Kambang Iwak di Palembang


Jug-ujug pada suatu hari saya berada di depan hotel Swarnadwipa, dan karena memang masih pagi sekitar jam 6, rasanya badan perlu diajak senam sedikit. Jalanlah saya melintas tempat parkir mobil…eh…eh… Ternyata sudah ada seribuan orang yang berolahraga disitu. Rupanya di depan hotel ini memang ada semacam danau kecil. Orang Betawi bainyanya nyebut Situ atau Setu (Situ Lembang, Setu Babakan) dan di trotoir lebar sekeliling danau itulah orang pada jalan dan lari. Tentu saja banyak muda-mudi yang mejeng. Rupanya oleh Pemkot memang sudah disediakan tempatnya utk berolahraga, jadi ada taman di mana anak-anak bisa bermain dan bapak2 bisa sedikit fitness angkat bodi. Banyak juga PKL jual bubur ayam, bakso, pempek dan makanan lain. Wah ramai sekali.
Itu hari sabtu, tentu saja saya berpikir tentu kalau besok minggu akan lebih banyak lagi orang. Dan benar…Keesokan harinya saya keluar. Bukan saja ramai orang tapi memang seputaran danau itu sudah dibuat jadi daerah CFD (?)…duh apaan tuh ? Car Free Day… tau…

Tentu saja saya sudah siapkan alutsista yaitu tustel dan tongsis, yang tidak akan pernah saya lupakan sebagai piranti utama saya untuk berselfi-ria. Nama lokasinya KAMBANG IWAK BESAK… Nah wongkito yang sudah lama gak balik kampung, mampirlah sabtu dan minggu pagi sambil berolahraga. Badan jadi bugar, dan tak boleh dilewatkan adanya senam bersama yang di kordinir oleh Yayasan Jantung Sehat Sumsel. Yang ikut senam dari anak-anak, muda-mudi, bapak ibu, kakek nenek…pokoknya semua deh. Mirip CFD di Senayan Sudirman HI di Jakarta. Semua kuliner lokal juga hadir termasuk JASUKE…Apaan tuh… Lihat saja videonya.

Saya tanya sama orang disana apa artinya Kambang Iwak Besak, mereka bilang Kambang= danau kecil, Iwak= ikan, Besak = besar. Saya jadi ingat waktu mampir di Pekanbaru, disana k.l. sama suasanya di hari ahad pagi, lihat https://www.youtube.com/watch?v=N2JMPmT2Nxg

Baguslah dengan berolahraga kita jadi sehat. Dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula.

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

