Minjem Gampang Mbalikin Susah


Sabtu sore biasanya kami gunakan untuk jalan-jalan dengan sambil makan diluar. Karena sang anak bbrp hr y.l. ulang tahun, ibunya berinisiatif membelikan kado walau sudah agak telat karena senin s/d jumat sore, anak tinggal di asrama. Sambil nunggu mereka saya buka HP BB, tahu-tahu saya baca “Pak Raldi…Mantabs…” Tertulis dari Hamdi (M99) yang tergabung di milis alumni mesin. Saya ingat ini orang yang kayanya arab keriting, logatnya jawa, dan memang benar ternyata dia lampirkan foto Koran Jawapos yang awal terbitnya dan tentu juga terkenal di Surabaya atau daerah Jawa-Timur.

Reportase Hilmi Setiawan Jawapos

Reportase Hilmi Setiawan Jawapos

Seperti yang saya beritakan juga di blog saya, bahwa kami di kantor dikunjungi jurnalis Jawapos, yang mau meng-cover berita tentang kegiatan kami seputar Peminjaman Gratis Inkubator Bayi untuk bayi premature di rumah. Nah sekarang baru keluar rupanya reportase Hilmi Jawapos tgl 08 Feb 2014. Esok harinya istri saya bilang “ Udah ada tuh di Koran Padang Ekspress…” Wah rupanya Jawapos ini group Koran daerah sekarang jadi bisa diposting di Koran daerah lain. Melalui Facebook juga banyak yang kasi selamat dan kasi semangat, untuk kami melanjutkan serta mengembangkan upaya menolong bayi premature di rumah ini.

Calon Agen Malang

Berbarengan dengan itu di hari sabtu, bapak Totok Wahyudi. Calon Agen Peminjaman incubator yang berdomisili di Malang datang ke rumah. Diskusilah kami panjang lebar tentang pengalaman selama dua tahun ini dari Januari 2012 s/d Januari 2014. Ternyata beliau bukan saja bersedia membantu kegiatan volunteer ini tapi beliau bersama teman-temannya sudah mengumpulkan uang untuk minta dibikinkan incubator. Seperti pernah saya launch sebelumnya bahwa satu incubator perlu biaya bikin 2,5 juta. Mereka sudah mengumpulkan s/d 5 juta, jadi bisa untuk 2 inkubator. Ditambah dengan satu hibah dari saya, maka bulan Maret nanti pak Totok akan datang ke Jakarta dengan kendaraan yang cukup besar akan mengangkut 3 unit incubator untuk daerah Malang dan sekitarnya. Diharapkan bulan Maret nanti hujan sudah mereda jadi jalan darat Jakarta ke Malang bisa lebih aman dari hujan dan banjir.

Agen Kalimantan

Calon Agen dari Kalbar datang Senin Seperti sudah direncanakan dan sudah konfirmasi, rekan alumni muda sdr Emilius Sudirjo dating dari Kalimantan Barat, kota Ngabang kabupaten Landak… Mohon maaf Emil, saya belum pernah dengar nama daerah itu, untung juga kamu cerita jauhnya 100 km dari Pontianak. Jadi untuk agen Kalbar ini satu paket yang kami hibahkan untuk menyelamatkan bayi premature adalah:

1 unit incubator Grashof, 1 unit Fototerapi double lamp, 1 unit timbangan bayi digital, dan 1 unit Termometer digital.

Terimakasih pada sdr Emilius Sudirjo

Terimakasih pada sdr Emilius Sudirjo

Emil datang dengan satu orang teman (orang Jakarta). Tentu mereka rada kebingungan bagaimana caranya dengan Lion-air Emil akan bawa paket incubator dan fototerapi. Untuk bagian akrilik atas bisa dilepas sehingga bagian fragile ini bisa ditenteng tangan. Nanti kalau dia ditahan dan di-tanya2 sama pramugari bilang aja ini alat penting untuk puskesmas dan RS di Kalbar. Jadi dengan demikian markas kami sekarang kosong, coz semua armada lagi bertugas baik di Jabodetabek maupun di luarkota.

Inkubator dan fototerapi satu paket

Inkubator dan fototerapi satu paket

Nah inilah problemnya, gimana nanti kalau ada bayi di Jkt yang perlu incubator ? SMS Permintaan peminjaman Sby Dari minggu pagi sudah beberapa kali HP saya berbunyi. Dan seperti biasa tidak saya ladeni…kenapa ? Coz banyak sales ini itu yang nawarin ini itu juga, jadi aja skrg saya gak pernah nyautin telp. Kalau ada nomor yang tidak saya kenal selalu saya sms balik “Kirim sms aja…” begitu call-back saya.

Muncul 2 permintaan di minggu pagi…Selamat Pagi Pak, saya Ixx +62812316269xx dari Surabaya … Hari ini saya baca Jawa Pos tentang incubator gratis untuk warga miskin yg Prof ciptakan dan kebetulan pula teman kami kemaren masuk RS karena p’darahan hebat lagi padahal usia kandungan baru 7 bln kurang 17 hari dan oleh dokter diminta untuk di lahirkan paksa karena keadaan yg memaksa, teman kami kesulitan untuk biaya, apk kami bisa ajukan ke Pak untuk meminjam inkubator tersebut untuk teman kami ?? Atas perhatian dan feedback dari Prof kami ucapkan banyak Terima Kasih / Ixx Surabaya. Dan menyusul minggu malam dari kota Bogor…Assalamualaikum.. Saya sanxx dr bogor +62896382352xx, sudah 2 hari ini melahirkan bayi prematur , diusia 8 bln dgn berat 1600 gr , saya bc di internet bpk menyewakan inkubator gratis utk warga miskin , apa msh ada? Terima kasih, mohon balas secepatnya, karna selamat di rumahsakit sudah menelan biaya yg besar, saya mohon bantuannya terima kasih.

Tarik nafas dalam-dalam, saya rada keder pastilah… Namun ini sudah ke sekian kalinya saya menghadapi persoalan seperti ini jadi…Stay calm, tenang, tenang pasti ada solusinya. Mengapa keder ? Yah tentulah karena markas kami kosong semua armada tempur tank amfibi kami sedang berjuang menyelamatkan bayi sehingga tidak ada yang ready di markas besar. Beberapa peminjam yg sdh lama, 3 mg sampai satu bulan lebih, saya kirimi sms nagih incubator bila bayinya sudah sehat diatas 2,3 kg. Hanya dua (dari tiga) yg menjawab positif bayinya sudah normal dan sehat, tapi masih belum bisa mengembalikan. Inilah sifat manusia gampang meminjam susah mengembalikan. Dalam hati, apakah saya harus nyewa sejenis debt-collector buat nagih. Tapi mana ada yg volunteer, pastilah minta bayaran yg tinggi krn harus juga nyewa preman bertatoo…Duh segitunya buat nagih incubator… Pastilah ada jalan yang lebih halus, kan Allah juga yg akan menggerakkan hati mereka. Allahlah yg sanggup membolak-balikkan hati manusia. Apa akal…? Nah muncullah dibenak saya, mengapa tidak saya forward saja sms ibu yg panic mau minjam incubator pada mereka pemakai yg sudah lama…? Bukankah mereka juga mengalami hal yang sama bulan yang lalu ?

Ini dia fwd-nya: Mari kita saling membantu sesama >> >> Assalamualaikum.. Saya sanxx dr bogor +62896382352xx, sudah 2 hari ini melahirkan bayi prematur , diusia 8 bln dgn berat 1600 gr , …dst sama dg diatas…

Benar ternyata mereka menjawab, krn mungkin teringat pengalamannya sendiri waktu panik bulan2  lalu saat bayi prematurnya baru lahir. Berikut jawaban mereka: Dari pak Yax: ya prof.mhn maaf ini sy sdg tugas luar kota blm sempat utk kembalikan inkubator.hr kamis ini br kembali ke bdg.klo tdk terlalu mlm sampai rmh,sy akan langsung ke depok.mhn maaf sblmnya prof.

Dari pak Andxx: Insya Allah besok segera pak….hari ini saya masih nyari kendaraan utk besok tetapi masih digunakan….mudah2an bsk pagi ada kbr baik utk kesana….kalo tidak saya akan cari yg lain segera…Alhamdulillah hari ini bayinya sudah tidak mau di inkubator lagi….Segera besok mohon doanya untuk dimudahkan Terimakasih.

Demikianlah cuplikan cerita – one day in the life – , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Menulis sambil mendengarkan – Ana Vidovic plays Sonatina –

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

