Kapal TRIWITONO di Danau UI


Kapal ini diberi nama oleh penggagasnya TRIWITONO. Jadi tadi siang dalam rangka percobaan untuk peresmian tgl 13 Okt 2014 nanti, saya ikut naik dan merasakan lajunya kapal itu di danau UI. Penggagas dan pembuatnya adalah

HADI TRESNA WIBAWA

Salah satu dosen di PS Teknik Perkapalan FTUI. Sedangkan Alm bapak Triwitono adalah pendiri PS Teknik Perkapalaan ini. Seperti biasa kesempatan naik Kapal Pelat Datar ini tidak saya lewatkan begitu saja tanpa mengambil video-klip walau hanya beberapa menit (mungkin 7 menit) sekali putar danau.

Plis Klik

Berikut ini adalah nota resmi dari group yg sedang melakukan litban dan pengujian kapal pelat datar ini. By The Way kami sambil becanda selalu menyebut kapal ini dengan nama ‘kapal patah-patah’ alias broken-ship karena terdiri dari pelat saja sehingga mudah membuatnya (tak ada bagian yg lengkung).

-0-

Overview Note Kapal Pendidikan & Riset

Pidato Joko Widodo dan Jusuf Kalla pada tanggal 22 Juli 2014 setelah penetapan KPU di atas Kapal Pinisi di Pelabuhan Sunda Kelapa, mengisyaratkan keseriusannya mengembangkan Indonesia menjadi negara maritim.

Tidak secara kebetulan kalau yang dipakai adalah Kapal Pinisi yang sudah dikenal dunia, kapal yang mempunyai sejarah dan budaya yang panjang dengan nakhoda dan awak kapal yang terkenal kehandalannya. Tuntutan kemajuan zaman dengan transportasi laut yang lebih modern, mengandalkan teknologi dan modal yang besar diharapkan tidak menyurutkan peran pelayaran rakyat yang sudah terbukti dengan setia melayari pelosok Nusantara.

(maaf foto sulit di unggah)

Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang berkesinambungan, tidak bisa dilepaskan dari sejarah dan budaya bahari Indonesia. Road map budaya bahari ini sudah lama menjadi topic penelitian di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.

Berbicara mengenai wilayah negara maritim Indonesia, seringkali terlibat dalam perselisihan mempertahankan pulau-pulau terluar yang berbatasan dengan wilayah negara tetangga. Fakultas Hukum Universitas Indonesia sering terlibat perkara ini, pendampingan hukum bagi nelayan Indonesia yang ditangkap oleh negara tetangga karena memasuki wilayahnya tanpa sengaja, menghadapi tumpang tindihnya aturan dan kewenangan berbagai instansi pemerintah, masalah illegal fishing, dll.

Kurangnya kapal untuk menghubungkan antar pulau yang selama ini mengandalkan kapal perintis dan kapal pelayaran rakyat serta belajar dari pengalaman fakultas-fakultas di atas, Program Studi Teknik Perkapalan Universitas Indonesia mencoba mendesain kapal secara sederhana dan mudah dibuat, dapat melibatkan pengrajin kapal tradisional yang tersebar di Nusantara, desain Kapal Pelat Datar sudah diajukan permohonan pendaftaran paten dengan:

Judul Invensi             : Kapal dengan Lambung Pelat Datar

No. Permohonan     : POO 201304514

Tanggal Pengajuan  : 07 November 2013

Berbicara dengan Rektor Universitas Indonesia dalam rangka Dies Natalis FTUI ke-50 yaitu peresmian kapal TRIWITONO, Kapal Pendidikan dan Riset di danau Universitas Indonesia, kami menyadari betapa luar biasa potensi Universitas Indonesia yang memiliki berbagai bidang ilmu yang ada di tiap fakultas. Potensi ini kalau dipadupadankan menjadi manfaat yang besar bagi kesinambungan Pembangunan Indonesia, suatu pembangunan yang dilihat dari berbagai segi.

Salam Makara yang dikenal sebagai salam persatuan seluruh civitas Universitas Indonesia dan juga sebagai simbol kebanggaan dan pengabdian Universitas Indonesia untuk bangsa dan negara ini pasti mampu mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Catatan: foto-foto yg saya dapatkan dari

sanlaruska fathernas
Naval Architect University of Indonesia
ternyata tidak bisa saya unggah. Jadi terpaksa saya gantikan dengan video  foto lain yang diambiltadi siang waktu mencoba kapal di danau UI.
Iklan

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s