Kembar 3 yang ke 7


Melanjutkan berita tentang Seribu Bayi pada minggu yang lalu, perkenankalah kami berbagi cerita mengenai sedikit pengalaman bergaul dengan masyarakat pra-sejahtera di Nusantara ini, yang jelas-jelas masih sangat membutuhkan pertolongan. Kali ini seperti judul diatas, tentang bayi prematur kembar tiga atau orang mengatakan triplet. Punya anak atau bayi normal pastilah menggembirakan dan membahagiakan orangtua, tapi punya bayi yang lahir prematur justru seringkali malah jadi bikin stress karena harus masuk ruang NICU (ICU utk bayi) yang biayanya mahal. Apalagi jaminan kesehatan BPJS masih berjalan tersendat dan masih banyak kalangan pra-sejahtera yang terkendala dengan berbagai alasan sehingga malah tidak tercover oleh BPJS. Tentu saja tanpa mengabaikan jasa BPJS krn banyak diantara mereka yang sudah tertolong oleh sistem BPJS ini baik seluruhnya maupun sebagian.
Punya bayi prematur satu saja sudah repot, kalau bayinya kembar repotnya dobel, nah apalagi kalau bayinya ada 3 prematur…Duh tak terbayang repot dan stressnya ibu bayi dan kel bayi umumnya. Kami di Markas Inkubator ini memiliki 4 unit inkubator bayi kembar… Rasanya di negara ini hanya kamilah yang memiliki twin-incubator semacam ini. Tentu saja kami membuat atau memodif nya karena banyaknya permintaan peminjaman untuk bayi kembar.
Tak dinyana permintaan untuk bayi prematur triplet di bulan Mei ybl ini ternyata merupakan permintaan bayi prematur kembar tiga yang ke TUJUH, yang kesemuanya sudah tertangani dengan baik menggunakan inkubator kami.
Mari kita lihat cuplikan conversation dibawah ini.

12/05/2016  20:17:31

Bayi 1 bayi 2 bayi 3 (Kmbar tiga),09.05.2016. supriatin. 0857812451xx. 28 th.deden. 0857812451xx.32 th kp kelapa,rt .01 rw 024.taruma jaya bekasi.RSUD.BEKASI

Kiriman SMS semacam ini sudah biasa kami terima, artinya bayi blm diberi nama. Tentu saja gol pra-sejahtera agak kurang literasi shg kamilah yg harus pro-aktif memberikan petunjuk. Seminggu sekali kami tanya BB bayi, seringkali SMS kami tak dijawab. Namun dari 4 mg tak dijwb ada juga sekali dua dijwb, dan yg penting BB ketiga bayi meningkat sejak berada di rumah dg bantuan inkubator kami 1 unit twin dan 1 unit single. After two month saya minta foto, yg 2 hr lalu masuk ke email saya/ Alhamdulillah kelihatan sehat ketiganya dan laporan dari ibunya, tinggal yang kecil saja yg masih pakai inkubator yang lainnya sudah lepas dari inkubator, artinya sudah seperti bayi normal.

Saya bertanya dalam hati, ‘koq bisa ya menyelamatkan bayi prematur kembar 3 ?’   Tentulah semua ini karena ridho dan ijin Allah SWT semata-mata. Dan dibulan Ramadhan yang berkah ini, saya berdoa terus untuk bayi-bayi kita dan merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami serta seluruh jajaran Agen Relawan di 32 kota/kab bisa membantu sesama yang berada dalam kesulitan. Semoga semua alumni inkubator kami menjadi orang yang berguna bagi sesama. Mohon bantuan doa dari bapak dan ibu semua agar cita-cita kami untuk menolong bayi di seluruh Nusantara bisa tercapai.

20160704_kbr 3 v1

 

-0-

Salah satu komen ortu bayi kembar (diambil dari FB).-

Yakub Ferdinand Bapak Prof Raldi Artono Koestoer sikembar saya sudah besar. Sehat, ganteng dan cantik.

Saya tidak pernah bisa melupakan kebaikan bapak dan tim inkubator gratis. Allah pasti balas semua jasa bpk dan tim.

Doakan moga kami bisa mengikuti jejak bapak memberi manfaat buat orang banyak.

Ini anak kembar kami: Makkah & Madinah

Yakub Ferdinand's photo.
Like · Reply · 1 · 2 hrs · Edited

Raldi Artono Koestoer
Raldi Artono Koestoer Mhn ijin share…

Yakub Ferdinand
Yakub Ferdinand Monggo pak

 

Iklan

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s