Kelas Yang Menginspirasi


Oleh: Salsabila Putri

SatuSemesterku di S 404
Waktu tak terasa berlalu begitu cepat. Kurang lebih sudah satu semester saya menjalankan rutinitas sebagai seorang mahasiswa. Masih sangat melekat di kepala saya momen-momen mendebarkan ketika menunggu keputusan SNMPTN, momen dimana Universitas Indonesia mempercayakan saya untuk mengenyam pendidikan di salah satu universitas terbaik di negri ini. Banyak sekali pengalaman berharga yang telah terjadi pada kehidupan saya selama satu semester ini. Salah satunya tersimpan rapi di kelas S-404. Kelas MPKT-B dengan fasilitator Prof. Raldi beserta teman-teman yang telah berhasil mengisi hari-hari saya selama satu semester ini.
Saat pertama kali mendapat mata kuliah MPKT-B, jujur saya sempat merasa kebingungan karena belum tahu apa tujuan dari mata kuliah ini. Ditambah lagi, saya harus berbaur dengan orang-orang dari departemen lain, orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Seiring berjalannya waktu saya merasa sangat nyaman dan bersyukur dapat berada di kelas ini. Dari kelas inilah saya dipertemukan dengan dosen yang sangat menginsipirasi saya, Prof. Raldiartono. Setiap harinya ia selalu memberikan inspirasi dan semangat kepada kami untuk terus berkarya dan mengabdikan diri kepada Indonesia. Ia adalah pencetus Inkubator gratis. Inkubator ini ditujukan kepada kaum marginal yang pada praktiknya dalam kehidupan sehari-hari masih sangat sulit u ntuk mendapatkan akses kesehatan.Oleh karenaapa yang telah ia lakukan ini, Prof. Raldi menyebut dirinya sebagai bapak dari bayi prematur. Dari apa yang telah Prof. Raldi lakukan saya dapat mengambil nilai-nilai baik yang dapat saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu untuk terus membantu sesama tanpa pamrih. Prof. Raldi juga berpesan agar kami semangat belajar serta memotivasi kami agar kami bisa pergi ke Paris suatu hari nanti. Namun, dibalik sosoknya yang inspiratif ini, ia bukanlah sosok yang kaku melaikan sosok dosen yang sangat asik. Ia sangat baik dan selalu menciptakan suasana yang menyenangkan di kelas seperti dengan cara menyanyi ataupun berfoto bersama. Lagu favorit kelas kami adalah Indonesia Jaya oleh Harvey Maliholo, lagu ini memiliki pesan yang mendalam dan lagu ini pula lah yang menjadi lagu perpisahan kelas kami. Sifatnya ini juga membuat saya tidak malu untuk mengeluarkan aspirasi dalam forum dikelas karena ia sangat open-minded dan menghargai semua pendapat murid-murid dikelasnya.

Selama satu semester saya belajar banyak dari MPKT-B ini. Metode CL dan PBL yang diterapkan pada MPKT-B ini menurut saya sangat baik dalam melatih pola pikir sebagai seorang mahasiswa dan memang sudah seharusnya diterapkan sejak awal semeseter. Dari kelas MPKT-B ini saya belajar untuk menghargai pendapat orang lain dan juga bekerja sama. Jika saya boleh jujur, bekerja sama bukanlah hal yang mudah. Ketika kita bekerja dalam satu kelompok pasti ada kendala yang terjadi. Selama proses pembelajaran MPKT-B ini saya beberapa kali diberikan kesempatan sebagai ketua kelompok. Dari kesempatan itu saya belajar untuk menjadi pemimpin yang baik, membagi tugas sama rata sehingga tidak terjadi sentralisasi dalam pengerjaan tugas. Selain itu, saya juga lebih mampu berpikir kritis karena mata kuliah ini serta berani mengemukakan pendapat yang didukung oleh fakta. Namun, kekurangan dari mata kuliah ini adalah masih banyak orang yang belum mampu menerapkan metode CL dan PBL dengan baik sehingga hanya mengandalkan orang-orang tertentu dari kelompoknya saja, mungkin hal ini tidak terjadi di kelas kami namun banyak sekali terjadi di luar sana. Selain itu pemanfaatan scele sebagai wadah diskusi online pun belum terlaksana dengan baik. Namun saya yakin dengan pelaksanaan sistem yang lebih matang, MPKT-B akan menjadi maat kuliah yang sangat bermanfaat bagi kehidupan para mahasiswa nantinya.
Salah satu hal penting yang saya dapatkan dari kelas ini adalah, saya terpacu untuk bermimpi. Fasilitator saya yang luar biasa telah membuat saya sadar bahwa kita harus mempunyai mimpi yang besar. Mimpi besar saya adalah menjadi seorang consultant yang mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan di Indonesia. Selain itu, saya ingin sekali memiliki lembaga yang menaungi pendidikan anak dari kaum marginal serta lembaga yang berkaitan dengan empower women. Menurut saya, pendidikan adalah salah satu kunci utama untuk kemajuan Indonesia di masa depan, dan anak-anaklah yang nantinya akan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan bangsa Indonesia ini. Saya ingin menciptakan bibit-bibit unggul yang berkualitas dan menghapus batasan latar belakang yang mereka miliki saat ini. Saya ingin semua anak memiliki hak yang sama untuk belajar, memiliki hak yang sama untuk menjadi pemimpin Indonesia di masa depan.
Satu semester bukanlah waktu yang singkat, namun jika dilewati dengan hati yang ikhlas dan keceriaan waktu itu terasa berjalan begitu cepat. Saya merasakan hal itu di kelas S- 404 ini. Berbagai suka duka saya dapatkan dikelas ini, sampai akhirnya semua kenangan tersebut saya tutup rapat dan letakkan dengan baik di salah satu bagian di memori saya. Saya berharap, meskipun kelas ini telah usai namun kita semua masih dapat terus berhubungan satu sama lain dan mungkin suatu saat nanti kita sama-sama dapat mengirimkan sebuah foto ke grup Whatsapp kita dan berkata “Pak, alhamdulillah saya saat ini berada di Paris!”.

Ditulis oleh: Salsabila Putri Styaningrum (1606827504)

2 responses

  1. Masa-masa belajar begitu masa yang paling indah, persahabatan dengan teman-teman semasa kuliah maupun sejak dari SD, dengan adanya sosial media saat ini maka kenangan itu terbuka kembali

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

