Bayi Kembar Tiga Triplet


TRIPLET
Sudah 2 bulan yang lalu saya memperkirakan akan ada permintaan peminjaman incubator untuk bayi kembar. Kami mengantisipasi beberapa permintaan sebelumnya, mungkin sudah 3x ada yang meminta pinjam incubator bayi kembar. Dari ketiga itu hanya satu kami layani yaitu permintaan kedua untuk bayi Anindita dan Anindiya  lihat di

https://koestoer.wordpress.com/bayi-kembar-sudah-sehat/,

tentu dengan meminjamkan incubator single biasa tapi dipakai berdua. Kelihatan juga di foto mereka berdua rada kesempitan, padahal inkub yang kami pinjamkan itu yang ukuran paling besar yang ada ditempat kami.
Oleh karena itulah kami kemudian berusaha membuat incubator untuk bayi kembar. Kali ini dengan memodifikasi inkub no 3 yang palibg besar. Dipannya diangkat beberapa sentimeter sehingga dua bayi bila diposisikan melintang bisa cukup leluasa. Dirancang bangun oleh Ibnu Roihan ST (baru jadi nih…waktu diminta bantu dia masih skripsi, jadi terpaksa nurut). Manufakturingnya diserahkan pada Ir Syarifudin Kepala Teknisi, walaupun agak lambat tapi akhirnya selesai juga. Belum selesai barangnya sudah ada permintaan dari seorang ibu di Grogol, bayinya kembar. Setelah 3 hari komunikasi SMS akhirnya keluarga ini tidak jadi meminjam inkub karena bayinya bisa tetap di RS dan pembayarannya ditanggung asuransi hamper 100%. Konon menurut info ibu itu sudah 15 hari bayinya di RS biayanya sudah sampai 60 juta. Tapi karena dibayari oleh asuransi mereka tenang-tenang saja.

inkubator bayi kembar

inkubator bayi kembar

Belum seminggu jadi…tahu2 muncul lagi permintaan peminjaman dari Bandung. Yang ini nenek sayang cucu (ibu Rani), “Ponakan saya melahirkan bayinya kembar, di Rumah Sakit biayanya tinggi, bapak bayi kurang aktif, jadi saya yang carikan incubator”, demikianlah nenek sayang cucu berceloteh tentu melalui SMS juga. Besok paginya sudah datang mobil besar untuk mengangkut incubator bayi kembar ini karena saya sudah kasi tahu harus pakai mobil setara kijang panther. Karena special untuk bayi kembar ukurannya p x l x t ini adalah 80 x 70 x 150 cm3. Pak Syarif sebagai asisten saya urusan incubator sudah saya sms sehingga pagi2 beliau sudah menyiapkannya termasuk timbangan bayi, dan surat peminjaman. Hari ini berarti sudah ada seminggu incubator bayi kembar itu berada di Bandung.
Tahu-tahu menjelang tengah malam kemarin muncul SMS permintaan peminjaman. Mari kita lihat komunikasi SMS nya.
-0-
B: Selamat malam pak..maaf menggangu..kl boleh sy mau pinjam inkubator untuk bayi triplet sy bisa atau tidak? biaya rumah sakit mahal sekali.sy minta tolong pak
Isteri sy:hany Yolanda Anak kembar triplet sy: Haikal (2kg) Haidar (1,8kg) Haiman (2,5kg) Lahir:14juli2013 Nama sy:Bagus adi leksono Pekerjaan:swasta Alamat: Pamanukan Subang
Sy mau minta tolong pinjam inkubator,sy bersedia ambil dan kembalikan bila anak2 sy sudah baik pertumbuhan fisiknya.sy mohon bantuan prof.
-0-
Wuuhh… Dalam hati saya, baru minggu lalu ada bayi kembar sekarang bayi kembar tiga ? Gimana ya nyebutnya… betul TRIPLET gitu kali ? Kenapa jadi banyak yang dobel dan tripel gini sekarang ya ?
Hal ini agak mengherankan saya, untunglah kami sekarang sudah mengantisipasi.
Jadi…sampai dengan akhir tahun lalu. Kami hanya memiliki 6 inkubator dari berbagai jenis. Sedikit saya cerita sejarah peminjaman incubator gratis ini. Karena asalnya bikin inkub untuk RS, maka awalnya yang ada adalah 2 inkubator besar dan satu incubator tak sempurna. Yang terakhir ini kerjaan mahasiswa beberapa tahun yang lewat, belum selesai bikin ini itu tim sudah bubar berantakan, jadi aja nongkrong ngejogrog barang setengah jadi (Si Irjun tuh…). Lalu oleh tim 2012 Kristof dan Dimas, incubator yang terbengkelai ini direparasi. Maka jadilah ada 3 inkubator awal dan yang terakhir inilah yang paling besar yang kemudian kami rubah jadi incubator untuk bayi kembar. Akhir tahun lalu dan awal tahun ini kami sudah memiliki armada 6 inkub dengan komposisi 3 besar dan 3 kecil. Yang tipe kecil, lahir karena kebutuhan untuk kemudahan transportasinya maka ukurannya dibuat kecil dan hemat energi. Lihat artikel tentang inkubator grashof di blog ini juga. https://koestoer.wordpress.com/2012/08/07/inkubator-grashof/

Hatta suatu saat di awal tahun 6 penghangat ini dipinjam semua, dan pada saat itu juga datang 6 permintaan peminjaman melalui SMS. Maka dengan sangat berat hati dan terpaksa, saya menjawab SMS itu demikian ” Kami ingin sekali menolong bapak ibu dengan meminjamkan inkubator kami dengan gratis, namun dengan sangat menyesal kami tidak dapat memenuhi permintaan, karena semua inkubator yang ada sudah dipinjam semua”. Gak enak rasanya menjawab demikian itu, karena tentu mereka sangat kecewa dan tak tahu harus minta tolong kemana lagi. Timbullah niat saya untuk memperbesar armada ini. Mulailah saya kirim email pada beberapa orang mantan murid dan teman dekat, bila mereka ingin infaq sedekah jangan jauh2 tapi nyumbang aja buat  bikin inkubator. Berdatanganlah bantuan itu dari kiri kanan, bahkan cukup malah lebih untuk bikin beberapa  inkubator lagi. Segera saya realisasikan, jadilah 4 inkubator rumahan, 2 dari kayu dan 2 dari metal.  Satu diantaranya saya sumbangkan untuk agen kami di Jawa Tengah yaitu di Pemalang melalui kemurahan hati rekan dosen Dr Ir Jos Istiyanto. Hal ini sesuai dengan visi misi kami untuk mengembangkan aktivitas sosial ini ke seluruh wilayah Indonesia. Berarti langkah pertama sudah dimulai melalui Pemalang Jawa Tengah. Jadi daerah Jawa Tengah bayi prematur  yang memerlukan peminjaman inkubator gratis, silakan kontak mel Pak Jos

Bapak Jos Istiyanto, no HP +6287780977472,

Email : josist@eng.ui.ac.id

https://koestoer.wordpress.com/inkubator-gratis-di-jawa-tengah/

Bersama asisten kami merencanakan untuk membuat Phototerapy untuk bayi kuning, karena sebelumnya memang ada juga permintaan alat ini untuk bayi kuning. Sekarang masih dalam tahap manufakturing, biar lambat insya Allah akan selesai sebelum lebaran ini.

Let’s go back to our SMS conversation…

-0-

A: Boleh dtg senin pagi
B: Terima kasih banyak prof. Kira2 pakai mobil avanza bisa ngga prof?
A: Bisa
B: Itu untuk 3 bayi muat prof.
A: 3 inkubator…
Kami bisa meminjamkan inkubator gratis, Tlg kirim info dg email (kalau ada, kalo gak sms jg boleh). 1) nama bayi (kalo kembar tulis semua) 2)tgl lahir 3) berat lahir 4) nama ibu, HP, email 5)nama ayah, HP, email 7) alamat lengkap 8) R Sakit mana 9) Kapan bisa pulang. 10) Tahu drmana ttg kami ?- Email saya koestoer@eng.ui.ac.id

B: Jd 1 bayi 1 inkubator prof?maaf prof malam2 menggangu.ini sy msh d rmh sakit prof.anak2 sy msh di RS di inkubator. Biayanya sampai skrg sdh 23jt. Sy iseng browsing dpt no telp prof.
A: Bayi prematur memang berat biayanya, jd kami menolong ortu bayi dg home incubator, jwb dulu info data yg kami butuhkan
B: Nama bayi(triplet):
1.Haikal (2kg)
2.Haidar(1,8kg)
3.Haiman(2,5kg)
Lahir:14 juli 2013    Hp isteri:081319208879    Hp suami:081381416010   Email isteri:Yolandahany@yahoo.com
Email suami: Bagusadi38@gmail.com  Sementara ini masih dirawat di RS.Mekar Arum Jl.Cipendeuy subang

A: Alamat rmh lengkap ?
B: Desa Kertajaya
Rt 02 Rw 01 no 45
Kec.Tambak Dahan
Kab.Subang

2 dari 3 bayi triplet sedang di fototerapi

2 dari 3 bayi triplet sedang di fototerapi

-0-

Itulah cerminan dari kegiatan Pengabdian Masyarakat di Dep Teknik Mesin FTUI ini, sudah banyak bayi prematur yang tertolong. Mengapa bisa lancar sekarang ini ? Rumusnya sederhana… KERJAIN AJA GAK USAH BANYAK CINGCONG…

Nanti Allah yang akan membantu segala sesuatunya, buktinya cabang Jawa Tengah sekarang sudah mulai bisa jalan.

Sekaligus dalam rangka bulan Ramadhan ini, mari kita doakan agar bayi-bayi prematur kita yang mengalami berbagai kesulitan diawal kehidupan bisa tertolong semua dan jadi sehat walafiat beriman dan bertaqwa, untuk bisa bermanfaat bagi bangsa dan umat.

Menyelamatkan satu nyawa berarti menyelamatkan semuanya…

Raldi A.K. 19 Juli 2013.- Ramadhan ke 10.-

-0-

Lihat juga artikel lain tentang inkubator:

MAKSA PULANG BAYI PREMATUR

MENOLONG BAYI PREMATUR

BAYI PREMATUR

INKUBATOR DES 2009

LAB NICU – FTUI

DEWI TVONE DILIPUT RALDI-TV

GRATIS KOQ GAK PERCAYA

GELAR ILMU DAN INVENSI

TERIMAKASIH DARI CILEBUT

-0-

Editing 20 Juli 2013, 06.15.

To chat with Ratna and other friends, turn on chat.
Chat Conversation Start
6 hours ago

Prof. Raldi apa kabar? Sedikit curhat, hr ini saya berbuka puasa dengan teman-teman di Aceh.. Cerita-cerita, salah seorang teman yg bbrp bln lalu tinggal di Serang akhirnya harus kehilangan anak keduanya yg lahir prematur (anak pertamanya jg meninggal dlm kandungan)..Anak keduanya ini lahir prematur umur kandungan 7 bulan. Hampir sebulan di RS, akhirnya keluar RS krn tak mampu lg bayar RS..dan otomatis hrs melepaskan inkubator utk anaknya…karena tdk tau informasi dimana dan bagaimana meminjam inkubator tanpa hrs opname di RS, akhirnya anak keduanya hanya dapat bertahan hidup sebulan dirumah…Sedih sekali saya mendengar kisahnya…seandainya saya tau, saya akan menghubungi Prof dan mhn meminjamkan inkubator tsb untuk anaknya….Tapi yaa semua memang sudah takdir Allah….Semoga inkubator yg Prof ciptakan, dapat terus bermanfaat membantu ibu-ibu yg sangat membutuhkan alat ini untuk anak tercintanya…Terima Kasih

salam bu Ratna… Kalau mau bantu di Aceh ? kita bikin agen fasilitator peminjaman gratis inkubator bayi. Bisa saya awali dg menyumbang gratis 1 inkubator dari UI Depok.
Assalamualaikum wr.wbWaahh boleh sekali pak….Alhamdulillah sekali jika bs dibantu…karena selama ini, saya sering berhubungan dengan ibu-ibu perempuan di daerah/desa2 yg jauh dr kota Banda Aceh…Terima Kasih Prof….Saya senang sekali dan berterima kasih sekali kepada Prof Raldi yg membantu kami ibu-ibu di Aceh.. Mengenai mekanismenya seperti apa, nanti Insyaallah jika saya kejakarta, kita bs berdiskusi kembali…

4 hours ago
Tolong pikirin bgmn cara mbawa kesananya…
2:54pm
Iyaa pak, Insyaallah saya usahakan bagaimana caranya bs dibw ke Aceh…

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s