Inexpensive NICU v1


NICU disini adalah singkatan dari Neonatal Intensive Care Unit, jadi kira-kira NICU ini adalah ICU-nya bayi terutama bayi baru lahir (neonatal), juga bayi prematur dan bayi BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah). Tentu saja saya tidak perlu berpanjang kata mendefinisikan apa saja isinya. Bila anda tahu tentang ICU (AI Si Yu) maka seperti itulah isinya hanya saja untuk bayi ditambah dengan Inkubator bayi. Dan segala sesuatunya spesial untuk bayilah pokoknya.
Seperti saya sampaikan pada artikel yang lalu tentang kunjungan kami ke RSIA Lestari di Cirendeu bahwa beberapa tahun yang lalu saya pernah melihat Menkes menyampaikan di TV (Kalau tak salah ibu Nafsiah Mboi, yang saya ingat beliau rambutnya disasak tinggi). Investasi untuk ruang NICU bisa memakan biaya 1 s/d 2 Milyar rupiah. Tentu saja nilai itu wajar untuk skala komersial atau harga pasar. Sehingga waktu kunjungan ke RSIA diatas saya sampaikan bahwa kami akan bikin NICU yg murah. Istilah kami, waktu itu asal terpikir begitu saja ‘Inexpensive NICU’. Toh kata NICU-nya sendiri sudah bahasa Inggris jadi sekalian saja padanannya kami buat bahasa Inggris juga.
Sebenarnya ide bikin NICU itu terlintas sewaktu kami berkunjung ke RS Pendidikan di Makassar bulan Septermber tahun 2014. Saat itu RS tsb baru dibangun dan tentu saja ruang NICU nya baru juga dan belum pernah dipakai malah. Saat itulah saya bertanyatentang banyak hal, diantaranya mengenai harga peralatan NICU itu. Harga Inkubatornya tentu saja diatas 100 an lah kan seakan-akan canggih. Juga terlihat ada lampu fototerapi yang terlihat bentuk lampu bluelite-nya melingkar-lingkar seperti ular. Ada juga Patient-Monitor yang bukan saja canggih semua sudah digital tapi juga bentuk danwarnanya secara estetika sangat memikat dan Kata orang sana harganya puluhan jutalah. Saat itulah dalam hati saya berkata kalau alat inkubator itu yg berharga 100 an itu bisa kami buat menjadi hanya 3,5 an saja dan juga fototerapi yang 20 an itu bisa kami buat dengan ongkos 1 saja, lha mengapa tidak kami lanjutkan dengan membuat peralatan lain dengan mutu terjamin, seperti 2 alat diatas yang sudah terbukti menyelamatkan lebih dari 1500 an bayi di 47 kota/kabupaten.
Pastilah kalangan awam bilang “Mana mungkin invest NICU 1 M itu dibuat jadi 10 J saja ?”. Tapi kami bukan orang biasa, utamanya kami punya motivasi dan semangat yang tinggi, mirip dengan semangat para pendaki gunung. Modal kami yang utama tentu saja backup dari Allah SWT, yang pasti mengulurkan tangan pada mereka yang punya niat baik. Tentu saja niat kami adalah untuk menolong gol pra-sejahtera. Untuk mereka yang mampu sudah ada solusinya di RS besar yang punya fasilitas lengkap. Tapi buat gol men-bawah harus bagaimana ? Apalagi didaerah yang fasilitasnya amat minim. Kami sudah lihat sendiri di banyak daerah banyak RSIA yang tidak memiliki inkubator.
(Sementara ceritanya di-cut sampai disini dulu, dan akan segera disambung besok-besok. Tolong diingatkan).-

Iklan

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s