Bayi Kembar Prematur


Sejak kami memulai melaksanakan program Pengabdian Masyarakat Peminjaman Gratis Inkubator Bayi, bulan Januari 2012 sampai dengan hari ini, seingat saya sudah ketiga kalinya kami melayani bayi kembar dua. Bayi normal dalam kandungan 37 minggu kurang dari itu disebut bayi prematur. Sedangkan bayi prematur kembar tiga sudah dua kali kami layani. Yang kedua bahkan sekarang ini masih menggunakan dua inkubator kami (bapak Beni Ridwan).  Istilah kami sedang ON, karena biasanya durasi  peminjaman 4-6 minggu. Sampai dengan Maret 2014 mungkin sudah ada 130 an bayi prematur  mendapatkan bantuan dari layanan kami ini.  Serta sejak akhir tahun 2012 kami sudah mengantisipasi keperluan inkubator bayi untuk bayi kembar dua. Dan…dan…diluar dugaan kami…,  muncul permintaan peminjaman untuk bayi…bayi…KEMBAR TIGAAAA… (lihat di https://koestoer.wordpress.com/2014/03/05/keren-banget-triplet-8-b-9-k/).

Sambil nonton Indonesia’s Got Talent ada Putri 8 th buta karena dulunya lahir prematur 6 bulan, dan nyanyinya bagus luarbiasa…Sungguh berlinang airmataku… Terbayangkah oleh anda ? Dunia ini gelap baginya… Selamanya.  Namun Allah Maha Kuasa memberikan bakat nyanyi yang luarbiasa kepada Putri yang tidak bisa melihat karena buta dari lahir.

Melanjutkan cerita bayi kembar prematur diatas, begitulah akhir 2012 kami memodifikasi inkubator lama yang mangkrak bertahun-tahun kerjaan mhs… Saya lupa tahun berapa (Ismud, Irjun…sapa lagi ?).Biasanya kami melakukan pengujian di lab 3 hari 3 malam nonstop 24 jam. Namun belum selesai diuji, baru sehari… permintaan peminjaman sudah datang. Terpaksa, walau belum selesai diuji  Inkubator Ganda ini dipakai juga. Tentu dengan pengawasan penuh dari kami, kontak tiap hari dengan ibu bayi, guna meyakinkan kinerja dari inkubator bayi kembar yang pertama. Alhamdulillah semua lancar.

Inkubator ganda tsb masih berukuran besar sama dengan inkubator Rumah Sakit sehingga transportasi agak sulit. Pengangkutannya tidak bisa dengan mobil biasa harus dengan mobil jip agar bisa diangkut. Karena keterbatasan itulah kemudian kami putuskan untuk memodifikasi lagi,  kami potong lagi bawahnya jadi lebih transportabel, isitilah kami jadi

– Modified Dual Grashof Incubator –

…duh repot banget namanya…Sungguh mati ini cuma supaya kelihatan keren aja koq !

Dan…dan…baru di test setengah hari…sudah datang permintaan:

Selamat siang pak, saya nurhuda +62878837484xx tinggal di cilangkap depok,kami baru dianugrahi bayi kembar akan tetapi kelahirannya prematur 28 minggu,berat bayi 1,4 dua2nya, kami bermaksud minta bantuan inkubator bgm n caranya pak, itupun kl berkenan , td saya tlp tp ga bisa ke no ini, baby kami sudah 1 minggu dirs simpangan depok. Trus bgm caranya, baby kami kembar, ada ga yg muat 2 baby, untuk saat ini baby masih ada di rumahsakit udah 1 minggu,. Nama  hassan dan husain putra nur, lahir  31 maret 2014,  berat hassan 1.35, husain 1, 4.

Belum juga ba bi bu beliau sudah datang…

Photo: Bapak bayi kembar hasan dan Husein, pak Nurhuda. Berfoto dengan inkubator khusus bayi kembar (modified by Ibnu Roihan), yg baru saja selesai ditest.

Tuh orangnya berikut dengan modified incubator-nya

Bayi Hussein lebih dulu pulang dari RS beberapa hari yang lalu April tgl 13, sedangkan hari ini Hassan pulang join saudara kembarnya yang sudah lebih dulu tidur dalam kehangatan inkubator ganda yang dimodifikasi oleh disainer muda Ibnu Roihan (si Rehan, belum setahun lulus sekarang mbantuin saya. Seblm rencananya mau lanjut S2).

Mari kita lihat si kembar berdua’an lagi, teriring do’a kami dan do’a anda semua agar hassan dan hussein segera sehat bersama inkubator ganda buatan FTUI.

kembar Nurhuda 20140426 v2

 

Bila ada kerabat anda yang memerlukan layanan kami, silakan kontak:

Peminjaman Gratis Inkubator Bayi untuk di rumah

SMS Center 0856 59312070 (hanya SMS)

Email: koestoer@eng.ui.ac.id

Semoga bermanfaat.-

=0=

Sekaligus sebagai laporan singkat. Seri terakhir inkubator Grashof  yang dibuat adalah seri E ada 5 unit. Satu unit sudah dikirim ke Bali untuk agen relawan di sana. Beberapa agen relawan inkubator sudah ada di kota lain yaitu Semarang, Magelang, Pemalang dan Malang serta Kalimantan Barat (Ngandak dekat Pontianak…halo Emil, plis kirim berita bila ada info yang bisa di share). Sekarang sedang dibuat enam unit seri F. Dua unit akan segera dikirim ke Banda Aceh (halo ibu Ratna Sari, siap terima ya…tapi ngirimnya gimana ?…jauh banget).

Ini bayi kembar tiga yang lagi ON, anaknya pak Beni Ridwan di Petukangan Selatan.

kembar 3 yg lagi ON (Sedang meminjam inkubator FTUI)

kembar 3 yg lagi ON (Sedang meminjam inkubator FTUI)

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s