UAS ETIKA TERPUJI 2016


UAS ETIKA 2016 (THE)

 

Lihat nomor mhs anda, focus kepada digit terakhir saja:

Digit Magic keywords (MKW)
0  mindset
1 self-evaluation
2 murah hati
3 berbagi
4 mandiri
5 kepemimpinan
6 konstruktif
7 akhlak
8 ketulusan
9 sabar

MKW ini akan digunakan dalam UAS (THE) anda.

 

UAS (THE) Etika Terpuji ( v 001.0)

(Issued 16 Mei 2016)

Telah dibagikan kepada semua peserta MAGIC KEYWORDS (kata kunci), bisa satu kata saja, atau dua kata. Ada juga keywords dalam bahasa Inggris (tentu tak masalah bila memahami artinya).

THE (Take Home Examination) ini  dikumpul langsung pada kordinator tanpa mel ketua group.

Senin 23 Mei 2016,  jam 12.30, dari kordinator kelas ke dosen, dan harus diketik MSWord  (jadi anda punya waktu seminggu untuk mengerjakannya di rumah).

Harap menuliskan di hal pertama bag atas : nama lengkap, no mhs, email, no HP, nomor kelompok dan MAGIC KEYWORDS anda.

Dilarang melakukan copy/paste dari pekerjaan teman. Baik joki maupun kudanya akan mendapat nilai nol. UAS atau THE ini adalah test individual, harus dikerjakan sendiri.

Kembangkanlah semua ide jenius anda,  tidak ada batasan minimum dan maksimum dalam mengerjakan THE ini. Kerjakan dengan urut mulai awal s/d no terakhir.

Buatlah essay (bisa diartikan dengan karangan bebas) yang berkaitan dengan beberapa  hal di bawah ini:

  1. Deskripsikan tentang tugas Proyek Etika Terpuji (PET) anda,  lokasi  obyek dan pekerjaannya sendiri. Dilarang copy-paste dari tugas group anda, berarti hanya mengandalkan ingatan anda saja.
  2. Pelajaran  apa yang anda dapatkan dari PET tersebut.  Apa maknanya bagi kehidupan anda.
  3. Bandingkanlah kehidupan mereka (obyek PET anda) dengan kehidupan anda pribadi.
  4. Sebutkanlah teman anda dalam group yang paling aktif dan berperan paling besar sehingga proyek group bisa sukses. Tanpa dia kemungkinan group anda akan gagal, jelaskan juga alasan-alasannya.
  5. Apa yang akan anda lakukan untuk bisa menolong atau meringankan beban kaum marginal.  Mengingat dalam diskusi dikelas kita sepakat untuk menolong sesama dan tentu anda mengetahui bahwa manusia yang  berguna itu adalah manusia yang bermanfaat bagi sesama.
  6. Carilah hubungan antara magic keywords yang diberikan pada anda dengan kegiatan proyek PET.
  7. Apa kaitannya tugas proyek PET yg telah anda laksanakan dengan masalah etika yang menjadi topik bahasan selama ini.
  8. Bagaimana pendapat anda tentang penggunaan internet untuk kepentingan gol/orang yg kurang bertanggung jawab sehingga melanggar etika, moral dan hukum. Akhir-akhir ini banyak kasus perkosaan s/d pembunuhan terhadap anak-anak karena terpengaruh efek negative internet. Dan bagaimanakah pencegahannya baik jangka pendek maupun jangka panjang.
  9. Lihat Teks berikut.

Alat berat akhirnya menghancurkan satu demi satu bangunan yang masih berdiri di Jalan Kepanduan II, Kalijodo, Jakarta Barat, pada Senin, 29 Februari 2016. Pemerintah DKI Jakarta akhirnya menertibkan kawasan Kalijodo yang dianggap telah menempati tanah negara selama puluhan tahun. Proses pembongkaran bangunan dimulai sekitar jam 07:30 WIB tanpa ada perlawanan dari warga. Wali Kota Jakarta Utara, Rustam Effendi, menyebutkan bahwa Pemerintah DKI Jakarta memutuskan untuk tidak mengeluarkan ganti rugi penggusuran bangunan warga Kalijodo karena bangunan tersebut berada di atas lahan milik negara.

Secara khusus Effendi memang telah meminta warga untuk patuh dan mau direlokasi, karena bila terus melawan, yang rugi adalah warga sendiri. Menurutnya, tanpa ruang terbuka hijau (RTH), Jakarta akan semakin sumpek dan akan terus mengalami banjir. Pemerintah ingin mewujudkan bahwa 30 persen tanah di Jakarta adalah untuk RTH. Salah satu caranya adalah dengan mengembalikan fungsi tanah negara ke peruntukannya. Kalau dibiarkan seperti sekarang, akan menjadi penyebab rusaknya kehidupan, termasuk di antaranya banjir dan segala macarn penyakit lainnya.

Tuliskan opini anda sehubungan dengan penggusuran Kalijodo di DKI Jakarta.

  1. Tuliskanlah opini anda terhadap kuliah Etika kita  yang anda alami sampai dengan akhir kuliah ini.

 

SELAMAT BEKERJA…

Dosen Raldi Artono Koestoer.-

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s