Inkubator CKD


CKD singkatan dari Completely Knocked Down, atau terjemahannya kedalam bahasa Indonesia adalah Lepas-Pasang. Prototipe pertama kami buat di Djokja untuk kepentingan kami sendiri display dll. Sedangkan prototipe kedua sudah dibawa ke Mamberamo oleh Dokter Indah Permata. Alhamdulillah per hari ini ada bayi yang sedang tidur dalam kehangatan dan kenyamanan di Puskesmas Mamberamo Tengah Kobakma. Dokter Indah membawanya sendiri dengan hanya memasukkan inkubator tipe G tersebut kedalam koper. Bravo kita ucapkan kepada disainernya IBNU-ROIHAN mhs S2 Dep Teknik Mesin UI. Mari kita lihat moving-pic nya.

Tipe sebelumnya adalah tipe utuh (tipe F) yang hanya bisa dibagi dua bagian atas dan bagian bawah. TEntu saja untuk pengiriman di pulau Jawa tidak ada masalah, tetapi bila dikirim keluar Jawa maka resikonya bisa pecah karena bagian atas terbuat dari akrilik. Dan kami pernah mengalami inkubator pecah waktu dikirim ke Aceh. Sudah biayanya mahal karena volumetrik resikonya pun berat. Karena itu kami mendisain lagi tipe G lepas-pasang seperti yang anda lihat videonya diatas.

Berikut ini adalah moving-pic tipe F yang sejauh ini s/d th ke 4 sudah menyelamatkan k.l. seribu limaratus bayi prematur di 36 kota/kab kota.

Mohon doa dari anda semua, semoga kami bisa menolong lebih banyak lagi bayi-bayi kita, yang mungkin 40-50 thn lagi akan menjadi pemimpin bangsa kita. Siapa tahu 50 thn lagi ada yang jadi Presiden NKRI.

Berikut ini kita lihat inkubator tipe baru yaitu tipe lepas-pasang sedang ‘in-action’  di puskesmas Kobakma di Mamberamo Tengah Papua. Kiriman dokter Indah Permata.

bayi papua Image 2016-09-01 at 15.01.55Bayi Ibu Una, prematur BB 1000gram . Bayi pertama rawatan inkubator di Puskesmas Kobakma, Mamb.Tengah, Papua. Mohon doanya Bapak/Ibu.

Inovasi baru ini direncanakan dan dikonsep sejak tahun 2015. Dirancang oleh sdr Ibnu Roihan yang sudah saya sebutkan diatas. Pembuatannya terutamabagian atas akrilik dilaksanakan di Jokjakarta dengan bantuan komunikasi yang intens dengan Agen Relawan disana yaitu bapak CANDRA. UKM Workshop Laser-Cutting yang memadai dan responsif dipimpin oleh Bapak Darwin, menjadikan 2 batch protipe bisa menjadi kenyataan di bulan Juni 2016. Dan akhirnya pada awal September 2016 tipe baru ini sudah mulai bekerja di ujung timur negara kita yaitu di Mamberamo tengah atas bantuan seorang dokter wanita lulusan UNDIP dokter Indah Permata. Tidak lupa pula dokter Dedi Simanjuntak yg saat ini berada di kampus John-Hopkins Baltimore USA, awardee LPDP PK-55. Beliaulah yang membidani hub komunikasi dg dokter Indah. Terimakasih kepada FTUI yang telah membiayai purwarupa ini melalui bapak-bapak  Dedi Priadi (Dekan), M Asvial (Wadek), Akhmad Yuwono (Manager Litbang), Nasruddin (Kadep Tek Mesin). Mohon doa anda semua agar cita-cita kami menolong bayi prematur di seluruh Nusantara bisa menjadi kenyataan.

 

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s