Persyaratan Agen Relawan


Semenjak muncul di Metro-TV tgl 26 Sep yang lalu, banyak permintaan dari dua sisi. Sisi bawah adalah para pemakai inkubator, artinya para keluarga yg membutuhkan inkubator krn mereka punya bayi prematur. Dan sisi atas adalah mereka yang berniat untuk membantu program ini dengan menjadi agen relawan. Komunikasi terjalin melalui SMS gateway Center, 0856 5931 2070 seperti yang kami sebutkan waktu di Metro-TV.

Tentu saja kami merasa gembira, karena makin banyak yang membantu, makamakin cepat persebaran inkubator gratis ini ke seluruh Nusantara dan tentu saja akan makin banyak bayi prematur yang akan tertolong.

Kelihatannya mudah untuk menjadi agen relawan, sepertinya asal sudah bersedia bekerja secara suka-rela maka sudah bisa menjadi agen relawan. Kenyataannya tidak selalu demikian sejauh ini mereka yang terseleksi, ini kira-kira saja dari semua permintaan yang masuk, hanya diterima 50% saja. Lalu mengapa demikian ? Koq orang sudah mau bantu malah dipersulit ?

Kalau bisa saya persingkat satu dua kata saja, maka syarat utamanya adalah mereka yang sudah mencapai level, FINANCIAL-FREEDOM (secara fisik dan mental).

Dan ini syaratnya:

Pertama, mengirim surat permohonan untuk menjadi agen relawan melalui email koestoer@eng.ui.ac.id. Selanjutnya komunikasi akan di-guide melalui email dan SMS. Usia calon harus sudah lebih dari 35 thn sudah berkeluarga dan punya anak.

Kedua, harus membaca dulu dua artikel di blog ini, yaitu

https://koestoer.wordpress.com/pengabdian-masyarakat/calon-agen-peminjaman-inkubator/

https://koestoer.wordpress.com/2014/06/30/tingkatan-relawan/

Ketiga, bila sudah maklum akan isinya, individu yg bertanggung-jawab tersebut harus mengirimkan CV nya, cukup 2 halaman saja termasuk softcopy foto. Sekalipun yang berminat adalah institusi misalnya sebuah yayasan, maka harus tetap ada individu di institusi tersebut yang bertanggung-jawab terhadap program ini. Dan dialah yang diperlukan CV nya.

Keempat, tentunya semua memahami bahwa bangsa kita ini mempunyai sebuah local-wisdom yaitu azas GOTONG-ROYONG. Artinya kita bahu-membahu dalam menolong bayi. Maka diharapkan bayi didaerah A ditolong oleh relawan dan donatur dari daerah A itu sendiri. Maka dianjurkan dengan sangat (sehingga akhirnya menjadi syarat utama), calon agen mengganti biaya produksi 2 unit inkubator yaitu 2×3,5 juta = 7 juta. Dan 1 unit lampu Fototerapi senilai 1 juta rupiah. Jadi total 8 jt. Tentu saja ini bukan paksaan, beberapa diantara mereka yang minat kuat tapi finansial terbatas minta nego. Saya bilang begini ‘Bolehlah satu unit inkubator dan satu unit Fototerapi.’ Karena dimusim penghujan banyak bayi yang menderita bilirubinemia (bayi kuning), mau di jemur tidak bisa, tiap hari mendung. Berat bayi sudah 3 kg.

Unit diatas itulah sebagai modal awal program peminjaman untuk daerah lokasi dimana agen berada. Tentu saja karena saat ini pembuatannya masih di Depok, calon agen harus menanggung juga ongkos kirimnya.

Kelima, bila ganti biaya produksi dan ongkir sudah dikirim, maka itulah tanda jadinya. Berarti selanjutnya kami akan mengirim 2 unit inkubator, surat perjanjian berneterai, dan semua kelengkapan dokumen petunjuk yang berkaitan dengan alat inkubator dan dokumen pendukung lainnya. Delivery ini biasanya makan waktu 2-3 minggu, tergantung kondisi dan situasi.

Keenam, bimbingan untuk agen relawan berlangsung terus menerus. Lebih diutamakan melalui saluran ONLINE. Yaitu SMS, Whatsapp, facebook dan email. Sambil kita bersama mengerjakan program ini, kita belajar juga dari pengalaman masing-masing yang akan di share melalui kontak ONLINE.

Ketujuh, agen yang sudah berada pada level financial freedom diperkirakan memiliki kendaraan roda empat. Dengan demikian diharapkan inkubator bisa diantar ke rumah peminjam dan dijemput kembali bila sudah selesai. Gol pra-sejahtera tentu tidak punya mobil atau mempunyai keterbatasan dalam mengambil inkubator, untuk itulah pada prinsipnya para agen diharapkan sekaligus bisa mengatasi problem transportasi ini.

Secara garis besar itulah persyaratan menjadi agen relawan dan tentu saja diperlukan lebih dari satu agen untuk tiap daerah/atau kota dan atau kab kota. Bayi prematur yang perlu ditolong banyak dan ada dimana-mana. Dengan demikian diharapkan agen aktif mencari bayi prematur dan mempromosikan program ini dengan cara non-komersial dan elegant. Jangan biarkan inkubator penolong bayi ini ‘mangkrak’ di rumah anda.

Lihat inkubator di metro-tv

http://video.metrotvnews.com/play/2015/09/26/434913/profesor-inkubator-penyelamat-sang-buah-hati

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s