Seribu Bayi Setahun


Perkenankan kami sebagai PENGABDI MASYARAKAT, melaporkan kegiatan yang sudah diketahui oleh kalangan internal fakultas yaitu Peminjaman Gratis Inkubator Bayi. Judul diatas perlu diperpanjang sedikit agar lebih jelas yaitu Seribu bayi TERSELAMATKAN dalam setahun menurut frekuensi kerja yang sekarang ini atau tahun ini. Alhamdulillah di bulan Ramadhan hari ke 25 kami mencoba menyajikan ekstrak data 3 bulan dari 32 kota dan atau kabupaten, lokasi dimana beroperasi Agen Relawan Peminjaman Gratis Inkubator Bayi. Jumlah inkubator yang beroperasi di lokasi tsb diatas adalah 135 unit. Dan rata-rata setiap inkubator dipinjam selama 1,5 bulan per bayi. Jadi setiap inkubator bisa beroperasi 8x dalam setahun.

Dari bulan Januari s/d Maret 2016, tepatnya 1 Jan s/d 31 Mar 2016 ada 248 pengguna inkubator Grashof buatan FTUI ini. Datanya bisa diakses melalui blok ini juga, silakan klik link berikut

https://koestoer.wordpress.com/2016/06/29/data-bayi-pengguna-inkubator-gratis-jan-mar-2016/

Tentu saja paling banyak bayi tersebut dari daerah Jabodetabekban (Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi dan Bandung). Mengapa demikian ? Tentu saja karena Center atau Markasnya berada di UI Depok tepatnya di Dep Teknik Mesin FTUI. Perlu diketahui sejak dua tahun terakhir ini, kami meminjamkan bukan saja inkubator tetapi juga Lampu Fototerapi untuk menolong bayi kuning atau bayi yang mengalami Hyperbilirubinemia. Jadi yang tersaji merupakan campuran antara inkubator dan lampu fototerapi, yang keduanya dipinjamlan dengan gratis utamanya untuk gol pra-sejahtera.

Bila secara kasar kita sebut 3 bulan ada 248 bayi tertolong, atau biar mudahnya sebut saja +/- 250 bayi tertolong maka dengan mudah bisa kita simpulkan bahwa dalam setahun (dengan ritme atau frekuensi kerja yang sama) maka tahun ini akan tertolong 1000 (seribu) bayi prematur (12/3*250=1000).  Seuah sistem kerja yang bisa disebut ‘smart working’ karena semua itu hanya dikerjakan oleh…SATU ORANG SAJA. Kami menggunakan SMS Gateway Center sebagai pusat kordinasi dan komunikasi dengan semua pihak. Mulai akhir 2012  digunakan sistem ini s/d Juni 2015, sayalah yang menjadi operatornya. Sejak Juni 2015 s/d sekarang asisten saya Ibnu Roihan (Rehan) yang menghandle operasional kordinasi. Perlu juga disampaikan terutama dibulan Ramadhan ini, bahwa semua ide yang brilian itu…datangnya dari Allah SWT, bukan dari manusia. Jadi supaya bisa dapat ide yang bagus maka ‘mohonlah hanya kepada Allah’, jangan minta kepada yg lain.

Dan sesungguhnya kami sedang BERJIHAD menolong bayi prematur. Mengapa ? Karena setiap hari pasti ada permintaan dari para ibu bayi yang memerlukan pertolongan dan transaksi peminjaman itu terjadi setiap hari di banyak daerah dimana inkubator kami berada. Semua komunikasi transaksi peminjaman inkubator tercatat melalui Gateway Center SMS kami. Enhancementnya saat ini adalah usaha ini bukan lagi sekedar Pengabdian Masyarakat tapi sudah lebih jauh menjadi PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Bahkan dananyapun berasal dari masyarakat sendiri sehingga masyarakat kita menemukan kembali kearifan lokal yang dulu kita miliki yaitu GOTONG-ROYONG. Karena bayi di Malang ditolong oleh relawan Malang, bayi di Makasar ditolong oleh relawan Makasar dan demikian seterusnya. Kami di Markas UI Depok ini hanya sebagai Pusat kordinasi saja.

Jalan masih panjang, targetnya adalah 300 kota dan kabupaten. Untuk itu kami mohon doa dari anda semua, semua lebih banyak bayi prematur dan bayi kuning di tanah air kita ini yang bisa tertolong dengan Program Peminjaman Gratis Inkubator Bayi dan Fototerapi.

 

Iklan

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s