Minat Bikin Buku Cari Editor


Kemarin saya posting di FB, isinya spt berikut: – Diriku mo bikin buku 1000 hal…bagi 2 deh jd 500..adakah editor muda yg bs bantu..isinya ttg penyelamatan 1000 nyawa.. kontak koestoer@eng.ui.ac.id cv needed.-

Sudah ada beberapa orang menyatakan minat dengan mengirim email ataupun juga messenger, diantaranya ada kawan lama yang relatively tidak muda, ini bikin saya rada kurang enak perasaan. BTW rasanya perlu saya intro sedikit sebab musababnya.

Anda tentu tahu kegiatan saya 5 tahun terakhir ini, utamanya meminjamkan inkubator gratis kepada para ibu bayi prematur. Demikian banyak pengalaman yang kami dapatkan dari kegiatan ini membuat diri saya berpikir, mengapa tidak di-share saja ke masyarakat umum utamanya kaum muda agar menjadi inspirasi bagi mereka untuk kita secara bottom-up menolong diri sendiri kalau meminjam istilah Bung Karno dulu BERDIKARI (Berdiri Diatas Kaki Sendiri). Dari sekedar mampu membuat satu alat sekali lagi SATU ALAT saja, ternyata sekarang sudah bisa menolong ribuan bayi dan yang lebihnya lagi bisa menolong ortu bayi dari kesulitan finansial orang tak mampu, yang membelit kala mereka punya bayi prematur (bayi yang lahir kurang dari 37 minggu dikandungan) disaat baru lahir (neonatal). Silakan search di google dan youtube, berita aktivitas kami telah tersebar di 20 negara (Asia: Nepal, Vietnam, Malaysia, Cina, thailand. Berikut Eropa: Inggris, Perancis, Spanyol, Italy, Hungary dll. Afrika: lupa lagi saya).-
Disamping itu saya ini kan blogger sekaligus juga vlogger, jadi sudah banyak tulisan saya sepanjang tahun-tahun pertama peminjaman gratis inkubator ini di blog saya https://koestoer.wordpress.com. Mulai 2016 aktivitas blog ini sudah banyak di cover oleh web inkubator yaitu https://www.inkubator-gratis.org. Tentu saja sekarang sudah lebih pro karena ditangani oleh rekan muda kita yang 1/2 autis tapi pintar komputer, dialah Juan Karnadi yang senang menyebut dirinya ‘digital-strategist’. Nah artikel di blog inilah yang ingin saya masukan jadi… Apa ya istilahnya? Mungkin gini yg tepat. Jadi background dan sekaligus foreground dari kisah ibu dan bapak bayi termasuk juga saudara atau penghubungnya. Mengapa demikian ?… Nah ini istimewanya… Karena semua coversation kami dengan pihak keluarga bayi tercatat dengan sempurna. Lha koq bisa ? … Itulah rahasianya. Jadi begini per Juni 2017 ini agen relawan kami ada di 50 kota dan kab kota, sedangkan per september 2016 jumlah user inkubator (bayi prematur) sudah 1500. Kami melayani semua conversation mereka melalui SMS-Gateway Center. Itu artinya percakapan sms kami dengan bapak ibu bayi, ataupun dengan agen relawan, semua tercatat di komputer…Amazing bukan ?
Itulah kemudian niat saya menggabungkan semua artikel yang saya buat di blog dengan coversation dg ortu-bayi berikut dengan foto-fotonya bahkan dengan videonya. Lha kalo bayinya saja sudah lebih dari 1500 berarti conversationnya kan paling kurang segitu juga. Lalu bila dengan 1 bayi saja percakapan digital itu bisa jadi dokumen 1 halaman kan artinya kita pasti bisa bikin lebih dari 1500 halaman. Katakanlah kita seleksi sedemikian rupa antara dokumen percakapan dengan ditambah artikel saya (mungkin 100-200 hal), ditambah lagi dengan foto dan video…masa ya gak lebih dari 1000 hal. Malah saya kira bisa 2000 hal. Tapi bikin segitu banyak tulisan walau sudah ada bahannya, mungkin malah gak kelar-kelar.

Berikut ini info yang perlu untuk calon editornya.
Saya sebut info-dokumenter yaitu conversation kami dengan bapak ibu bayi ada dalam bentuk data Excell. Berbentuk tabel dimana ada catatan waktunya tanggal dan jam menit detik. Tercatat dalam bentuk FILO (First In Last Out). SMS masuk yang awal akan tertera di tabel excell sebagai baris yang terakhir. Fahamkah ? Kalau kurang faham nanti saya kirim contoh datanya. So… so what ? Si calon editor harus mahir mengolah excell terutama untuk menjadikan data itu urut kembali menjadi FIFO (First In First Out). Bagaimana caranya ? tentu saja dengan menggunakan fungsi SORT atau saya menyebutnya sorting. Namun tidak cukup dengan single sorting tapi juga dengan double-sorting atau bahkan triple-sorting. Saya mengenal model spreadsheet ini jaman dulu dari LOTUS, sekarang sudah ganti Microsoft-Excell pastilah sudah lebih canggih. Kemudian karena yang dikerjakan ini lebih dari 1000 halaman maka kita perlu bikin programnya atau di excell namanya MACRO-EXCELL supaya bisa cepat selesai. Kalau tidak maka kita harus bikin action lebih dari 1000 kali, cape dong…
Yang kedua adalah kemampuan wordprocessing dengan Microsoft-Word, tentu yang ini banyak yang bisa. Tapi kali ini kita harus memadukannya dengan pembuatan e-book. Untuk membuat e-book sudah banyak software-nya dan bisa di-unduh gratis, atau ada juga yang online. Namun saya sendiri belum pengalaman bikin e-book. Dulu pernah sekali bikin e-book, tapi dikerjakan rame2 dengan mahasiswa. Jadi mereka yang lebih berperan dalam pengerjaannya. Nah kelanjutannya ini adalah ide saya… Jadi begini, bahan artikel saya di blog itu banyak yang include dengan videonya. Jadi saya ingin agar disamping foto maka videonya ini juga masuk dalam e-book. Jadi e-book nya kekinian banget… Mengapa ? karena ada videonya didalam.
Selesai dengan target e-book, baru kita mikir tentang versi cetaknya. Tentu saja lebih mudah, karena menurut saya kita tinggal potong videonya dari versi e-book ditambah penjelasan bahwa videonya bisa dikonek dengan link, karena semua video itu ada di youtube.

Kami punya anggaran untuk merealisasikan buku ini, tentu saja tidak terlalu banyak. Saya juga tidak ingin menyiksa orang dengan bekerja tanpa bayar, namun diharapkan idealisme yang sama dengan spirit kami dalam aktivitas ini. Visi misi kami adalah menolong bayi prematur yang berarti juga menolong ibu bapaknya, dengan demikian kami mengharapkan pembicaraan mengenai anggaran ini bukan menjadi hal yang utama, tapi niat untuk menolong sesama haruslah menjadi landasannya. Atau dengan kata lain tentang allowance mengerjakan editing diatas bisa ‘negociable’. By the way Kalau bisa untuk buku yang pertama (500 an hal) selesai dalam waktu 3 bulan ? Boleh juga anda tuliskan penawaran anda tentang allowance 3 bulan ini… Maunya berapa gitu… Ingat ya ada tawarabn royalti dibawah.

Tambahan untuk semua itu adalah mengontak penerbit, kita seleksi dulu mana penerbit yang sesuai dan kemudian nego mengenai ini itu dan sebagainya. Editor buku diharapkan jadi manager yang ngurus penerbitan juga. BTW saya juga akan menawarkan pada editor prosentase dari ROYALTI bagian kami. Itulah sebabnya mungkin allowancenya ‘moderate’ tapi bagian royalti nanti bisa lebih berarti.

Mereka yang berminat dengan berbagai requirement diatas, silakan kirm CV ke koestoer @eng.ui.ac.id

-0-

Raldi A. Koestoer – 10 Juni 2017.-

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

