THMT KKE 2016 v1


Soal THMT KKE 2016
Konversi dan Konservasi Energi (Maret – April 2016)
Dosen Raldi Artono Koestoer
Pertama tulislah dahulu nama anda, nomor mhs, Email dan no HP, no group anda, di bagian atas hal pertama. Semua dikerjakan dg MSWord 2010 atau 2013.
THMT ini terdiri dari dua bagian, yaitu Bagian A berkaitan dengan masalah Konversi Energi sedangkan bagian B, berkaitan dengan masalah Konservasi Energi serta ide kreativitas dlm bid energy.
Kedua soal ini di-issue tgl 30 Maret 2016 secara bersamaan.
Namun waktu pengumpulan akan berbeda, Bagian A dikumpul (transfer file dari kord kelas ke dosen) tgl 03 April Minggu jam 12.00. Sedangkan soal bagian B dikumpul tgl 06 April Rabu jam 12.00… Kelas paralel dikumpul ke AMMAR dan kelas reguler ke FUAD.
Seperti biasa dari member pada ketua group lalu ketua group kirim pada sdr kordinator kelas (Fuad dan Ammar). Kord harus mengumpulkan ke dosen dlm bentuk satu file transfer (by email di zip, 1 group 1 folder). Semua harus meng-anti-virus terlebih dahulu filenya. Bila di file anda ada virus, maka pekerjaan anda tidak akan diperiksa. Nama file adalah nama anda (nickname saja cukup). Contoh nama file : Fulan_UTS_A atau boleh juga Joni_MidtesB. Tentu saja anda dilarang copy paste.

Soal A.
Telah di ekspos banyak topik di kelas beberapa diantaranya sudah kita diskusikan didalam kelas. Topik tersebut saya persingkat bunyinya menjadi demikian:
1) PLTU utk daerah diluar Jawa-Bali 2) Sistem Pendingin utk kapal nelayan yg efisien3) Energi non-fosil Hidro (Big, mini, mikro, piko) 4) Energi Panas Bumi dan penggunaannya di Indonesia 5) Bahan Bakar Nabati (BBN) keuntungan dan hambatan 6) Energi Nuklir 7) Gasifier dengan berbagai bahan bakar, biomassa lokal 8) Energi Angin dan kemungkinan pengembangannya di Indonesia 9) Energi Surya dgn photovoltaic atau pemakaian direct thermodynamic10) Free Energy, perpetual machine, Telsa system.
Topik diatas akan saya tambah bbrp lagi jadi:
11) Pemanfaatan Energi local utk daerah asal anda (mis anda orang Aceh, ya pilihlah utk Aceh). 12) Pemanfaatan biomassa didaerah pertanian dan perkebunan 13) Teknologi baru utk pemanasan (peleburan logam) Hutchinson effect, electromagnetic, dll Lihat google dan youtube 14) Energi samudra, seperti tidal, OTEC, celah antar pulau dll 15) Energi bersih dan problem turunnya harga minyak dunia, penggunaan dan potensi EBT serta emisi karbon, 16) Ketergantungan kita pada energy fosil, produksi turun konsumsi naik, keterbatasan infrstruktur 17) Pengembangan energy bersih yg terkendala investasi awal tinggi, payback period lama, adanya subsidi BBM. 18) Peningkatan kord dan kerjasama antara pemerintah praktisi akademisi dan investor.
Dengan demikian tersedia banyak topik (k.l. belasan) untuk anda membuat makalah yang minimal 3 halaman tidak termasuk gambar dan tabel. Kembangkanlah dengan tabel grafik dan data yang obyektif. Makalah anda mencakup latar belakang, perumusan masalah, pendekatan masalah, prinsip kerja, data fakta obyektif dan kenyataan yang terjadi. Boleh ada perbandingan, bisa ada pengolahan data, cobalah menganalisis. Bagian akhir harus berisi telaah kritis, kemungkinan pemanfaatan di Indonesia baik di kota besar maupun di remote-island, opini, diskusi, kesimpulan. Artinya pendapat anda sendiri bukan sekedar menyalin sana sini saja. Semua tulisan dibuat dengan bahasa Indonesia yang baik. Dan jangan lupa mencantumkan referensi.
Lihat no mhs anda, perhatikan dua digit terakhir, jumlahkan. Itulah no topic yang harus anda pilih dalam membuat makalah. Contoh si Fulan no mhs nya berakhir dgn angka 23, 2+3=5 maka berarti si Fulan harus memilih topic no 5 yaitu Bahan Bakar Nabati. Bila angka akhir 99 maka anda mengerjakan topik no 18 (Peningkatan kerjasama pem dll). Topik bukan berarti judul karena judul boleh anda buat bebas sehingga makalah bisa dikembangkan sesuai minat anda.

Soal B.
Konservasi, Heat Recovery, Penghematan Energi dan ide kreatif free energy generation.
Bagaimana memanfaatkan energy yang terbuang atau menghemat membuat lebih efisien di beberapa peralatan
1. Pemanfaatan kalor buang Condenser dan/atau cooling tower dari sebuah pembangkit skala kecil.
2. Air conditioning dalam gedung. Kalor yg terbuang di outdoor unit utk sistem split.
3. Kalor terbuang di kendaraan motor dan atau mobil.
4. Penghematan energy Rumah Tangga, coba ide baru dg masukan energy baterei atau system energy lain (matahari, angin dll) sebagai subtitusi, sehingga rekening listrik berkurang bahkan bisa nol samasekali.
5. Pemanfaatan kalor terbuang di tungku pengecoran logam
6. Penghematan energy utk industry kecil dan atau home-industry. Ambil sebuah kasus mis:pabrik tahu, industry krupuk atau kripik, toko kue,
7. Pemanfaatan energy matahari atau energi non-fosil lain untuk keperluan satu kampung yang terdiri dari 10 keluarga.
8. Tanggapan terhadap kemungkinan penurunan harga BBM sbg dampak turunnya harga minyak dunia termasuk komen thd subsidi bahan bakar di Indonesia. Mengapa perlu ada subsidi untuk sebagian masyarakat kita.
9. Konversi langsung energy matahari utk berbagai keperluan (mis pompa, kompor dapur bahkan untuk pendinginan, dll)
10. Ide baru free energy utk skala rumahan atau juga untuk listrik satu kampung (petunjuk lihat google dan youtube)
Sekarang perhatikan digit terakhir dari no mhs anda, maka anda harus memilih topik konservasi anda sesuai dgn digit terakhir no anda. Mis si Jonibudi no mhs berakhir dengan angka 5 maka dia harus memilih topic no 5 yaitu Pemanfaatan kalor terbuang di tungku… Bila berakhir dengan angka nol maka anda harus memilih topic no 10.
Sama seperti instruksi di soal A, anda harus membuat makalah minimal 3 hal dengan beberapa ketentuan yang sama dengan soal bagian A.

SELAMAT BEKERJA…

Iklan

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s