Untuk 34 Propinsi Peminjaman Gratis Inkubator Bayi


“Ass. Pak saya Yusxx, anak kedua saya baru lahir tgl 1’nov’13 pkl 19.45 WIB,di Rsb Avisena JakSel. Berat bayi hanya 1050 gr, Alhamdulillah smpai saat ini krna blum bisa mendapatkan NiCu bayi masih diinkubator dalam keadaan sehat. Besok istri saya sudah harus pulang dan pihak rumah sakit juga meminta untuk serta membawa bayi. Kami membutuhkan inkubator untuk dirumah. Rumah kami mengontrak di Jl. H.mochtar raya No50B rt.09 rw.12. Kreo, ciledug. Tangerang. Mohon bantuannya pak.”

SMS diatas adalah pesan yang datang malam ini pada jam 21.13 di telpon genggam saya, dan ini adalah permintaan kedua yang datang hari ini karena permintaan  sebelumnya datang lebih dulu dari Bandung melalui wifon (622291xxxxx), lihat SMS berikut:

“Slm, pa sy yg barusan tlp.td pake wifon, sms pake hp. Gini pa, sy punya saudra, mlhirkan prematur 1,18kg, tgl.28-10-kmren, sy mo bantu cari info ntuk perawatan d rmh, krn ga sanggup biaya sangat mahal, sampe kmren mo pulang paksa, cuma nggak jadi krn ga tega, buat bayar ibu,bayi kita ga sanggup byr,sampe pbkb motor djaminkan d rmh sakit, sampe ibunya bisa pulang, cuma byinya belum bisa. Jd barangkali bpk bisa bantu kami pa,.Sy dgn mia, trims.”

Demikian banyak orang tua bayi prematur yang membutuhkan pertolongan agar bayinya bisa tempatkan di inkubator bayi agar mendapatkan lingkungan yang hangat karena bayi prematur tidak kuat menghadapai perubahan suhu dari perut ibu 37 dgC ke tempat udara biasa 29-30 dgC.  Di ruang AC Rumah Sakit apalagi sering sampai 22 dgC.

Sejak bulan Januari 2012 kami meminjamkan inkubator dengan gratis di rumah ortu bayi prematur. Awalnya hanya ada dua inkubator, alhamdulillah atas bantuan dari berbagai pihak sekarang armada kami berjumlah 9 inkubator. Boleh dibilang tujuh diantara sembilan selalu berada diluar markas alias dipinjam oleh ortu bayi di rumah mereka. Kebanyakan karena tidak sanggup bayar rumah sakit dimana bai premtur harus masuk ruang NICUdengan biaya paling murah satu juta perhari (dan paling mahal dari info para ortu, lima juta perhari). Bayangkan… Siapa yang sanggup bayar segitu ? Karyawan gol menengah saja (ini suami istri insinyur), merasa berat untuk bayar lebih dari 2 minggu. Sebab itu mereka mengontak kami untuk bisa mendapat bantuan peminjaman inkubator gratis.

Cita-cita kami adalah ingin mengembangkan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini ke seluruh Indonesia atau ke 34 propinsi, karena kami yakin didaerah pastilah banyak juga yang memerlukan bantuan seperti ini. Sampai dengan dua tahun ini pelayanan kami baru bisa dilakukan utamanya di Jabodetabek saja. Sekalipun demikian sudah ada juga yang meminjam dari Bandung, Subang dan Ciamis.

Sudah berapa bayi yang ditolong selama dua tahun ini ? Ini kira-kira saya saja… Ada 30-40 bayi tertolong. Dengan durasi peminjaman antara 1 s/d 6 minggu, karena di rumah bayi mendapat asupan ASI dari ibunya, maka berat bayi cepat bertambah. Saya selalu menganjurkan pada ibu bayi untuk memberi asupan ASI eksklusif ada juga yang memberi tambahan dengan susu formula karena ASI dirasa kurang. Tapi utamanya tetap ASI.

Inkubator-Fototerapi

Salah satu produk FTUI ikubator fototerapi sedang digunakan untuk bayi kuning

Semoga aktivitas peminjaman gratis inkubator bayi untuk di rumah ini bisa dikembangkan ke 34 provinsi di seluruh Indonesia sehingga banyak bayi kita dapat tertolong sekaligus kegiatan ini bisa untuk mempercepat target MDG untuk Indonesia yaitu mengurangi tingkat kematian bayi.

Artikel lain mengenai kegiatan peminjaman ini bisa dilihat di:

https://koestoer.wordpress.com/2013/09/02/inkubator-fototerapi/

https://koestoer.wordpress.com/2013/01/15/tim-inkubator-dengan-majalah-swa/

Mereka yang ingin berpartisipasi dengan memberikan DONASI/WAKAF/INFAQ/SODAQOH, sila klik di:

https://koestoer.wordpress.com/donasi-wakaf-inkubator/

Kontak SMS center Tim Inkubator UI

085659312070

Silakan krim pesan.

One response

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s