Lestari Peduli Sebuah Pengabdian


Lestari Peduli Sebuah Pengabdian
Bermula dari kontak-kontakan dengan email, akhirnya kami berkunjung ke RSIA Lestari di Cirendeu Tangsel. Terus-terang saya sudah agak lupa wajahnya. Tapi beliau membahasakan dirinya ‘mbak TIti’ kepada saya. Dulu akhir tahun 90 an rasanya saya pernah ketemu dan bicara tentang sesuatu hal, dan kemudian jaman dulu lagi waktu saya masih kecil saya pernah melihatnya mungkin juga berbicara. Oleh karena itu saya ingat tinggalnya disebelah HI (Hotel Indonesia). Salinan kalimatnya yang menyebutkan, kami masih sepupuan: “…kita sebetulnya kan saudara sepupu jauh ( dari kel RP Soeroso)…”. Semangatnya bikin saya malu karena beda umur dengan saya saja sudah satu dekade. Ceritanya bikin saya terharu, sudah lama dan bisa bikin pemulung bisa punya penghasilan tetap.
Jadilah pagi itu dengan mas Rehan dan manager Transport pak Gatot, kami menuju Cirendeu dan waktunya 1 jam melalui jalan belakang lewt Cinere yang sudah sangat dipahami oleh manager.
Tertegun dan terharu saya mendengar cerita beliau tentang effort-nya mendirikan RSIA itu. Mulai dari tanah sekian kali sekian milik orang Betawi yang dibayar dari hari kehari dengan hasil praktek dokternya tanpa surat secuilpun. Mengigat pesan ibundanya yang terngiang ditelinga, untuk menolong golongan prasejahtera dan jangan cari kaya dari Rumah Sakit. Kata anak-anak muda sekarang itulah sebuah LEGACY yang perlu kita pertahankan.
Obrolan sejarah sebuah perjuangan panjang sampai dua dekade itu tertangkap video. Dengan demikian lebih baik kita dengarkan saja walaupun tidak mewakili semua, namun ‘ghiroh’nya bisa menjadi penyemangat orang muda terutama mereka yang bergerak dibidang kesehatan sampai pelayanan masyarakat.

 

Cita-cita kami adalah membuat INEXPENSIVE NICU. Dua atau tiga tahun yang lalu Menkes …Saya lupa namanya tapi rambutnya disasak. Beliau bilang bahwa investasi ruang NICU butuh biaya 1-2 milyar rupiah. Nah disini kami mau berinovasi dari 1 Milyar menjadi… 10 juta saja. Jadi abis2nya kira 10-20 juta lah.  Mohon doa anda semua…20170223_123326

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

