PPBU-BPPDN Caldos Dikti


Sejak 4 tahun yang lalu Dikti (Direktorat Pendidikan Tinggi) memberikan beasiswa untuk calon dosen muda untuk seluruh Indonesia. Tahun ini katanya jumlahnya sekita 2000 an. Mereka adalah lulusan S1 baru dari Univ negeri dan berminat untuk jadi dosen dan akan melanjutkan studi ke jenjang berikut, nanti bila sudah selesai mereka membaktikan dirinya untuk jadi dosen di Universitas Negeri.

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) memiliki sebuah program pemberian beasiswa untuk mereka yang berkesempatan melanjutkan pendidikan pascasarjana di dalam negeri, lebih jauh beasiswa ini dikhususkan untuk menjadi calon dosen yang kelak akan mengisi titik kosong keperluan dosen di seluruh Indonesia. Ya, beasiswa ini dikenal dengan sebutan Beasiswa Unggulan atau Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri untuk Calon Dosen (BPPDN Caldos Dikti).

Penerima beasiswa BPPDN ini tidaklah sedikit, mereka tersebar dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Komunikasi dan kedekatan diantara mereka sangatlah penting, sehingga beberapa tahun yang lalu sudah dibentuk sebuah keluarga besar penerima beasiswa BPPDN dengan nama Perhimpunan Penerima Beasiswa Unggulan Nasional (PPBU Nasional).

Tahun ini aktivitasnya menyelenggarakan seminar – 4th Scientific Meeting -.

Kali ini temanya:

Membangun Karakter Dosen Muda untuk Kemajuan Pendidikan TInggi di Indonesia

Yang diselenggarakan pada: Jumat s/d Minggu 14-16 Agustus 2015, di kampus UI.

Entah bagaimana asal muasalnya, saya diundang untuk memberikan ceramah ‘inspiring talk #2’. Sedangkan #1 dan #3 nya adalah Anies Baswedan dan Rhenal Kasali.

Demikianlah datang 4 orang wakilnya di kantor saya Depok, Hendra Dhe Sitanggang, Ira Marti Ayu, Netta Liliani, Jenny Primanita Diningrum. Merekalah yang memberikan info pada saya tentang PPBU. Waktu saya tanya koq ujug2 saya yang diundang untuk menjadi pembicara. Tidak ada satupun diantara mereka yang bisa menjawabnya. Gak pa pa deh, kan saya emang nganggur jadi pasti insya Allah ada waktu untuk berbagi, apalagi untuk dosen muda, tentu saya bersedia. Berhubung setiap tamu pasti akan di foto (kalau ingat) maka berposelah kami bersama di etalase inkubator.

Calon dosen PPBU dari UI Hendra, Ira, Netta, Jenny

Calon dosen BPPDN dari UI Hendra, Ira, Netta, Jenny

PPBU (2)

Iklan

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s