703 ribu barel terus turun terakhir pada 2011 hanya 100.744 ribu barel.

Terkait kebutuhan BBM dalam negeri rata-rata mencapai 1,4 juta barel per
hari artinya ada kekurangan pasokan BBM untuk dalam negeri, pemerintah
melakukan impor minyak yang sesuai spesifikasi kilang minyak di Indonesia.

Kilang minyak Indonesia dibangun pada saat produksi minyak Indonesia masih
sekitar 1,5 juta bph atau di atas kapasitas kilang (1,057 juta bph) dan
masih dapat memenuhi konsumsi dalam negeri. Namun pada perkembangan
selanjutnya menunjukkan bahwa produksi minyak semakin menurun dan di bawah
kapasitas kilang dalam negeri, sementara konsumsi meningkat namun
peningkatan kapasitas kilang sangat terbatas.

Terkait produksi 930 ribu bph tersebut, tidak seluruhnya dimiliki Negara,
namun dibagi dengan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) dimana 60% hasil
produksi milik Negara 40% milik KKKS. Sehingga produksi 930 ribu bph
tersebut yang menjadi bagian Negara hanya 586 ribu bph.

Terkait impor minyak pada 2011, Indonesia mendapatkan pasokan tambahan
minyak dari sekitar 8 (delapan) Negara, pasokan terbesar ada dari Arab Saudi
yakni pada 2011 mencapai 35.485.274 bph, dari Azerbaijan sebesar 19.505.368
bph, Nigeria sebesar 16,689.013 bph.

“Save a Tree” – Keep it on screen – think before you print this email.