Kasus Omphalocle bayi


Genap sudah 3bulan usia ananda Arliana Khansabillah. Sebelumnya ananda lahir dengan kondisi “istimewa” sehingga kami pada saat itu merasa tidak berdaya dan bingung bagaimana menghadapi kondisi ananda dengan bawaan “Omphalocle” namun berkat doa dan dukungan dari saudara serta sahabat kami bisa menghadapi ini semua. Pada saat itu karena kondisi omphalocle tidak boleh infeksi lalu saya mencari cara supaya ananda terlindungi dari udara yg tidak steril, lalu terpikir dalam benak saya untuk menggunakan incubator di rumah nanti. Karena setelah saya baca baca dari internet kondisi anak omphalocle harus selalu hangat dan steril supaya omphalocle nya tidak infeksi. Dan berkat informasi dari abang saya bahwa ada peminjaman incubator gratis dari FT-UI yg di pimpin Prof.Raldi, maka saya pun mencari informasi lebih dari inernet, alhamdulillah ketemulah no telpon yg bisa dihubungi namun harus SMS dulu….:-) Alhamdulillah….incubator ada yang standby… Sekarang Ananda Arliana Sudah dalam kondisi lebih baik….. Terimakasih Pak Prof.Raldi and all crew…..semoga amal bapak dan team dibalas Allah SWT dengan berlipat ganda…..Aamiin…
Omphalocle 2090057047196289986_n
Bandung kasus : omphalocle (usus diluar) 1. Arliana Khansabillah 2. 21-12-2014 3. BB 2.6kg dan PB 49cm. Setlh konsul dg dokter RS, krn akan lama perawatan jd di rmh dg inkubator gratis dari FTUI. Ortu bayi Ardiyansah Bandung.
-0-
Waktu permintaan peminjaman masuk melalui sms dimana ortu bayi memberi info tentang kasus omphalocle ini, kami langsung bersiap dengan mencari info dari internet dan konsul dokter anak. Rehan asisten menyiapkan inkubator spesial ‘Grashof Plus’. Inkubator ini bukan inkubator yg biasa, karena ukuran kabinnya lebih besar. Asalnya adalah inkubator besar yg dulu dipajang di DRPM selama 3 th, yg kemudian kami minta dan langsung modifikasi dengan sistem Grashof (Natural convection).
Kondisi khusus itu adalah pertama ruangan harus lebih steril. Jadi dianjurkan untuk memakai AC, dimana kebetulan rumah ortu bayi memang kamarnya pakai AC. Kondisi kedua, suhu yg diminta adalah 31-32 dgC, sedangkan inkubator grashof kami biasanya 33-34 tanpa AC (karena ditujukan utk gol nengah bawah). Rehan berinisiatif untuk mengurangi power dari tadinya 80 Watt menjadi 50 Watt. Dan setelah dicoba di lt 2 DTM dengan menyalakan AC ruangan, ternyata suhu 31-32 dgC dengan mudah bisa tercapai.
Demikianlah selama 1,5 bulan bayi omphalocle didalam inkubator A04M (Grashof Plus) dengan posisi khusus: usus digantung tegak-lurus dan akan turun masuk perlahan secara gravitasi. Dengan handle with care 24 hrs dari bapak ibu bayi, minggu lalu inkubator sudah dikembalikan dan bayi sudah jauh lebih sehat.
Alhamdulillah.-

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s