Nurrohim Masternya Sekolah Master


Sekolah Master di Depok sudah terkenal, sekalipun demikian pasti ada juga diantara anda yang belum kenal dengan sekolah Master ini. Master disini singkatan dari MASJID TERMINAL. Kisah asal muasalnya tahun 2000 sudah banyak diliput oleh stasiun TV bahkan adajuga TV luarnegeri.
Nah kali ini saya bertemu dengan Masternya aatau biangnya atau orang yang mendirikan sekolah gratis anak jalanan itu. Pak Nurrohim, seperti sudah saya duga, orangnya sederhana dan lebih senang naik motor (d/h montor) ketimbang mobil (d/h oto). Baru kali ini saya ketemu orangnya walaupun aktivitasnya sudah lama saya ketahui. Utamanya saya tahu dari kelompok mahasiswa yang mengerjakan Proyek Etika Terpuji (PET) , tahun 2008/9 mereka banyak berhubungan dengan sekolah ini baik dalam kasus wawancara maupun memberikan training permainan.

Dipertemukan oleh anak muda yang luarbiasa Neza (Nezatullah) putra dari teman lama Astarizal, kami sama-sama mendirikan yayasan NARA Kreatif, membina anak pengangguran di kampung Dukuh, mengerjakan order souvenir dari kertas berbahan baku gedebok pisang dan kertas daur ulang. Bantuan dari BNI Syariah diwujudkan dalam bentuk sewa rumah untuk satu tahun, itu saja sudah 35 juta. Tapi untuk mengisi dan merenovasi banyak bagian rumah dan yayasan masih banyak butuh uluran tangan. So…untuk anda yang mau infak sedekah dan atau donasi

email saja Nezatullahramadhan@yahoo.co.id

Back to the Master tadi, orangnya pastilah biasa saja, tapi coba dengar apa yg disampaikannya. Mulai saja dari pertanyaan saya yang pertama: ” Ada berapa pak skrg muridnya di sekolah Master ?”  Beliau sambil nengok kanan kiri melihat kondisi rumah yang masih belum beres, menjawab perlahan : ” Yah…baru…tiga..tiga… ribu orang ”

Bah…kaget saya, tiga ribu anak disekolahkan tanpa bayar…? Perkiraan saya tadi cuma beberapa ratus saja. Dari mulai TK SD SMP dan SMA sederajat, sudah banyak pula yang lulus dan selesai. Kalau setara SMA kebanyakan orang yang sudah lewat umur “dan kita mah pake cara akselerasi saja 3×6 bulan selesai ikut ujian paket C “. Mrk ini tidak sama dengan anak SMA biasa, dulunya tidak berkesempatan mngenyam pendidikan SMA, lalu sudah keburu tua. Hmmm bertindak nyata -straight to the point- saja. Kalau belajarnya kaya anak2 SMA yg sekarang, mrk bakalan stress krn di-panjang2in. Tentang kiprah sekolah Master ini tidak saya perpanjang lagi karena sdh banyak di internet klik saja http://sekolahmaster.wordpress.com/

Lantas saya ngomong tentang apa saja pasti nyambung, tapi justru lebih dari itu, setiap topik beliau bukan sekedar bicara saja tapi SUDAH MELAKSANAKANNYA. Dan boleh dibilang sudah berhasil, karena itu bicara bisa detail dengan semua trik2nya supaya sukses. Tentang masjid, tentang bisnis, tentang manajemen SDM, anak jalanan, pemeliharaan 300 sapi, hubungan dengan bank, CSR perusahaan, bagaimana mengelola hutang yang milyaran, pengelolaan  wakaf dan titipan.

Saya merasa kecil dibanding dengan pak Nurrohim ini, Alhamdulillah ada orang yang hebat dan bermakna seperti ini. Tanpa berpanjang kata lagi saya kasi gelar deh…

PROFESOR KEHIDUPAN.

Hidup yang penuh makna dan berkualitas. Semoga Allah SWT selalu melindungi, memberikan berkah yang banyak dan memliharanya dalam kesehatan yang prima agar banyak orang bisa mendapatkan manfaat dari kegiatannya.

One response

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

