Bayi Sembuh Sendiri


Beberapa hari yang lalu saya menerima sms dari bapak bayi, tepatnya tgl 14 Juni 2014. Seperti biasanya prosedur kami dari Tim Inkubator FTUI, setiap sms yang masuk yang isinya k.l. permintaan peminjaman inkubator, maka akan kami kirim -greetings- (sapaan) lebih dulu.

Mengapa demikian ? Seakan-akan koq cuma nambahin pulsa saja, tanpa guna. Mengapa tidak -straight to the point- saja.

Biar nanti dijelaskan melalui contoh konversasi dengan bapak bayi.

Sebelumnya mohon maaf, nama tidak dirahasiakan untuk kepentingan contoh kontak komunikasi bagi masyarakat banyak sehingga diharapkan menjadi informasi yang berguna.

-0-

(14/06/14)

(YY) Ass. Prof. Perkenalkan nama sy gatot prof, beberapa hari yg lalu istri sy melahirkan anak kami yg kedua, berat badan anak kami waktu lahir hanya 1,9  Prof, dan sepertinya harus menggunakan inkubator, tapi kami tidak mampu untuk menyewa atau membawanya ke rumah sakit, setelah sy membaca artikel prof, sy ingin sekali meminjam inkubator nya prof. Mohon penjelasannya prof. Terima kasih

Pak Gatot dimana

(15/06/14)

(YY) Sy di bogor prof, tepatnya di ds. Tegalwaru rt. 05/03 kec. Ciampea kab. Bogor prof.

Kami Tim Inkubator-UI bekerjasama dg Y Bayi Prematur Indonesia, Siap membantu anda dg LAYANAN GRATIS Peminjaman Inkubator bayi utk di rumah.

(ini -greetings- Tim Inkubator)

(16/06/14)

(YY) Terima kasih prof. Atas bantuannya.

Kirim 1 nama bayi 2 berat lahir BB PB 3 nm ibu hp 4 nm ayah hp pek 5 alamat rmh 6 RS 7 kpn pulang 8 bs ambil di UI depok ?

(ini prosedur selanjutnya utk mendptkan data-data yang kami perlukan)

1. Nama bayi, Naura Darmadi putri, 2. BB 1,9 kg, PB 45cm, 3. Nama ibu, Novita sari, hp. 0856952021xx, 4. Nama ayah, Gatot Farmasi, hp. 0812103333xx, karyawan swasta, 5. Ds. Tegalwaru rt. 05/03 kec. Ciampea kab. Bogor, 6. Bidan Yana, A. Md, Perum Griya Dramaga Asri. Jl. Wijaya kisah II blok H1 no. 22-23, ds. Cibanteng kec. Ciampea kab. Bogor. Telp. 0251-86213xx, 7. Bayi kami sudah pulang sejak tanggal 10 juni 2014.

(pertanyaan no 6 sebenarnya kami hanya perlu nama RS saja untuk mengetahui level RS tsb. Ada juga sebenarnya bayi yang lahir di rmh atau di tempat praktek bidan dan atau puskesmas).

(YY) Maaf prof. Nama ayah, Gatot Darmadi

Pak Gatot Darmadi, apakah bs ambil inkubator di UI Depok..

(Pertanyaan ini sebenarnya sebuah pernyataan sudah -dealt-  artinya inkubator tersedia dan siap untuk dipinjamkan)

Timbangan bayi digital dipinjamkan dalam satu paket dengan inkubator, per 2-3 hari ibu bayi lapor berat bayi.

timbangan bayi digital dipinjamkan dalam satu paket dengan inkubator, per 2-3 hari ibu bayi lapor berat bayi. Satu alat lagi adalah Temperatur digital.

Lokasi Inkubator: Kampus UI Depok, Fak Teknik, Gd Teknik Mesin, Lt 1 (Sdr Syarif); Mhn utk tidak memberi apapun pd petugas. Jam 9-16 Hari ini atau bsk.

(YY) Terima kasih, mungkin besok akan sy ambil, kalo boleh tau ukuran inkubator nya sebesar apa, untuk penyesuaian kendaraannya

50x60x70 cm3

(YY) Terima kasih

(17/06/14)

(YY) Ass. Prof. Kami ucapkan terima kasih sebelumnya atas bantuan peminjaman inkubator nya, setelah kami konsultasi dengan dokter bayi kami sudah tidak memerlukan inkubator lagi, mudah2an inkubatornya bisa digunakan untuk bayi lain yg lebih memerlukannya. Sekali lagi kami sekeluarga mengucapkan terima kasih.

Ok congrats bayi anda sehat..

(YY) Terima kasih prof.

-0-

Jadi setelah berpengalaman 2,5 thn mengurus peminjaman inkubator ini, ternyata banyak hal terkait yang bukan sekedar masalah medis bayi prematur.

Tentu saja maslaha lain yang berat adalah berkaitan dengan ekonomi dan finansial. Dimana keluarga bayi harus bayar DP dan juga biaya perhari di ruang NICU. Hal ini tentu memberatkan dan membuat bapak bayi dan terutama sekali IBU BAYI menjadi cemas dan stress. Jadi ada masalah psikologis rupanya. Simak masalah yang terkait… Medis Teknis Ekonomis dan Psikologis… (sudah 4 fakultas tuh…)

Dan berikut ini informasi dari para perawat yang berpengalaman dan para ibu

BILA IBU HAPPY MAKA BAYI HAPPY

BILA IBU STRESS MAKA BAYI STRESS

Jadi ada tali batin dari hati ke hati antara ibu dan bayi yang tidak terlihat mata. Namun eksistensinya hanya dirasakan oleh para ibu dan bayi itu sendiri.

Bukankah kita semua pernah mengalami sembuh dari sakit karena sugesti belaka. Hal itu menunjukkan bahwa antara jiwa dan raga sangat erat hubungannya. Misalnya dulu saya pernah sakit batuk, lumayan berat waktu di rumah. Terus saya pergi ke dokter. Baru saja sampai diteras tempat menunggu para pasien…eh…walah…batuk saya sudah hilang. Jadi waktu masuk berhadapan dengan dokter, saya malu banget, bilang kalau saya batuk tapi tidak bisa membuktikannya. Dan pak dokterpun senyum-senyum saja, sepertinya dia sudah mahfum bahwa banyak pasiennya yang sembuh hanya dengan sugesti psikologis saja.

Dengan demikian GREETINGS kami (sapaan) yang berbunyi ” Kami siap membantu dengan LAYANAN GRATIS…” kata gratis itu membuat para ibu menjadi lega, tentu saja para bapak juga lega. Namun kelegaan ibu itu meningkatkan gairah hidup dari bayi prematur. Yang tadinya lemah menjadi kuat. Berat badan cepat meningkat apalagi bila mendapat asupan ASI langsung dari ibunya. Bayi langusng bisa membuka matanya dan celingukan kanan kiri melihat ibunya…Dan yang menakjubkan, ini dilihat sendiri oleh petugas kami (bukan saya) bayi waktu masuk inkubator kami yang hangat…dia bisa langsung tersenyum… Luarbiasa…

Satu dari tiga permintaan peminjaman inkubator gratis ini bayinya sembuh sendir. Apakah itu karena greeting kami ? …Saya juga tidak tahu. Bila memang begitu… Kenapa tidak saya greetingin aja, lha wong gratis koq, gak ada ongkos ataupun energi sama sekalai ngegreetingin orang.

Bila ada bayi yang sembuh sendiri dengan cara ini, maka tiada kata yang lebih indah kecuali rasa syukur kepada Allah SWT…

 

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s