Hibah Riset Pertamina


Anugerah Riset Pertamina

Mhn disebarluaskan melalui jejaring yg anda miliki. Trims
—–
No: /PF-DIR/SU/II/2013 25 Februari 2013
Lamp.: 1 (satu) eksemplar
Perihal: Anugerah Riset dan Pengabdian Masyarakat Sobat Bumi

Kepada yth,
Praktisi, periset, pegiat Education for sustainable development

di
Tempat

Dengan hormat,

Pertamina Foundation adalah sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh PT. Pertamina (Persero), bergerak dalam bidang sosial dan kemanusiaan; fokus dalam bidang pendidikan dan lingkungan hidup.

Dalam bidang pendidikan, program yang dijalankan antara lain program beasiswa untuk mahasiswa S-1 reguler di 18 Perguruan Tinggi Negeri dengan penerima lebih dari 360 mahasiswa/i, memiliki jejaring di 187 Sekolah Binaan di semua jenjang dalam bentuk Program Sekolah Sobat Bumi di 8 Wilayah Indonesia dan mengelola Pertamina Soccer School (PSS) bermitra dengan AC Milan Italy.

Bersama ini kami informasikan bahwa Pertamina Foundation mengundang mahasiswa/i S1, S2, S3 di perguruan tinggi serta praktisi/pakar yang berminat mengajukan Riset dan Pengabdian Masyarakat (pengmas) Sobat Bumi.

Prosedur dan persyaratan pengajuan proposal riset dan Pengmas tersebut terlampir.

Panduan riset dan pengmas sobat bumi dan lembar elektronik yang harus diunduh dan diisi dapat dilihat pada http://www.beasiswa-sobatbumi.com.

Anugerah Riset dan Pengmas Sobat Bumi adalah hibah Pertamina Foundation kepada mahasiswa S1,S2 dan S3 yang melakukan riset untuk Tugas Akhir (TA), Tesis dan Disertasi serta praktisi yang melaksanakan program pengmas mandiri dengan topik yang terkait pilar Education for Sustainable Development (ESD) yaitu: Ekologi/Alam, Sosial Budaya, Ekonomi dan Kesejahteraan.

Total anugerah ini bernilai 1,3 Milyard IDR untuk 55 orang periset dengan pagu hadiah antara 5 juta hingga 50 juta per riset/pengmas. Hadiah diberikan langsung ke rekening pemenang.

Kriteria umum pemenang adalah semakin banyak mengintegrasikan pilar ESD.

Seleksi akan dilakukan oleh dewan juri independen yang beranggotakan pakar dalam bidang masing masing.

Selain itu prioritas riset/pengmas adalah riset yang memberi manfaat melalui intervensi sosial, community development yang menjadikan pemanfaatan findings (temuan hasil penelitian) bagi masyarakat sebagai bagian dari riset, atau melibatkan masyarakat dalam proses riset/pengmas.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia : Rida, H.P +628128857110, email anugrah.risetsobatbumi@gmail.com.

Demikian kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami sampaikan terima kasih.

Direktur Eksekutif & Head of

Pertamina Foundation,

ttd

Nina Nurlina Pramono

———–
Lampiran

Petunjuk Pelaksanaan Anugerah Riset dan Pengmas Sobat Bumi

I. PERSYARATAN PESERTA

Persyaratan Administratif

1. Setiap peserta hanya diperkenankan mengirim satu buah proposal riset/pengabdian masyarakat.

2. Panjang proposal antara 7-10 halaman, Font Times New Roman, size 12, ukuran kertas A4 dengan rata kanan 4 cm, rata kiri 3 cm, rata atas 4 cm rata bawah 3 cm dengan spasi 1,5.

3. Peserta menyertakan Curicullum Vitae (form dapat diunduh di http://www.beasiswa-sobatbumi.com) di disertai dengan copy KTP/Kartu Mahasiswa dan copy KTP.

4. Melampirkan surat pernyataan keaslian proposal riset bermaterai Rp 6.000,- dibubuhi tanda tangan peneliti dan kesediaan diberi sanksi hukum apabila proposal riset terbukti hasil plagiasi.

5. Peserta harus terdaftar dalam akun http://www.sobatbumi.com dan ringkasan eksekutif dipublish di http://www.sobatbumi.com
Melampirkan lembar pengesahan, untuk riset ditandatangani oleh periset dan Dekan Fakultas ybs, sedangkan untuk pengmas ditandatangani oleh kepala desa dan camat setempat.

6. Persyaratan Akademik
Proposal yang dikirim harus relevan dengan tema

7. Judul proposal singkat, jelas dan menarik, problematik, aktual dan berupa penelitian terapan, terdapat intervensi sosial atau melibatkan masyarakat dalam proses penelitian.

8. Sistematika Sistematika proposal riset terdiri dari: judul, ringkasan eksekutif, latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan, ruang lingkup, signifikansi, penelitian terdahulu, konsep operasional, kerangka teori, metodologi (teknik pengumpulan data, sasaran penelitian, data yang dihimpun, teknik analisis data), jadwal penelitian, daftar pustaka serta sistematika penulisan.

9. Sedangkan proposal pengabdian masyarakat terdiri dari : analisis masalah yang terjadi pada komunitas, solusi yang ditawarkan, program pengabdian masyarakat yang ditargetkan dapat mengatasi masalah, target program, dan strategi pencapaian target program dalam mengatasi masalah yang dihadapi komunitas tertentu.

10. Proposal riset yang diajukan kepada panitia bersifat orisinal (bukan berupa skripsi, tesis, disertasi, dan riset yang pernah dilakukan) dan belum pernah diajukan kepada pihak manapun, bisa berupa riset dan pengmas yang sedang dilakukan.

11. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

12. Bagi peserta yang proposalnya terpilih pada tahap I diharuskan mempresentasikan proposal untuk seleksi tahap II.

13. Bagi peserta yang terpilih pada seleksi tahap II diharuskan mengikuti seminar proposal dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan proposal sebelum dilakukan pengumpulan data lapangan.

14. Dalam tahapan pengumpulan data lapangan akan dilakukan pemantauan (monitoring) langsung oleh tim monitoring dan penilai proposal dari Pertamina Foundation

II. INFORMASI KEGIATAN

1. Pengumuman Anugerah Riset Sobat Bumi ini disampaikan melalui website di alamat http://www.beasiswa-sobatbumi.com
Pengiriman proposal kepada panitia pelaksana dimulai sejak diumumkannya kegiatan ini. Proposal wajib dikirimkan melalui email dan via pos.

2. Batas akhir penerimaan proposal melalui email anugrah.risetsobatbumi@gmail.com selambat-lambatnya diterima panitia pada tanggal 8 April 2013.

3. Proposal Anugerah Sobat Bumi (hard file) melalui via pos dengan alamat Panitia Seleksi Anugrah Riset Sobat Bumi Gedung Pertamina Foundation (R.8) Jl. Sinabung II, Terusan Simprug Raya, Kawasan Pertamina Simprug, Simprug Kebayoran Lama, Jakarta 12220 selambat lambatnya tanggal 13 April 2013 (cap pos).

4. Proposal riset yang sudah diterima panitia pelaksana tidak akan dikembalikan kepada yang bersangkutan dan menjadi hak milik Pertamina Foundation.

5. Pengumuman hasil seleksi tahap Administratif dan Substansi akan dimuat pada website http://www.beasiswa-sobatbumi.com pada tanggal 12 April 2013

III. SELEKSI PROPOSAL

1. Dari seluruh proposal riset yang masuk, akan dipilih 65 (Enam puluh lima) buah untuk dipresentasikan pada tanggal 22 s/d 25 April 2013.

2. Dari 65 proposal yang dipresentasikan akan ditentukan sebanyak 55 (lima puluh lima) pemenang terpilih melalui proses seleksi oleh tim juri yang ditetapkan oleh Pertamina Foundation

3. Proposal yang lolos seleksi akan mendapatkan biaya penelitian dengan dibuatkan kontrak kerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

4. Biaya penelitian akan dibayarkan via rekening masing masing peneliti. Biaya tersebut merupakan biaya riset, sedangkan biaya transportasi dan akomodasi seminar hasil penelitian ditanggung oleh panitia

IV. LAPORAN HASIL PENELITIAN

1. Jumlah halaman laporan hasil penelitian minimal 40 halaman.

2. Laporan laporan akhir pengabdian masyarakat mencakup kendala pelaksanaan yang dihadapi dan upaya yang telah dilakukan untuk mengatasinya, perubahan-perubahan yang dilakukan serta dampak intervensi kegiatan

3. Laporan hasil penelitian mencakup hasil masukan tim monitoring dan usulan perbaikan setelah hasil seminar dikirim melalui email.

4. Penggandaan hasil penelitian oleh peserta sebanyak 10 eksemplar dan dibuat dalam bentuk CD file serta Pembuatan poster hasil penelitian/pengabdian masyarakat.

V. TIM PENILAI PROPOSAL PENELITIAN

Untuk memperoleh proposal penelitian yang berkualitas sesuai tujuan program, maka seluruh proposal yang masuk akan dinilai oleh “Dewan Juri”, terdiri dari 7 (tujuh) orang yang kompeten dalam bidang teori, metodologi dan substansi penelitian terkait pilar-pilar ESD dengan aspek penilaian :

1. Substansi tulisan berhubungan dengan tema seperti tersebut di butir B yang aktual (70%).

2. Relevansi proposal riset dengan tema dan fokus kegiatan riset Sobat Bumi (10%).

3. Koherensi antara rumusan masalah riset, teori dan metodologi yang dipakai (10%).

Jkt Maret 2013

Salam
http://ahmadrizali.com

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s