Jadi Penceramah Seminar Kesehatan


Ngimpi apa saya, koq tahu-tahu ikut jadi penceramah pada sebuah seminar kesehatan di Bandung. Bermula dari pesan WA yang dikirim oleh pak Budiman dari RBC (Rumah Bersalin Cuma-cuma): [10:57, 9/30/2016] RBC Dir: Assalamualaikum..sehat prof?
[13:12, 9/30/2016] RBC Dir: Dalam rangka Milad 12 th Klinik RBC( Rumah Bersalin Cuma-cuma) kami akan mengadakan event selama 2 hari, tgl 25 & 26 , hari pertama akan mengadakan seminar kesehatan, dan hari kedua ceramah..untuk seminar salah satu pemateri yg akan kami undang adalah bpk prof Raldi mewakili pemerhati kesehatan..smg prof ada waktu dan bersedia …maaf dok baru via wa, resminya akan kami kirim proposal nya, maaf dan trims..

Kenudian setelah dua kali diundur dari tgl 25 Okt lalu 23 Nov dan diundur lagi 03Des, jadilah kemudian seminar tsb diselenggarakan.

iklan-rbc

Pembicaranya a.l. – Dr. H. Hanny Rono S., Sp.OG(K), M.M  – dr. Jeffry Iman Gurnadi, SpOG(K) FM, M.Kes (Praktisi Kesehatan, Founder RBC) – Dr Tita Farida. Sp.A, M.Kes  – Raldi A. Koestoer (bukan dokter) dan Bidan Kesih (Bidan peraih Srikandi Award).

Pagi dari rumah jam 07.10 kami berangkat dari rumah Gg Bekmisar Kahfi 2 Cipedak Jaksel, bersama Rehan asisten saya di Tim Inkubator UI dan Gatot manager transportasi. Kami berbekal 1 unit inkubator dan 1 unit fototerapi yang akan kami hadiahkan kepada RBC sebagai kado ulang tahunnya. Sepanjang perjalanan saya kebanyakan tidur saja sampai di Pasteur baru bangun. Jl Pajajaran tidak sulit menemukannya. Poltekkes itu ternyata cukup besar bahkan mungkin tanah luas di Jalan itu milik Kemenkes semua. Karena gedung-gedung disebelahnya kelihatannya dibawah Dinas Kesehatan semua. Disambut oleh pak Budiman saya langsung masuk auditorium yang cukup besar bahkan ada balkonnya. Ruangan penuh dengan ibu-ibu. Perkiraan saya mereka itu pastilah bidan dan perawat sekitar Bandung.

Sungguh saya tidak menyangka sebegitu banyak audience-nya. Rupanya saat saya masuk ibu dokter Tita (Dr Tita Farida. Sp.A, M.Kes) baru memulai paparannya. Tentu saja karena beliau dokter spesialis anak dan ceramahnya tentang bayi, saya menyimak dengan penuh perhatian. Buat saya ini sebuah kuliah saja. Inilah kira-kira isinya

1) Evidence based dalam menegakan diagnose Bayi Baru Lahir Rendah (BBLR) dan Klasifikasinya 2) Evidence based faktor risiko, penyebab, permasalahan yang menyertai Bayi Baru Lahir Rendah (BBLR) 3) Evidence based dalam penatalaksanaan dan terapi penatalaksaan Bayi Baru Lahir Rendah (BBLR) 4) Metode Kangguru 5) Simulasi Resusitasi bayi baru lahir.

20161203_142336

Dengan ibu dokter Tita Farida SpA dari RS Batangkara Bandung

Duh banyak juga saya dapat ilmu dari ibu dokter Tita dari RS Bayangkara Sari Asih. Sesudah makan siang jam 13, mulailah giliran saya bicara. Waktu yg diberikan pada saya 1 jam 15 menit. Tentu presentasi saya lengkap dengan clipon mic, video dan sound-system. Termasuk meja kecil utk show-up inkubator. Pastilah ruang auditorium itu terkadang ramai dengan tepuk tangan karena lebih mirip acara inspirasi dan motivasi. Sekaligus saya peragakan cara operasi inkubator Grashof kami yang sangat mudah. Hanya tinggal tekan tombol sekali waktu start dan sekali waktu matiin setelah selesai pemakaian 24 jam x 30 hari (biasanya orang pinjam satu bulan). Pastilah waktunya jadi melar baru selesai jam 14.30.  Dibawah ada foto bersama pak Habe Sungkaryo direktur RBC (jenggot tebal).

20161203_143204

Untuk saya seminar ini sangat istimewa, kenapa ? Puluhan kali saya bicara di seminar tapi hampir semua mengenai engineering dan teknologi. Baru kali inilah saya berdampingan dengan para dokter atau para ahli kesehatan. Walaupun sudah beberapa kali turut menguji  S3 di FIK (Fak Ilmu Keperawatan) dan saat ini ada disertasi yang sedang berjalan dibidang Bi0medik FKUI. Tak lupa kami sampaikan juga bahwa sudah lebih dari 1500 bayi tertolong sejak 4 tahun kami memulai aktivitas ini.

Alhamdulillah semoga dengan syiar peminjaman gratis inkubator di Bandung ini, akan lebih banyak lagi bayi prematur yang tertolong.

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

