Socio-technopreneurship inkubator bayi di Makassar


Kalaulah sekarang sedang berjangkit di dunia sebuah virus yang ditakuti oleh semua negara dinamakan VIRUS EBOLA, kami malah menyebarkan virus lain yang tidak perlu ditakuti, malah perlu dipahami lalu ditiru. Itulah yang disebut Socio-Technopreneurship.

Jadi macam mana binatangnya Socio-Technop ini ? Itulah makanya harus dengar ceramahnya dulu, tidak cukup waktu 7 jam untuk menjelaskannya…

Demikianlah karena niat kami adalah menyebarkan virus ini, maka mulailah langkah pertama di Sulawesi Selatan, dengan sebuah contoh kasus yang kami sebarkan untuk seluruh nusantara ini, yaitu  – Peminjaman Gratis Inkubator Bayi untuk di rumah -. Wabil khusus ditujukan untuk menolong gol menengah bawah. Ibu Andi Musdariah dosen Poltek Ujung Pandang yang menjadi host-nya dan seminarnya diselenggarakan di aula poltek yang lokasinya di kampus Unhas ini.

Diterima oleh Wadir 2 bpk Andi Gunawan, ceramah dihadiri oleh banyak kalangan dosen dan tentu saja mahasiswa poltek. Acaranya persis berlangsung seperti apa yg telah direncanakan

09.10.30 Inspiring Story Perubahan Paradigma dan Pola Pikir Bisnis- Bisnis Sosial- Entrepreneur- Sosio-Technopreneurship
10.30-10.45 Istirahat
10.45 -12.00 Aktivitas Peminjaman Gratis Inkubator Bayi di Jabotabekban dan 12 kota sejak jan 2012
12.00-12.15 Aktivitas Peminjaman Gratis Inkubator di Makassar (Yayasan Panrita Multi Edukasi)

12.15. 13.15 Ishoma

13.15-13.45 Intro Workshop 20 Prototype Inkubator Bayi
13.45- 16.00 Designing and Manufacturing Grashof- Inkubator (oleh Ibnu Roihan ST)

Tapi kemudian terjadi hal-hal yang diluar dugaan dan memakan banyak waktu sehingga kepulangan tertunda yaitu… fotow memotow.. yang luarbiasa heboh. Semuanya minta di potret sama pembicara…hiqhiqhiq… kaya selebriti. Dan ternyata setelah itu dilanjut dengan wawancara TV, yaitu SAN-TV (betul gak tuh nulisnya ?)… Huh luarbiasa heboh. Tak diduga esoknya sudah tayang di MNC-TV jam 12.30 WIT. Akhirnya…akhirnya … sy masuk juga ke TV-DANGDUTAN… gila pdhal sy gak pernah nonton tv itu.

Tak lupa bada Zhuhur saya diminta kultum di masjid Poltek Ujung Pandang. Ini karena disitu ada Rahman mantan student S2 di Teknik Mesin FTUI 2-3 tahun yang lalu.

Esok paginya kami visit Rumah Sakit Pendidikan Unhas, yang baru dibangun dan baru pindah dari tempat lama. Ada beberapa gedung nampaknya dan masih belum semua selesai. RS ini khusus dibawah Kemendikbud jadi tdk dikelola oleh Kemenkes. Langsung kami nuju ruang NICU nya dan mengambil banyak foto sekalian menginterview perawat yang disitu. Saya ambil juga videonya plis lihat youtube (search aja NICU Unhas). Waktu mau pulang kami sempat beraudiensi dengan Dokter Idhar Mappa… lupa…ahli jantung dan penyakit dalam. Beliau manusia luarbiasa berpandangan strategis terutama berorientasi pada kepentingan dan kemanfaatan untuk rakyat banyak.

Mampirlah kami sesudah itu ke Akademi Perawat Sandi Karsa. Dari dokter Wahyudin ketua yayasan dan ibu direktur, kami mendapat penjelasan bahwa Makassar ini pusatnya sekolah perawat. Hampir 70 sekolah tinggi perawat ada di lokasi Makassar dan sekitarnya. Dengan kata lain pusat studi keperawatan untuk wilayah timur Indonesia ini Makassarlah pusatnya. Sambutan dari ibu-ibu perawat senior ini luarbiasa… Sampai foto-foto menyebabkan kami terlambat lagi meneruskan kunjungan ke STIKES… Hah kacau…lupa lagi namanya. Padahal disitu sudah dikasi makan sampai kenyang….Oh ya baru inget sekarang STIKES Nani Hasanuddin Makassar (…uh… edited 2709). Disitu ada istilah baru, yg kami dengar: ” Kami-kami ini hanya PENJAGA LADANG saja.”

So…Kesimpulannya kunjungan kami ini sepertinya sudah diramalkan oleh Napoleon Bnaparte jaman dahulu kala:

VINI – VIDI – VICI

Tentu saja semua ini adalah karena Allah SWT yang membukakan semua pintu, kata relawan senior dari Soppeng pak Djaja Nur Mas kalau nawaitu-nya sudah baik, insya Allah segala sesuatunya akan lancar.

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s