Pemuda harapan bangsa


Bermula dari email RS the fresh-graduate yang bilang bahwa groupnya, penerima beasiswa LPDP mau minta wejangan dan nasehat dari orang yang dianggap sudah jadi pengabdi masyarakat. Mereka sebentar lagi akan berangkat melanjutkan studinya ke UK. Dalam hati sih:” Cie cie…cie pengabdi masyarakat ?”  Predikat baru nih kayanya, Naik tingkat dari tadinya disebut…’Pecundang Teknologi’…hek..hek..hek..ter mehek2.

Jadi begini emailnya, kalo gak percaya saya copas sedikit.

Assalamualaikum. Selamat Pagi Prof Raldi. Saya RS Prof, mahasiswa bimbingan Prof NP. Saya beserta rekan2 penerima beasiswa LPDP yang akan berangkat kuliah ke luar negeri diarahkan untuk meminta wejangan dari tokoh yang telah mengabdikan dirinya pada masyarakat. Saya mengajukan nama Prof Raldi ke rekan2, dan diminta untuk menanyakan kesediaan Prof untuk ditemui. Apakah memungkinkan jika kami menemui Prof pada hari Minggu atau Senin ini? Terimakasih Prof. Salam, RS.

Dan tentu saja saya bersedia. Saya sebenarnya tidak concern pada mereka one by one, tapi saya concern pada… MASA DEPAN BANGSA INI. Saya menyaksikan mhs yg hebat (dikala muda) waktu di kampus jadi aktivis yang secara murni membela kepentngan rakyat. Dan garang, memperjuangkan hak-hak kaum yang tertindas. Tentu saja mereka juga pandai karena banyak yg lulus tepat waktu dengan nilai yang baik. Tapi 10-15 th kemudian berubah. Jadi pegawai negeri bahkan juga jadi pejabat yang L E M O T … Duh hilang kegarangannya semasa mahasiswa. Bila diwawancara oleh wartawan menjawab penuh dengan hambatan… Tentu saja karena banyak menyembunyikan sesuatu. Kelihatan takut salah, atau jawaban yang ngambang kanan kiri banyak ngeles. Tentu saja dilain pihak dalam talkshow TV mereka jg jadi orang yang mahir bicara ngeles (kedepan kita hrs gini gitu, tp yg lalu gak diomongin krn kerja gak ada hasil. Budget abis result nol) tetapi bukan bicara yang sebenarnya seperti dulu waktu mrk mhs. Ada juga yang akhirnya dipanggil KPK, yg notabene oleh teman sendiri si Jobud yang berkepala dingin itu.

Inilah yang saya sampaikan kpd mereka. Buktikan nanti 10-20 thn lagi bahwa saya… salah. Nanti kalian akan bekerja hanya utk kepentingan kaum elit, gol atas, orang-orang kaya. Lah…lalu rakyat siapa yang mikirin (kata Cak Lontong: ” Miiikkiiirr ! “) Padahal kalian sekolah notabene atas biaya rakyat.

Tentu saja saya bumbui dengan dongeng inkubator gratis yang sekarang sudah eksis di 12 kota. Terlihat sekali mereka mempunyai semangat dan motivasi yang meng-gebu2. Mari kita lihat sedikit foto dan videonya. Mereka akan studi lanjut ke London, Sheffield dan Manchester. Katanya PK 17, selamanya Indonesia.  Dua lulusan ITB dan dua lulusan UI.

Penerima beasiswa LPDP yg akan ke UK

One response

  1. Saya sejujurnya juga bingung dan takut sama apa yang bapak katakan diatas.
    Saya bingung karena apa dahulu mahasiswa-mahasiswa yang sekarang jadi pejabat tidak berpikir seperti kita sekarang untuk memajukan bangsa, namun nyatanya, mendem juga. Lalu apa yang buat mereka, bahkan yang megang organisasi-organisasi seperti BEM,dll berbalik.

    Selain itu, saya sendiri pun niat untuk mau memajukan bangsa sangat besar, namun takut jika bekerja dipemerintahan, takut terbawa dengan suasana yang notabene buruk..
    Saya sendiri akhirnya memutuskan untuk tidak mau bekerja di pemerintahan, mending di swasta aja, dapet ilmu, terus buka usaha deh..
    Semoga impian kasar saya ini benar bisa terwujud, dan gak OMDO kayak yang banyak sekarang.

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

