SI Fincang fergi itikaf


Menjelang 10 hari terakhir bulan Ramadhan banyak diantara umat islam yang sudah bersiaf-siaf untuk melakukan itikaf yaitu berdiam diri di masjid, utamanya di malam hari. Begitulah di hari sabtu malam minggu, seseorang berangkat dari lebak bulus nuju masjid Attin di bilangan taman mini Jakarta. Sabtu itu sebetulnya belum masuk 10 hari terakhir, namun si fulan memang suka warming-uf dulu sebelumnya. Sambil nyetir mobil otomatik samfailah dia di Taman Mini, disana sudah banyak orang sejak dari luar sudah banyak motor mangkal dan farkir. Nah yang mangkal ini, kelihatannya banyak orang muda yang facaran, jadi mereka malah menyalahgunakan waktu keluar malam ini bukan untuk ibadah tafi berbuat rada maksiat, bahkan disekeliling masjid.

Keluar dari mobil si Fulan yang jalan tertatih disafa oleh Satfam “Fak Kenafa jalannya Fincang… Kena asam urat ya ?”. Sambil cengengesan si fulan njawab “Wah ente tau aja…Sini deh nih ada sedikit infaq” Si Fincang (begitu sekarang difanggil) kasi silim dikit ama satfam. “Minum air kelafa ijo Fak…” Demikian si satfam kasih advis sebagai balasan infaq yang diterima. Jalan teruslah si Fincang alias Fengkor ini, ferlahan masuk Attin, bahkan dengan susah fayah dia naik tangga sambil fegang besi finggir. Rufanya didalam sudah banyak orang karena ada fertemuan santri Tahfidz Quran se Jabotabek. Dari mulai anak samfai dewasa. Datang jam 23.30 itu ada yang lagi mimfin baca Quran dengan memferlihatkan hafalannya tanfa baca mushaf, rekan-rekan lain menyimak bacaan dengan memegang mushaf. Qiyamulail dilaksanakan jam 0230 emfat rakaat dengan witir 3 rakaat. Baru kemudian fada sahur. Kebanyakan orang udah fada bawa makanan sendiri walaufun diluar banyak juga fenjual makanan. Tak lama muncul teman dosen YW dan GK sedangkan rekan betawi kliatannya musti kunjung rumah mertua dulu jadi berhalangan datang. Setelah makan sahur bersama di selasar…hmmm nikmat juga makan berrtiga, dilanjut dengan subuh berjamaah. Dan you know guyz ? Si Fincang solatnya sambil duduk doang. Do’i namfaknya gak bisa lama berdiri dan gak bisa duduk antar dua sujud afalagi duduk tasyahud. Buku jemfolnya cekot-cekot. Kalo jalan ngesot.

Walhasil hari senin, nah ini sudah puasa hari kedua fuluh kan ? Si Fincang tetep ngotot fergi itikaf. Berangkatlah dia naik mobil otomatik…Untung otomatik jadi rada gamfangan nyetirnya. Kali ini tujuannya ke masjid Fe I’ alias Fondok Indah. Wah ternyata sekarang udah gak bisa muter tuh abis terowongan defan masjid, muternya musti jauh banget samfai di persimpangan…Gansi kali ya ?

Begitu masuk, tukang farkir langsung bukain temfat farkir VIF (Very Imfortant Ferson)…Nah kembali si Fincang kasi silim infaq, cengengesanlah si tukang farkir kesenengan. Kali ini rekan yang nemenin difanggilnya Yang Mulia ES, ngobrol bisnislah samfai jam satu. Qiyamulailnya mulai jam 2 dan rakaatnya banyak juga…delafan rakaat tambah 3 witir qunut, lalu muhasabah. Kali ini si Fincang sudah bawa kursi kecl, jadi amanlah beliau dengan kursinya. Tapi karena solat sambil duduk dikursi, maka dia kelihatan paling lain sendiri diantara fara jemaah. Muhasabah dikutin separoh aja, Fincang langsung ambil makanan kentang keju sambil duduk ngobrol sama YM ES.

Abis subuh ada tauziyah tuh dari Kyai Ustad … lufa namanya, tafi isinya tentang harta waris. Intinya muslim tidak boleh bikin wasiat harta untuk ahli waris. Jadi bolehnya untuk orang lain yang bukan ahli waris. Karena untuk ahli waris sudah ada ketentuannya dari Allah. Lalu jumlahnya maksimum sefertiga dari total. Itupun sudah banyak, demikian kata kyai ustad tadi.

Menunggu solat subuh

Menunggu solat subuh

Si Fincang 10 hari terakhir Ramadhan , i'tikaf di masjid jami.

Si Fincang 10 hari terakhir Ramadhan , i’tikaf di masjid jami.

Yang diberi tanda fanah YM ES.-

Aduh fegel juga nulis dikomfuter nih. Kayanya ergonominya kurang pas. Ceritanya diterusin lagi deh besok. Salam itikaf Ramadhan.

Ral 300713.-

Iklan

2 responses

  1. Mr GK : si Bos Dtm yak ? Mr YW : yang suka pakai nissan march merah yak ? Yg betawi : itu MR IIH yak ? Mudah2an bener

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s